Kurikulum Tahun 1984
A.
Landasan,
Tujuan, dan Program Kurikulum TK (1984)
1.
Landasan
Dalam Ketetapan Majelis Pemusyawaratan Rakyat
Nomor III/MPR/1983 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara yang dilandasi oleh
Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dinyatakan bahwa sistem pendidikan perlu
disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan di segala bidang yang memerlukan
jenis-jenis keahlian dan keterampilan serta dapat meningkatkan keativitas.
Penyesuaian ini dilaksanakan antara lain melalui perhatian kurikulum sebagai
salah satu diantara berbagai upaya perbaikan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
Pengalaman dan pengetahuan yang
diperoleh dari penelitian dan pengembangan pendidikan hasil penilaian kurikulum
maupun keadaan pendidikan di negara-negara lain memperkuat tuntutan dan upaya
untuk mengadakan perbaikan kurikulum. Berdasarkan hasil analisis kurikulum 1984
yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum, dinyatakan antara lain bahwa masih
terdapat bahan pengembagan yang harus dihilangkan karena terjadi tumpang tindih
antara bidang pengembangan yang satu dengan yang lainnya, adanya
istilah-istilah yang terlalu abstrak untuk anak usia TK. Sehubungan dnegan hal
tersebut, maka perbaikan kurikulum khususnya dan pennyelenggaraan pendidikan di
sekolah pada umumnya diharapkan dapat meningkatkan mutu kecerdasan bangsa
seperti yang diamatkan dalam UUD 45. Berdasarkan pertimbnagan tersebut maka
diterbitkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0461/U/1983
tentang perbaikan Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah dalamlingkungan
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Pembenahan kurikulum ini diharapkan dapat
memberikan peluang yang lebih besar kepada siswa untuk memperoleh pendidikan
yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan kebutuhannya.
2.
Tujuan
Tujuan Pendidikan Taman Kanak-kanak mengacu
kepada tujuan pendidikan nasional yang digariskan dalam GBHN 1983 yaitu:
a. Meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap,
pengetahuan, keterampilan daya cipta, yang diperlukan untuk hidup di lingkungan
masyarakat
b. Mernberikan bekal kemampuan dasar bagi
perkembangan anak secara utuh
c. Memberikan bekal untuk mengembangkan diri sesuai
dengan asas pendidikan seumur hidup.
Jika tujuan pendidikan TK pada tahun
1984 dibandingkan dengan tujuan Pendidikan Taman Kanak-kanak yang dituangkan
pada kurikulum 1976, maka secara umum hampir sama hanya penekanannya yang
berbeda, jika pada Kurikulum 1976 menjadikan anak sebagai warga masyarakat
menjadi prioritas pertama sedangkan pada Kurikulum 1984 pengembangan pribadi
anak adalah yang utama. Hal ini terjadi karena pada masa ini telah banyak
teori-teori yang menekankan pentingnya pengembangan anak. Pada periode ini anak
menunjukkan kepekaankepekaan tertentu yang jika dirangsang dan
dibina pada saat yang tepat akan berdampak positif terhadap perkembangan dan
pertumbuhan anak selanjutnya.
3.
Program
Berdasarkan Kurikulum TK 1987, Taman Kanak-kanak memiliki tingkat-tingkat,
yaitu:
1. Tingkat A untuk anak didik umur 3-4 tahun
2. Tingkat B untuk anak didik umur 4-5 tahun
3. Tingkat C untuk anak didik umur 5-6 tahun
4. TK 1 tahun untuk anak yang tinggal di pedesaan
Waktu belajar anak di sekolah:
1.
Tingkat A 12 jam dalam seminggu (2 jam
sehari)
2.
Tingkat B 15 jam dalam seminggu (2,5
jam sehari)
3.
Tingkat C 16 jam dalam seminggu (2 2/3
jam sehari)
Isi program pendidikan mencakup bidang-bidang pengembangan:
a. Pendidikan Moral Pancasila
b. Pendidikan Sejarah
Perjuangan Bangsa
c. Kemampuan Berbahasa
d. Perasaan,Kemasyarakatan,Kesadaran
Lingkungan
e. Daya Cipta
f. Pengetahuan
g. Jasmani dan Kesehatan
B.
Garis-garis
Besar Program Pengajaran
Ruang
lingkup untuk setiap bidang pengembangan adalah sebagai berikut:
1.
PMP:
a.
Pengenalan,
dan penghargaan pada ciptaan Tuhan
b.
Pengenalan
arti kebersamaan dan persatuan
c.
Pengenalan
arti musyawarah dan mufakat
d.
Pengenalan
sikap adil
2. Kemampuan
berbahasa, mencakup:
a. Berbicara dalam rangka ketrampilan berbahasa
lisan, melatih cara berpikir dan membentuk konsep)
b. Mendengarkan (melatih anak menangkap dan memahami
pembicaraan orang lain)
c. Mengembangkan kosakata (dengan memperkenalkan
berbagai jenis kata dalam bentuk kegiatan sehari-hari)
d. Mengembangkan sikap senang berbahasa dengan
melatihkan penggunaan bahasa yang komunikatif
3. Pengetahuan, mencakup:
a.
Pengenalan nama dan fungsi berbagai
bagian tubuh yang terdapat pada kepala, badan dan anggota tubuh
b.
Peningkatan kemampuan menggunakan
indera yang dilakukan melalui pengenalan bunyi atau suara, abu, rasa dan
melalui benda-benda di sekitar anak
c.
Penagungan pencitaNya dilakukan melalui
pengenalan makhluk hidup, makhluk tak hidup, tumbuhan, binatang, bumi,
matahari, bulan, bintang, angin, air dan hujan.
d.
Peningkatan
minat terhadap konsep matematika dilakukan melalui pengenalan bentuk dasar
geometri, klasifikasi benda-benda, warna, ukuran benda, pola-pola, konsep sama,
konsep tidak sam, konsep lebih, konsep kurang, himpunan, bilangan, lambang
angka, waktu, ukuran isi, ukuran berat dan ukuran panjang
4. Perasaan, kemasyarakatan dan kesadaran
lingkungan, mencakup:
a.
Pembentukan konsep diri yang positif
melalui kesediaan menerima keadaan diri, pengenalan terhadap kebiasaan yang
baik dalam pergaulan, menghargai orang lain
b.
Pembentukan disiplin melalui kepatuhan
terhadap peraturan
c.
Pembentukan sikap dan sifat yang
positif melalui kegiatan yang menyadarkan anak bahwa ia adalah bagian
lingkungan
d.
Pembentukan kesadaran dan keinginan
untuk ikut memelihara lingkungan hidupnya
5. Daya cipta, mencakup :
a.
Bahasa (menyususn pola pikir dan
mengugkapkannya)
b.
Menyususn kata-kata/kalimat-kalimat
bersajak, cerita, permainan
c.
Ekspresi diri melalui berbagai media
kreatif yang merangsang daya cipta
d.
Musik/irama (membuat alat musik
sederhana dan mengekspresikan gerak sesuai dengan alat musik)
e.
Bermain (menciptakan permainan sendiri)
f.
Gerakan jasmani
g.
Pengetahuan (memecahkan sendiri
masalah-masalah)
h.
Sikap
(menghayati hasil karya)
6.
Jasmani dan
kesehatan,mencakup
a.
Mengembangkan
gerakan jasmani dengan alat atau tanpa alat secara perorangan atau
beregu/kelompok
b.
Membayangkan
dan meniru gerakan berbagai jenis binatang
c.
Membayangkan
dan mengekspresikan gerakan berdasr cerita, pohon/tanaman yang terna angin,
irama lagu/nyanyian
d.
Mengembangkan
ketrampilan manual dengan berbagai alat misal tanah liat, lilin, balok, pasir
basah, kertas
e.
Mengembangkan
upaya peningkatan kesehatan pribadi dan lingkungan
f.
Mengembangkan
upaya pemeliharaan kesehatan
g.
Mengembangkan
upaya pencegahan penyakit menular dan tidak menular, serta pencegahan bahaya di
rumah, di sekolah, dan dijalan
h.
Mengembangkan
kemandirian dalam kehidupan sehari-hari
No comments:
Post a Comment