WebQual adalah salah satu metode pengembangan dari ServQual
yang sebelumnya banyak digunakan untuk melakukan pengukuran kualitas jasa atau service quality (Parasuraman et al, 1988). WebQual merupakan
salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna. WebQual sudah mulai dikembangkan
sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa interaksi dalam penyusunan
dimensi dan butir pertanyaan (Pratama, 2015). Webqual merupakan alat untuk mengukur
usability (kegunaan), information
quality (kualitas informasi), dan interaction quality (kualitas interaksi). Instrument dalam metode
WebQual dikembangkan melaui sebuah proses yang berlandaskan pada “voice of customer”, sehingga implementasi dan pengembangannya megancu
pada konsep Quality Function
Development (QFD).
WebQual telah mengalami beberapa kali perubahan dalam penyusunan
variabel dan butir-butir pertanyaannya, yaitu (Barnes & Vidgen, 2002):
1. WebQual 1.0
WebQual
1.0 merupakan versi pertama dari WebQual yang awal mulanya dikembangkan dalam domain website salah satu sekolah bisnis
di Inggris dengan mengikuti acuan dari QFD (Barnes & Vidgen, 2000).
Pengembangan dari WebQual 1.0 ini menghasilkan 24 butir pertanyaan di dalam 5 variabel
yang terdiri dari ease of use,
experience, information, communication, dan integration. Namun, kekurangan
WebQual versi pertama ini terlalu fokus pada information quality (kualitas infromasi) sehingga melupakan aspek
penting lainnya.
2. WebQual 2.0
WebQual 2.0 hadir dalam 3 (tiga) area yang berbeda yaitu quality of website, quality of information, dan quality of service
interaction (Pratama,
2015). Kelemahan WebQual 2.0 adalah mengabaikan aspek information quality yang menjadi fokus WebQual 1.0, karena terlalu
fokus pada aspek interaction quality (Rahmaini,
2018).
3. WebQual 3.0
WebQual 3.0 adalah pengembangan dari WebQual 1.0 dan
WebQual 2.0 yang masih dijumpai kekurangan karena terlalu berfokus pada satu
aspek. Dalam pengembangan Webqual 3.0
dikembangkan beberapa variabel, yaitu information
quality, web interaction quality,
dan site design quality (Sastika,
2016). Instrument ini akhirnya dicoba pada beberapa domain website
lelang online (Barnes & Vidgen, 2001).
Tabel 2. 1 Variabel
Kualitas pada Webqual 3.0
Quality
Variabelon |
Indicative
Content |
Web information
quality |
Accurate,
timely, reliable information |
Web interaction
quality |
Good reputation,
safe to transact, personal data security, will deliver as promised |
Site design quality |
Easy
to navigate, attractive appearance, projects a sense of competency |
Sumber : Barnes & Vidgen, 2001
4. WebQual 4.0
WebQual 4.0 yang diperoleh
dari pengembangan WebQual
versi 1 sampai 3 dan juga dikembangkan dari SERVQUAL. WebQual
terdiri dari 3 variabel yaitu :
a)
Usabality (Kegunaan)
Usability berhubungan dengan segi rancangan
pada website yang digunakan
pengguna (Barnes dan Vidgen, 2002). Kualitas usability meliputi kemudahan website
untuk dipelajari, kemudahan untuk dimengerti, kemudahan untuk ditelusuri,
kemudahan untuk digunakan, kemenarikan website, interface yang menyenangkan, memiliki kompetensi yang baik dan
memberikan pengalaman baru yang menyenangkan (Sastika, 2016).
b)
Information Quality
Information Quality berhubungan
dari segi kelayakan informasi dan kualitas konten untuk disampaikan kepada
penggunannya (Barnes & Vidgen, 2002). Kualitas informasi meliputi informasi
yang akurat, informasi yang dapat dipercaya, informasi yang up to date, informasi sesuai dengan
topik bahasan, kemudahan informasi untuk dimengerti, kedetailan informasi dan informasi yang disajikan dalam format desain yang sesuai (Sastika, 2016).
c)
Service Interaction Quality
Service Interaction Quality berhubungan dengan
perasaan yang dialami pengguna ketika mereka menggunakan website lebih detail (Napitupulu,
2017; Rahmani, 2018). Kualitas interaksi meliputi kemampuan memberikan rasa
aman saat transaksi, memliki reputasi yang bagus, memudahkan komunikasi, menciptakan perasaan emosional yang lebih personal,
memiliki kepercayaan dalam memberikan informasi pribadi, mampu menciptakan
komunitas yang spesifik, memberikan keyakinan bahwa janji yang disampaikan akan
ditepati (Sastika, 2016).
Sejak Parasuraman et
al., memperkenalkan Servqual intrumen kualitas layanan, yang disebut Servqual,
banyak peneliti telak menggunakan untuk mengukur kualitas layanan di berbagai
domain, mulai dari layanan keuangan, layanan kesehatan, pelayanan agen
perjalanan, dan lain sebagainya. Mengakui pentingnya layanan yang disediakan
oleh Sistem Informasi (Information System/IS) departemen dalam
organisasi, servqual telah diadaptasi untuk mengukur IS kualitas layanan.
Namun, karena Servqual awalnya mengembangkan untuk mengukur kualitas layanan
yang di sampaikan secara offline biasa, penggunaannya dalam domai IS
agak bermasalah.
Baru-baru
ini, beberapa penelitian telah memulai menyelidiki kesesuaian Servqual dalam
menilai kualitas layanan online. Tanpa pemeriksaan melalui dari Servqual
dalam mengukur kualitas layanan online, banyak studi terbaru yang
berkaitan dengan kualitas layanan online telah mengusulkan alat pengukur
baru untuk kulitas layanan online. Motode Webqual merupakan pengembangan
dari Servqual Instrumen penelitian pada Webqual tersebut dikembangkan dengan
metode Quality Function Development (QFD).
Metode Webqual
merupakan salah satuh teknik pengukuran kualitas website berdasarkan
persepsi pengguna. Metode Webqual dikembangkan oleh Stuart Barnes dan Richard
Vidge pada tahun 1998 dan terus mengalami perkembangan versi. Webqual versi 4.0
ditujukan untuk mendukung proses pengukuran kualitas sebuah situs web. Webqual
dibangun berdasarkan pada konsep dasar metode Quality Function Deployment (QFD)
yaitu satuan proses yang berdasarkan pada “voice of custumer” terhadap
kualitas suatu produk atau jasa. Dari konsep QFD tersebut, perangkat Webqual
4.0 disusun berdasarkan pada persepsi pengguna akhir (end user) terhadap
suatu situs web.
Untuk
mengukur kualitas sebuah situs web, perangkat Webqual 4.0 memuat instrument
penyelidikan yang disusun dalam empat parameter yaitu Usability, Information
Quality, Service Interaction Quality, dan Overall. Keempat parameter ini
menjadi bagian dari analisis pengukuran User Satisfaction (kepuasan
pengguna) terhadap kualitas dari situs web yang di nilai.
Salah
satu kegiatan dalam metode QFD yang menjadi dasar kerja perangkat Webqual 4.0
adalah pengumpulan suara pelanggan (voice of Customer). Dalam metode QFD
peosedur pengumpulan suara pelanggan dilakukan dengan cara:
1. Menetapkan
atribu-atribut (data kuantitatif). Data kuantitatif secara umum diperoleh dari
pembicaraan dan observasi dengan pelanggan
2. Mengukur
atribut-atribut (data kuantitatif). Data kuantitaif diperoleh dari hasil survei
atau penarikan suara. Dua kegiatan ini diaplikasikan pada perangkat Webqual
versi 4.0 dengan cara:
a. Menyusun
format kuesioner yang memuat kumpulan atribut pertanyaan dan mengelompokkan
sekumpulan pertanyaan yang sejenis dalam satu kategori pertanyaa. Dari setiap pertanyaan
memuat sekumpulan pilihan jawaban yang salah satunya harus dipilih oleh
responden.
b. Menetapkan
jenis dan jumlah responden yang tepat untuk menjadi mitra selaku pengisi
kuesioner.
c. Melakukan
survei dengan cara menyebarkan kuesioner untuk “wajib” diisi dengan lengkap
oleh sejumlah responden yang telah ditetapkan sebelumnya.
