Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, October 2, 2020

MODEL PENGEMBANGAN PRORAM PEMBELAJARAN SAINS AUD

 


Beberapa model pengembangan proram pembelajaran atau kurikulum yang dapat dijadikan pedoman dalam pengembangan program pembelajaran sains pada AUD. Secara umum terdapat tiga pendekatan utama dalam pengembangan kurikulum sains pada tentang PAUD yaitu:

 

Pendekatan yang bersifat situasional

Maksudnya, pembahasan tentang sains akan dielaborasi (diulas) secara luas dan mendalam jika dalam pembelajaran muncul fenomena yan terkait dengan tuntutan pembahasan konsep dan pengalaman sains pada sasaran belajar.

 

Pendekatan yang bersifat terpisah (tersendiri)

Maksudnya, program pengenalan pembelajaran sains dikemas secara khusus dan tersendiri. Dalam PAUD pembelajaran sains disetting (dirancang) secara khusus sesuai dengan karakteristik anak yang sesuai (relevan) dengan tuntutan penguasaan sains. Jadi pengembangan pembelajaran sains bersifat regular karena memiliki waktu dan tempat khusus dalam program (kurikulum) PAUD yang ada.

 

Pendekatan yang bersifat merger atau terintegrasi

Program sains dikembangkan dengan cara digabungkan secara formal dan sistematis dengan bidang pengembangan atau disiplin ilmu lainnya. Sehingga dalam program pengembangan pembelajaran sains merupakan bagian dari suatu program kurikulum yang lebih luas dan terpadu sifatnya. Contoh pengintegrasian program sains dilihat berdasarkan isi bahan kajian misalnya: penggabungan sains dan matematika, penggabungan sains dengan sejarah, penggabungan sains dengan olahraga.

 

Tugas utama guru sains mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara optimal, untuk itu pilihan yang dianjurkan tetap menggunakan pendekatan dengan model terpadu.

 

            Beberapa saran yang harus diperhatikan oleh para guru sains ketika mengembangkan program sains secara umum diantaranya:

 

Sebelum memulai pengembangan program pembelajaran hendaknya guru sudah mayakinkan diri bahwa dia sudah memahami perkembangan dan karakteristik anak secara memadai.

Sebelum memulai program pengembangan pembelajaran hendaklah guru meyakinkan diri bahwa dia sudah memahami ruang lingkup program sains, baik dari dimensi isi bahan kajian maupun dari dimensi pengembangan kemampuan anak.

Jika rambu-rambu satu dan dua tidak terpenuhi hendaklah dalam pengembangan program pembelajaran sains kita melakukannya secara kelompok (teamwork)

Bentuk dan wujud program sains yang dapat dihasilkan oleh guru atau tim dapat berupa program 1 tahun, semester, bulan, minggu atau hari. Jadi dapat disesuaikan dengan kebutuuhan lembaga dan kepentingan program lain secara keseluruhan.

Sebaiknya diitfentarisir seluruh yang dapat memberikan kontribusi (sumbangan) terhadap pengembangan pembelajaran sains di tempat, sehingga program sains mendapat dukungan semua pihak ( total environment)

Kemaslah isi program yang memperhatikan prinsip-prinsip keseimbangan, keluesan, kesinambungan, kebermaknaan dan fungsionalitas

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts