Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, October 1, 2020

Unsur-Unsur Karangan Narasi

 


Unsur karangan narasi adalah komponen yang membangun cerita. Baik Tarigan (1992:140), Keraf (1192:145), maupun Rusyana (1986:132) memiliki kesamaan pendapat mengenai unsur narasi, yaitu adanya tokoh, perbuatan, watak, sudut pandang, tema, amanat, alur, latar, bahasa, dan teknik penceritaan.

Perbuatan merupakan perilaku atau tindak-tanduk para tokoh. Tokoh adalah individu rekaan yang terlibat dalam kisahan. Watak merupakan sifat, temperamen, tabiat, atau kepribadian tokoh cerita. Latar merupakan deskripsi tempat berlangsungnya peristiwa. Alur merupakan rangkaian pola tindak-tanduk yang berusaha menggerakkan cerita. Tema merupakan persoalan pokok yang terdapat dalam narasi yang hendak disajikan atau gagasan yang melandasi cerita. Amanat adalah gagasan yang mendasari cerita sekaligus pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang. Sudut pandang merupakan fungsi cerita dalam sebuah narasi. Fokus pengisahan merupakan cara pencerita memberi fokus pada tokoh cerita.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts