Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, September 24, 2019

Konsep Dasar Antropologi



Beberapa konsep dasar Antropologi meliputi kebudayaan (culture), adat-istiadat (custom), etika (ethics), ras (race), tradisi (traditions), hukum (laws), dan keyakinan (beliefs).
Kebudayaan adalah perilaku sekelompok orang sebagai hasil belajar. Adat-istiadat atau kebiasaan (custom) adalah perilaku yang biasa atau diterima atau dipraktekkan dalam kelompok manusia. Etika adalah keputusan di dalam suatu kelompok tentang apa yang baik dan benar. Ras menggambarkan sekelompok besar orang yang mempunyai gambaran yang dapat dibedakan secara jelas dan membedakannya dari kelompok lainnya. Hukum adalah perangkat aturan yang resmi yang disetujui oleh suatu kelompok dan dijadikan sebagai pedoman perilaku. Keyakinan (beliefs) adalah kebenaran yang diterima yang kita pegang tanpa bukti yang positif. Tradisi adalah keyakinan adat istiadat yang turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Kebudayaan mencakup kesemuanya yang didapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perikelakuan yang normatif, yaitu mencakup segala cara-cara atau pola-pola berfikir, merasakan dan bertindak. (Soekanto, 1982:167)
Antropologi memberikan sumbangan kepada ilmu pengetahuan sosial dengan memberikan pengertian tentang bagaimana kebudayaan berkembang dan mengapa kebudayaan tersebut berbeda. Antropologi membantu para siswa memahami bagaimana dan mengapa orang-orang mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts