Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, August 5, 2019

Praktik Ritual Islam Popular


                                                                                                                                          Ritual islam popular mancakup beberapa bentuk,namun kali ini kita hanya akan mengambil salah satu contoh penting saja,yang juga sudah tidak asing di telinga kita sehari-hari.Atau tidak jadi kita juga pernah mengikuti atau melihat langsung praktek ritual islam popular tersebut.Praktek ritual yang akan di paparkan kali ini,yakni mengenai ritual islam Dzikir     Dalam buku Rasa Ruhani, M.iqbal irham mengutif pengertian dzikir dari kitab karangan Ibn Athaillah dari Alexandra,Miftah Al-Arwah(kunci menunjukan keselamatan dan penerangan bagi jiwa).Beliau mengatakan,dzikir adalah pembersihan jiwa dari ketidak khusyuan dan kealfpaan(ghaflah) dengan menghadapkan hati(hudhurual-qalb)kepada Allah terus menerus.Dzikir di jadikan tiga golongan yaitu:
a.Dzikir qalbu
               Dzikir ini adalah ibadah atau ritual yang sangat sederhana dan mudah.Kita dapat melakukan kapanpun dan dimana pun aja.satu-satunya ritual yang tidak menuntut syarat atau hukum adalah Dzikir.Kitapun tidak membutuhkan keadaan manusia suci.Imam nawawi menjelaskan bahwa ulama sepakat bahwa dzikir dapat di lakukan oleh yang berhadats,junub,wanita yang sedang haid atau nifas.
b.Dzikir lisan                                                                                                                                                                            Dzikir lisan membantu menghadirkan Qalbu.Dengan menybut nama atau sifat-sifat Allah akan membantu sesorang untuk menghadirkan ketenangan hatinya.Dzikir lisa tidaklah cukup apabila itu tidak terus menerus di lakukan.ketika it uterus menerus di lakukan membantu hadirnya hati untuk mengikat sang khaliq.
c.Dzikir sir                                                                                                                                                                  Dzikir yaksha atau dzikir qalbu akan membawa kepada dzikir sir(tersembunyi,rahasia),yang menghadirkan hati kepada allah (hudurul qlalbi).inilah dzikir yang tidak berhuruf dan tidak bersuara.dzikir ini tidak butuh bacaan melainkan sudah mengahdirkan rasa ruhani.Rasa diri yang selama ini yang terpendam dan dimana seluruh ingatan sudah tertuju pada yang hak.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts