Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, October 1, 2020

Alur (Plot) Cerita

 


Dalam konteks ini, alur didefinisikan sebagai “rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehingga menjalin suatu cerita yang dihadirkan oleh para pelaku dalam suatu cerita” (Aminuddin, 2002:83). Dengan demikian, alur merupakan hubungan sebab-akibat antara peristiwa yang satu dengan peristiwa-peristiwa lainnya di dalam suatu cerita.

Alur memiliki struktur gerak atau tahapan-tahapan tertentu. Loba, dkk (dalam Aminuddin, 2002:85) menggambarkan gerak tahapan alur cerita seperti gelombang yang berawal dari (1) eksposisi, (2) komplikasi atau intrik-intrik awal yang akan berkembang menjadi konflik (3) klimaks, (4) revelasi atau penyingkapan tabir suatu problema,dan (5) denouement atau penyelesaian yang membahagiakan, yang dibedakan dengan catastrophe, yakni penyelesaian yang menyedihkan dan solution, yakni penyelesaian yang masih bersifat terbuka karena pembaca sendirilah yang dipersilahkan menyelesaikan lewat daya imajinasi.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts