Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, August 5, 2019

Manfaat Film Kartun



            Dilihat dari indera yang terlibat, film adalah alat komunikasi yang sangat membantu  proses pembelajaran efektif begitu pula dengan film kartun. Apa yang terpandang oleh mata dan terdengar oleh telinga akan lebih cepat dan lebih mudah diingat oleh anak daripada apa yang hanya dilihat saja (Munadi, 2013:116).
Lebih lanjut Munadi menjabarkan Manfaat lainnya dari film kartun dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran, di antaranya adalah:
a.      Pesan yang disampaikanya cepat dan mudah diingat
b.     Mengembangkan pikiran dan pendapat anak
c.      Mengembangkan imajinasi anak
d.     Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan gambaran yang lebih realistik
e.      Sangat kuat mempengaruhi emosi anak
f.      Sangat baik dalam menjelaskan suatu proses dan dapat menjelaskan suatu keterampilan
g.     Menumbuhkan minat dan motivasi belajar  anak.

1.   Meningkatkan Kosakata Anak
Menonton Kartun dapat Meningkatkan Kosakata Anak. Peningkatan kosakata anak dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti melalui membaca, mendengarkan, dan menonton. Peningkatan kosakata anak biasanya lebih banyak dilakukan di dunia pendidikan, terutama di lembaga Pra sekolah seperti lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), mengingat kosakata anak yang tergolong masih sangat terbatas. Biasanya sih upaya peningkatan kosakata anak di lembaga PAUD dilakukan dengan menciptakan situasi yang memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan bahasanya. Kesempatan ini dilakukan melalui kegiatan bercakap-cakap, bercerita, dan tanya jawab. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan media pengajaran bahasa anak khususnya dalam peningkatan kosakata anak, misalnya guru PAUD menyediakan media pengajaran, seperti boneka, mobil-mobilan, buku cerita, kartu bergambar, foto, dan papan planel. Selain itu, menurut Arsyad. A (2002 : 26) “penggunaan media pengajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu, serta dapat memberikan kesamaan pengalaman pada anak tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka”. Sudjana dan Rivai (1992 : 2) mengemukakan manfaat media pengajaran dalam proses belajar siswa, yaitu “pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat memotivasi belajar dan siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktifitas lainnya seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain”.
Dari sekian banyak media pengajaran yang dapat digunakan dalam peningkatan kosakata anak, film kartun merupakan salah satu media pengajaran yang cukup efektif untuk membantu dalam meningkatkan kosakata anak. Film kartun merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenanya, film memberikan kesan yang impresif bagi penontonnya, termasuk anak-anak. Media film ini pada umumnya disenangi oleh anak-anak karena karakter gambar animasi yang menarik. Hamalik (Arsyad. A : 2003 : 15) mengemukakan bahwa kelebihan penggunaan film kartun dalam proses pembelajaran dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari anak ketika bercakap-cakap,tanya jawab dan Iain-lain, menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang bila dipandang perlu. Serta mendorong dan meningkatkan motivasi anak dalam menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya. Nah gimana gan? sudah cukup jelas kan kalo ternyata kebiasaan nonton kartun bisa menjadi sarana peningkatan kosakata bagi anak-anak.
2. Meningkatkan Daya Tangkap Anak
Kartun dapat meningkatkan daya tangkap anak.  Film anak-anak seperti film kartun kebanyakan ditujukan untuk pendidikan anak. Banyak film kartun yang dimaksudkan agar anak-anak dapat mudah memahami jalan cerita serta nilai-nilai positif yang ada di dalamnya. Dengan memahami jalan cerita kartun, dapat melatih daya tangkap anak terhadap suatu peristiwa yang terjadi atau yang sedang berlangsung. Kemudian, bukan hanya gambar visualnya saja yang dapat meningkatkan daya tangkap anak, soundtrack suatu film kartun juga bisa berpengaruh pada perkembangan anak, karena seperti yang kita tahu bahwa musik dapat mempengaruhi perkembangan otak.

3. Menanamkan Nilai Moral
Menonton Kartun dapat Menanamkan Nilai Moral. Semua jenis film yang di produksi, termasuk juga film kartun pastilah memiliki nilai-nilai moral yang ditanamkan dalam setiap kisahnya. Entah itu nilai-nilai yang baik ataupun yang kurang baik, semua kembali kepada kita bagaimana menanggapinya. Untuk itu nih gan, diharapkan kepada  semua orang tua, agar selalu mendampingi anak-anaknya jika sedang menonton. Kemudian bisa sekalian diberikan arahan kepada anak-anak tentang nilai-nilai yang baik dan yang tidak baik di dalam setiap film yang ditonton, yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, agar anak-anak dapat mengambil nilai positifnya dengan benar.

4. Meningkatkan Kretifitas Anak
Menonton Kartun bisa Meningkatkan Kreatifitas Anak. Kegemaran menonton film kartun dapat meningkatkan daya imajinatif anak-anak. Saat anak-anak mengidolakan salah satu atau mungkin beberapa tokoh kartun, mereka cenderung akan sering menggambar tokoh-tokoh kartun yang mereka sukai tersebut. Tentu hal ini memerlukan imajinasi, dan ini dapat meningkatkan daya kreatifitas anak. Selain itu, warna-warna yang ada di setiap film kartun juga dapat memicu perkembangan otak anak. Seperti yang kita ketahui, bahwa warna mempengaruhi perkembangan otak kanan, apalagi masa kanak-kanak adalah saat yang tepat untuk belajar.
5. Sarana Hiburan bagi Anak-anak
Menonton Kartun bisa Menghibur Anak-anak. Jelas sekali bahwa menonton kartun merupakan salah satu sarana hiburan yang dapat meghilangkan kejenuhan setelah seharian beraktivitas, terutama bagi-anak yang memang tergolong mudah bosan terhadap sesuatu  hal. Mungkin menonton film kartun bisa menjadi alternatif bagi para orang tua untuk menghindari kejenuhan anak-anak dalam beraktifitas, karena menonton kartun umumnya dapat memberikan hiburan yang cukup efektif.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts