Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, October 2, 2020

Jawaban Soal Sains Untuk Anak Usia Dini

 

1.      Sains untuk anak usia dini adalah suatu materi yang berhubungan dengan dunia alam sekitar yang diberikan pada anak usia dini. Materi sains yang dimaksud berupa materi alam semesta yang mencakup bumi, langit, dan hal – hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan tentang sains sangat berkaitan erat dengan kemampuan kognitif anak. Karena pengetahuan sains membutuhkan olah pikir dan logika sehingga akan dapat berkembang dengan baik apabila kemampuan kognitif anak juga berkembang dengan baik.

 

2.     Pembelajaran sains untuk anak usia dini bertujuan :

(1). Anak memiliki kemampuan memecahkan masalah

(2). Anak memiliki sikap-sikap ilmiah

(3). anak menjadi lebih berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berada dan ditemukan dilingkungan alam sekitarnya

(4). Anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah

(5). Anak dapat menjadikan observasinya lebih teratur dan sistematis

(6). Dengan belajar sains anak dapat melihat kebesaran allah yang menciptakan dunia dan isinya

 

3.     Fungsi Pendidikan sains meliputi

A. secara sosial

Anak memperoleh kesempatan untuk melakukan kerjasama dengan teman-temannya secara alami.ketika anak melakukan kegiatan  sains,anak memiliki kesempatan untuk bertukar dan berbagi alat,bahan maupun ide dengan teman-temannya.

B. secara emosional

Aktifitas sains menawarkan potensi yang kaya untuk mengembangkan penghargaanya.selain itu penjelajahan dapat memberikan pengalaman yang dapat membuat anak keheranan,takjub dan merasa senang atas kegiatan yang dilakukannya.

 

4.     Ketrampilan-ketrampilan ini dapat digunakan untuk menemukan dan mengembangkan konsep serta menanamkan sikap ilmiah.

Aspek-aspek ketrampilan proses meliputi :

a.   Observasi, mencakup ketrampilan melibatkan semua alat indra untuk menyatakan sifat yang dimiliki oleh suatu benda atau objek

b.   Menafsirkan hasil pengamatan, melibatkan ketrampilan mencari hubungan antara pengamatan dengan pernyataan ciri-ciri atau sifat suatu benda atau peristiwa yang mudah diberi arti oleh orang lain.

c.    Mengelompokkan, memerlukan ketrampilan observasi

d.   Berkomunikasi, mencatat hasil pengamatan yang relevan dengan penyelidikan.

e.   Mengajukan pertanyaan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan apa yang ingin diketahuinya.

f.     Menyimpulkan (inferensi), merupakan ketrampilan memberikan penjelasan atau interprestasi terhadap suatu data yang didasarkan atas pengetahuan dan pengalaman awal. Pembelajaran sains berbasis ketrampilan proses adalah bentuk pembelajaran yang mengintegrasikan ketrampilan proses ke dalam rangkaian aktivitas belajar guna mengarahkan siswa pada proses pengetahuan secara mandiri.

 

5.     Scientific inquiry adalah sebuah siklus dari pembentukan hipotesis, mengumpulkan data, mengkonfirmasikan atau menolak berbagai hipotesis, membuat generalisasi, kemudian mengulangi siklus. Ketrampilan dasar yang digunakan dalam proses saintifik mencakup pengamatan, mengelompokkan dan membandingkan, mengukur, mengkomunikasikan, melakukan eksperimen, menghubungkan, menyimpulkan dan mengaplikasikan. Karena menyimpulkan dan mengaplikasikan mensyaratkan berpikir yang lebih abstrak

     

 

 

 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts