1. Pengolahan Data Tes Kemampuan Awal
1)
Nilai Rerata dan Simpangan Baku
Dari
hasil pengolahan data dengan program SPSS 19.0 for Windows untuk
masing-masing kelas diperoleh nilai
maksimum, nilai minimum, nilai rerata, dan simpangan baku seperti terdapat pada
Tabel 4.1.
Tabel 4.1
Statistik Deskpriptif
Kelas
|
Jumlah data
|
Nilai Minimum
|
Nilai Maksimum
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
Standar Deviasi
|
Kontrol
|
40
|
13,00
|
65,00
|
1370,00
|
34,25
|
12,42980
|
Eksperimen
|
40
|
20,00
|
68,00
|
1526,00
|
38,15
|
11,44564
|
2)
Uji Normalitas
Langkah pertama adalah menguji
normalitas antara Kelas Eksperimen dan Kelas kontrol. Uji normalitas terhadap dua kelas tersebut dilakukan
dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikansi
0,05. Adapun alat untuk mengolahnya
adalah melalui program SPSS 19.0
for Windows. Setelah
dilakukan pengolahan data, tampilan
outputnya dapat dilihat pada
Tabel 4.2.
Tabel
4.2
Uji Normalitas
Kelas
|
Kolmogorov-Smirnov
|
||
|
Statistik
|
df
|
Sig.
|
Kontrol
|
0.128
|
40
|
0.096
|
Eksperimen
|
0.136
|
40
|
0.061
|
Berdasarkan
hasil perhitungan dengan uji statistik melalui program SPSS 19.0 for Windows dengan
menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, pada Tabel
4.2 dapat dilihat nilai probabilitas pada kolom
signifikansi untuk kelas eksperimen
adalah 0,061
dan untuk kelas yang menggunakan
pembelajaran kelas kontrol adalah 0,096. Oleh karena nilai signifikansi kedua kelas
lebih dari 0,05, maka dapat dinyatakan Kelas Eksperimen dan Kelas kontrol merupakan
sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi
normal.
3)
Uji Homogenitas Dua Varians
Langkah kedua adalah
menguji homogenitas dua varians antara Kelas Eksperimen dan Kelas kontrol dengan
menggunakan uji Levene melalui aplikasi program SPSS 19.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Setelah dilakukan pengolahan
data, tampilan output SPSS dapat
dilihat seperti pada Tabel 4.7 berikut:
Tabel
4.3
Uji
Homogenitas
Levene
Statistic
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
2.066
|
8
|
17
|
0.099
|
Berdasarkan uji homogenitas varians
dengan menggunakan uji Levene
pada Tabel 4.3, terlihat bahwa
pada kolom signifikansi nilainya sebesar
0,099 untuk kelas eksperimen memiliki nilai lebih
dari 0,05, maka dapat diambil
kesimpulan bahwa siswa kelas eksperimen berasal dari populasi-populasi yang
mempunyai varians sama, atau kedua kelas tersebut homogen.
4)
Uji-t
Setelah kedua
kelompok tersebut berdistribusi normal
dan memiliki variansi yang homogen, selanjutnya dilakukan uji kesamaan
dua rerata dengan uji-t melalui program SPSS 19.0 for windows
yaitu Independent Sample t-Tes dengan asumsi kedua varians homogen (equal
varians assumed) dengan taraf signifikansinya 0,05. Hipotesis tersebut dirumuskan dalam bentuk hipotesis statistik
(Uji satu pihak) sebagai berikut :
Ho
: µ1 = µ2
H1
: µ1 ≠ µ2
Keterangan:
H0 : tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas esperimen dengan siswa kelas
kontrol.
H1
: terdapat
perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas
esperimen dengan siswa kelas kontrol.
Dengan kriteria uji diterima
, jika probabilitas > 0,05 sebaliknya jika
probabilitas < 0,05 maka
ditolak (Santoso dalam Topik, 2011: 44). Setelah dilakukan pengolahan data untuk tes awal, diperoleh tampilan output SPSS dapat dilihat pada Tabel 4.4. di bawah ini.
Tabel
4.4
Uji-t
Tes Kemampuan Awal
Nilai
|
Uji Levene
|
Uji t
|
|||||||
t
|
df
|
Sig (2-tailed
|
Mean
|
Std. Error
|
95%
Confidence Interval of the Difference
|
||||
F
|
Sig
|
Lower
|
Upper
|
||||||
Equal
variances assumed
|
0.418
|
0.520
|
-1.460
|
78
|
0.148
|
-3.90000
|
2.67162
|
-9.21879
|
1.41879
|
Equal
variances not assumed
|
|
|
-1.460
|
77.475
|
0.148
|
-3.90000
|
2.67162
|
-9.21936
|
1.41936
|
Dari hasil perhitungan ternyata diperoleh
bahwa nilai probabilitas pada signifikansi (2-tailed)
adalah 0,148. Oleh karena itu nilai probabilitas > 0,05, maka
diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas esperimen dengan siswa kelas kontrol.
No comments:
Post a Comment