Adapun literatur dasar
kegiatan analisis kebutuhan pembangunan perangkat lunak pada suatu situs web,
beberapa hipotesis awal yang digunakan yaitu:
1. Usability (kemudahan pengguna)
Pada parameter kualitas pengguna
ini ditinjau dari mutu yang terkait dengan rencana situs web, misalkan
penampilan, kemudahan pengguna, navigasi dan gabaran/model yang tersampaikan
kepada pengguna. Ada delapan penilaian terkait dengan kemudahan penggunaan situs
web yaitu:
a. Pengguna
merasa mudah untuk mempelajari pengoperasian situs web;
b. Interaksi
antar situs web dengan pengguna jelas dan mudah dipahami;
c. Pengguna
merasa mudah untuk bernavigasi dalam situs web;
d. Pengguna
merasa situs web mudah digunakan;
e. Situs
web memiliki tampilan yang menarik;
f. Desain
sesuai dengan jenis situ web;
g. Apakah
pengguna merasa muda menemukan informasi yang dicari
2. Information Quality (kualitas
informasi)
Pada parameter kualitas ini
ditinjau dari mutu isi yang terdapat pada situ web yaitu ketetapan informasi
sesuai kebutuhan/tujuan pengguna, misalkan akurasi, format dan keterkaitannya.
Pada kualitas informasi ini meninjau dari interaksi pelayanan yang dialami oleh
pengguna ketika mereka melakukan informasi lebih lanjut tentang situs web
tersebut, yang terwujyd dengan kepercayaan dan empati. Ada tujuh penilaian
terkait dengan kualitas informasi ini yaitu:
a. Situs
web menyediakan informasi yang akurat;
b. Situs
web menyajikan informasi yang terpercaya;
c. Situs
web memberikan tepat waktu;
d. Situs
web menyediakan informasi yang relevan;
e. Situs
web menyediakan informasi yang mudah dipahami;
f. Situs
web menyediakan informasi yang lengkap dan terperinci;
g. Situs
web menyajikan informasi dalam format yang sesuai.
3. Service Interaction Quality (kualitas
layanan)
Pada parameter ini ditinjau dari
mutu interaksi pelayanan yang dialami oleh pengguna ketika mereka
mengekspolorasi situs web tersebut. Hal ini akan menimbukan rasa kepercayaan
dan empati terhadap situs web tersebut. Ada tujuh penilaian terkait dengan kualitas
pelayanan interaksi situs web ini, yaitu:
a. Situs
web memiliki reputasi yang baik;
b. Situs
web memberikan rasa aman pada pengguna;
c. Situs
web memberi ruang untuk personalisasi;
d. Situs
web memberi ruang untuk komunitas;
e. Situs
web memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan organisasi;
f. Pengguna
merasa yakin bahwa barang/jasa akan dikirim sebagaimana yang telah dijanjikan.
4. User Satisfaction (Kepuasan
Pengguna)
Pada parameter ini ditinjau dari
mutu kepuasan pengguna yang dialami oleh pengguna ketika mereka mengeksplor
sits web tersebut. Berikut penilaian terkait dengan kepuasan pengguna:
a. Apakah
anda merasa suka dengan tampilan website;
b. Apakah
anda senang berinteraksi dengan website ini;
c. Apakah
perpindahan akses dari halaman utama ke halaman lain terasa cepat;
d. Apakah
menurut anda website tersebut menggunakan jenis huruh yang sesuai;
e. Apakah
menurut anda website tersebut memiliki tema yang menarik;
No comments:
Post a Comment