Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, July 27, 2020

Landasan, Tujuan, dan Program Kurikulum TK (1984)


Kurikulum Tahun 1984

A.    Landasan, Tujuan, dan Program Kurikulum TK (1984)
1.     Landasan
Dalam Ketetapan Majelis Pemusyawaratan Rakyat Nomor III/MPR/1983 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara yang dilandasi oleh Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dinyatakan bahwa sistem pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan di segala bidang yang memerlukan jenis-jenis keahlian dan keterampilan serta dapat meningkatkan keativitas. Penyesuaian ini dilaksanakan antara lain melalui perhatian kurikulum sebagai salah satu diantara berbagai upaya perbaikan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
Pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan pendidikan hasil penilaian kurikulum maupun keadaan pendidikan di negara-negara lain memperkuat tuntutan dan upaya untuk mengadakan perbaikan kurikulum. Berdasarkan hasil analisis kurikulum 1984 yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum, dinyatakan antara lain bahwa masih terdapat bahan pengembagan yang harus dihilangkan karena terjadi tumpang tindih antara bidang pengembangan yang satu dengan yang lainnya, adanya istilah-istilah yang terlalu abstrak untuk anak usia TK. Sehubungan dnegan hal tersebut, maka perbaikan kurikulum khususnya dan pennyelenggaraan pendidikan di sekolah pada umumnya diharapkan dapat meningkatkan mutu kecerdasan bangsa seperti yang diamatkan dalam UUD 45. Berdasarkan pertimbnagan tersebut maka diterbitkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0461/U/1983 tentang perbaikan Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah dalamlingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Pembenahan kurikulum ini diharapkan dapat memberikan peluang yang lebih besar kepada siswa untuk memperoleh pendidikan yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan kebutuhannya.
2.     Tujuan
Tujuan Pendidikan Taman Kanak-kanak mengacu kepada tujuan pendidikan nasional yang digariskan dalam GBHN 1983 yaitu:
a.    Meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan daya cipta, yang diperlukan untuk hidup di lingkungan masyarakat
b.   Mernberikan bekal kemampuan dasar bagi perkembangan anak secara utuh
c.    Memberikan bekal untuk mengembangkan diri sesuai dengan asas pendidikan seumur hidup.
Jika tujuan pendidikan TK pada tahun 1984 dibandingkan dengan tujuan Pendidikan Taman Kanak-kanak yang dituangkan pada kurikulum 1976, maka secara umum hampir sama hanya penekanannya yang berbeda, jika pada Kurikulum 1976 menjadikan anak sebagai warga masyarakat menjadi prioritas pertama sedangkan pada Kurikulum 1984 pengembangan pribadi anak adalah yang utama. Hal ini terjadi karena pada masa ini telah banyak teori-teori yang menekankan pentingnya pengembangan anak. Pada periode ini anak menunjukkan kepekaankepekaan tertentu yang jika dirangsang dan dibina pada saat yang tepat akan berdampak positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya.
3.     Program
Berdasarkan Kurikulum TK 1987, Taman Kanak-kanak memiliki tingkat-tingkat, yaitu:
1.     Tingkat A untuk anak didik umur 3-4 tahun
2.     Tingkat B untuk anak didik umur 4-5 tahun
3.     Tingkat C untuk anak didik umur 5-6 tahun
4.     TK 1 tahun untuk anak yang tinggal di pedesaan
Waktu belajar anak di sekolah:
1.     Tingkat A 12 jam dalam seminggu (2 jam sehari)
2.     Tingkat B 15 jam dalam seminggu (2,5 jam sehari)
3.     Tingkat C 16 jam dalam seminggu (2 2/3 jam sehari)
Isi program pendidikan mencakup bidang-bidang pengembangan:
a.    Pendidikan Moral Pancasila
b.   Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
c.    Kemampuan Berbahasa
d.   Perasaan,Kemasyarakatan,Kesadaran Lingkungan
e.    Daya Cipta
f.    Pengetahuan
g.   Jasmani dan Kesehatan
B.    Garis-garis Besar Program Pengajaran
Ruang lingkup untuk setiap bidang pengembangan adalah sebagai berikut:
1.   PMP:
a.   Pengenalan, dan penghargaan pada ciptaan Tuhan
b.   Pengenalan arti kebersamaan dan persatuan
c.   Pengenalan arti musyawarah dan mufakat
d.   Pengenalan sikap adil
2.    Kemampuan berbahasa, mencakup:
a.    Berbicara dalam rangka ketrampilan berbahasa lisan, melatih cara berpikir dan membentuk konsep)
b.   Mendengarkan (melatih anak menangkap dan memahami pembicaraan orang lain)
c.    Mengembangkan kosakata (dengan memperkenalkan berbagai jenis kata dalam bentuk kegiatan sehari-hari)
d.   Mengembangkan sikap senang berbahasa dengan melatihkan penggunaan bahasa yang komunikatif
3.   Pengetahuan, mencakup:
a.    Pengenalan nama dan fungsi berbagai bagian tubuh yang terdapat pada kepala, badan dan anggota tubuh
b.   Peningkatan kemampuan menggunakan indera yang dilakukan melalui pengenalan bunyi atau suara, abu, rasa dan melalui benda-benda di sekitar anak
c.    Penagungan pencitaNya dilakukan melalui pengenalan makhluk hidup, makhluk tak hidup, tumbuhan, binatang, bumi, matahari, bulan, bintang, angin, air dan hujan.
d.   Peningkatan minat terhadap konsep matematika dilakukan melalui pengenalan bentuk dasar geometri, klasifikasi benda-benda, warna, ukuran benda, pola-pola, konsep sama, konsep tidak sam, konsep lebih, konsep kurang, himpunan, bilangan, lambang angka, waktu, ukuran isi, ukuran berat dan ukuran panjang
4.   Perasaan, kemasyarakatan dan kesadaran lingkungan, mencakup:
a.    Pembentukan konsep diri yang positif melalui kesediaan menerima keadaan diri, pengenalan terhadap kebiasaan yang baik dalam pergaulan, menghargai orang lain
b.   Pembentukan disiplin melalui kepatuhan terhadap peraturan
c.    Pembentukan sikap dan sifat yang positif melalui kegiatan yang menyadarkan anak bahwa ia adalah bagian lingkungan
d.   Pembentukan kesadaran dan keinginan untuk ikut memelihara lingkungan hidupnya

5.   Daya cipta, mencakup :
a.    Bahasa (menyususn pola pikir dan mengugkapkannya)
b.   Menyususn kata-kata/kalimat-kalimat bersajak, cerita, permainan
c.    Ekspresi diri melalui berbagai media kreatif yang merangsang daya cipta
d.   Musik/irama (membuat alat musik sederhana dan mengekspresikan gerak sesuai dengan alat musik)
e.    Bermain (menciptakan permainan sendiri)
f.    Gerakan jasmani
g.   Pengetahuan (memecahkan sendiri masalah-masalah)
h.   Sikap (menghayati hasil karya)
6.   Jasmani dan kesehatan,mencakup
a.    Mengembangkan gerakan jasmani dengan alat atau tanpa alat secara perorangan atau beregu/kelompok
b.   Membayangkan dan meniru gerakan berbagai jenis binatang
c.    Membayangkan dan mengekspresikan gerakan berdasr cerita, pohon/tanaman yang terna angin, irama lagu/nyanyian
d.   Mengembangkan ketrampilan manual dengan berbagai alat misal tanah liat, lilin, balok, pasir basah, kertas
e.    Mengembangkan upaya peningkatan kesehatan pribadi dan lingkungan
f.    Mengembangkan upaya pemeliharaan kesehatan
g.   Mengembangkan upaya pencegahan penyakit menular dan tidak menular, serta pencegahan bahaya di rumah, di sekolah, dan dijalan
h.   Mengembangkan kemandirian dalam kehidupan sehari-hari

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts