BAB I
PENDAHULUAN
Komputer merupakan alat modern yang
tidak bisa dilepaskan dari
kehidupan
sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan
hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih
akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus
mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi
agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar itu kami mencoba
membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan dapat berguna bagi orang lain
khususnya bagi kami. Banyak
sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami coba menulis makalah dengan judul
Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika
kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan
referensi yang banyak.
Makalah ini kami susun sangat
simpel agar para pembaca mudah
mencernanya
dan tidak bosan membacanya,
Kami
selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang kurang tepat dan menyimpang, karena
kami masih dalam proses belajar.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Sistem Komputer
a. Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema)
dan bahasa Yunani (sustema)
adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan
bagian-bagian yang saling
berhubungan
yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
b. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut
prosedur
yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan
orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau
tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri.
c. Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan
suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri
dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set
instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware). Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa
jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh
sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada
manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika
tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann
menggambarkan komputer dengan
empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan
oleh berkas kawat, "bus".
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem
komputer terbagi 3, yang
tidak
bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Processing Device
Input Device
Output Device
Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
Operating System
Application Program
Language Program
3. Brainware ( Orang Yang
MengoperasikanKomputer )
a.
Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan
dapat kita sentuh secara
fisik,
seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat
keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan
perintah yang ada padanya,
yang
disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang
dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan
berbagai aktifitas kepada mesin yang
dimengerti
oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan
perintah yang didapatkan olehnya.
Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit )
berperanan untuk memproses
arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan
laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti
pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan
peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan
berkaitan. Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC
- Integrated Circuit), yang
biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki fungsi adalah
program-program yang disimpan
dalam
memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi
tersebut dan mengeksekusinya
satu
persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan
instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute ). CPU memiliki dua
bagian utama, yaitu:
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic
Logic Unit
(ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik
yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan dari suatu
operasi logika sesuai dengan
instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan
menggunakan operator logika
tertentu,
yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (_), kurang dari (<),
kurang atau sama dengan (_), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama
dengan (_) ALU juga dapat
melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan
semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot
dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur
dan mengendalikan semua peralatan
yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data
diolah serta kapan ditampilkan
pada alat output. Mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer.
Membawa data dari alat input
ke memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah.
Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil
pengolahan data kembali ke
memori
utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat
output.
Selain itu CPU juga memiliki
beberapa alat penyimpanan
yang berukuran kecil yang disebut dengan Register yang
memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dengan kecepatan akses cukup tinggi, yang
digunakan untuk menyimpan
data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya
yang menunggu giliran
untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
Banyak register dalam CPU,
masing-masing sesuai dengan
fungsinya yaitu :
1. Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan instruksi
yang sedang
diproses.
2. Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat
lokasi dari memori
utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi,
isi PC diubah menjadi
alamat dari memori utama yang berisi
instruksi
berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya kegunaan umum yang
berhubungan dengan
data yang sedang diproses. Contoh, yang digunakan untuk menampung data disebut
operand register,
untuk menampung hasil disebut accumulator.
4. Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil
pengiriman dari memori utama ke CPU
atau
menampung data yang akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan
oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan untuk menampung alamat
data atau instruksi
pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan. Selain register,
beberapa CPU menggunakan
suatu
cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar
kerja CPU lebih efisien. Tanpa
cache
memory, CPU akan menunggu sampai data/instruksi diterima dari memori utama,
atau menunggu hasil
pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru proses selanjutnya
bisa dilakukan. Padahal proses
dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak
waktu terbuang.
Dengan adanya cache memory, sejumlah
blok
informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan
selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan
dengan cache memory.
Input and Output Device
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi
dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik
(hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab
keyboard, monitor dan
disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer,
scanner, dan sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data
yang bisa diolah lebih lanjut oleh
sistem
komputer digital.
Alat output, men-decode data ke
dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
1. Input Device
Input Device adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi
sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya
adalah :
Keyboard
Pointing Device
_ Mouse
_ Touch screen
_ Digitizer Grapich Tablet
Scanner
Microphone
2. Output Device
Output Device adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi
untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Alatnya antara lain adalah :
Monitor
Printer
Speaker
Storage Device
Register CPU berukuran kecil
sehingga tidak dapat menyimpan
semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan
berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal Storage
Adalah media penyimpanan yang
terdapat didalam komputer
yaitu :
RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita olah
untuk sementara
waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus
isinya ). Struktur RAM
terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat
input.
2. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi
program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil
pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data
yang akan ditampilkan ke
alat
output.
ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan
berguna sebagai
penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya
dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu
ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yang
terdiri dari program
pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian
tombol kunci papan
ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program.
Program bootstrap diperlukan pada
saat
pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold
booting atau warm booting.
Dimungkinkan untuk merubah isi ROM,
dengan cara memprogram
kembali, yaitu :
1. PROM (Programmable Read Only
Memory), yang hanya
dapat diprogram satu kali.
2. EPROM (Erasable Programmable Read
Only Memory),
dapat dihapus dengan sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali
berulang-ulang.
3. EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read
Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat
diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi
penulisan, pembacaan
& penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
Floppy Disk
Hard Disk
CD Room
DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi
program yang berfungsi
menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang
disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang
disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan
oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh
komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Operating System
Sistem operasi atau operating
system ialah Program
dasar
pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Perangkat lunak yang
dihubungkan dengan
pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada
beberapa macam system operasi
diantaranya
adalah :
_ Linux
_ Windows
_ Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk
(tetapi tidak hanya) mengurus
penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan,
memori, serta penginstalan dan
pembuangan
software. Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O)
yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program
lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis
program untuk suatu mesin
tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.
Application Program
Yaitu program komputer yang siap
digunakan atau disebut
juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis
secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan
produktifitas organisasi
atau perusahaan dan
aplikasi untuk produktifitas perorangan. Contoh :
_ Microsoft Word
_ Microsoft Excel
_ CorelDraw X4
_ Dll
Language Program
Language
Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan
oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan
komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak
akan merespon selain menggunakan
bahasa Pemrograman, seperti
:Bahasa komputer yang
digunakan untuk menulis
instruksi-instruksi program untuk
melakukan
suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
_ Visual basic
_ Turbo pascal
_ Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang yang
mengoperasikan sebuah komputer,
karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat
digunakan.
2. Operasi Sistem Komputer
Secara umum, sistem komputer
terdiri atas CPU dan sejumlah device
controller yang terhubung melalui sebuah
bus yang menyediakan akses ke
memori. Umumnya, setiap device
controller bertanggung jawab atas sebuah
hardware spesisfik. Setiap device dan
CPU dapat beroperasi secara konkuren
untuk
mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah
sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory controller
ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer yang lebih
maju, arsitekturnya lebih kompleks.
Untuk
meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data
antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP)
dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal
dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat
dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus
lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus
ini digunakan sebuah bridge.
Tanggung jawab sinkronisasi bus
yang secara tak langsung juga
mempengaruhi
sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai bus
master. Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus
hanya berisi data dari satu buah device. Pada prakteknya bridge dan bus master
ini disatukan dalam sebuah chipset.
Jika
komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan menjalankan bootstrap
program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan dalam ROM yang
berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Chip
CMOS modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak terhapus jika power
dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa elektronik. Lalu
bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input Output System).
Bootstrap program utama, yang
biasanya terletak di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama dan
melakukan inisialisasi terhadap
program
dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware. Bootstrap program utama
kemudian akan mencari dan meload kernel sistem operasi ke memori lalu
dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi. Dari sini program sistem
operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan menentukan apa yang
akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern
biasanya ditandai dengan munculnya
interrupt
dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal tertentu, sedangkan
software mengirim interrupt dengan cara menjalankan system call atau juga dikenal
dengan istilah monitor call . System/Monitor call ini akan menyebabkan trap yaitu
interrupt khusus yang dihasilkan oleh software karena adanya masalah atau
permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini juga sering disebut sebagai
exception.
Setiap interrupt terjadi,
sekumpulan kode yang dikenal sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan
menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk menentukan tindakan
yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu polling yang
membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang ada untuk menyelidiki
sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamat-alamat ISR yang disimpan dalam
array yang dikenal sebagai interrupt vector di mana sistem akan
memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu
untuk menyimpan alamat instruksi yang diinterrupt. Pada komputer lama, alamat
ini disimpan di tempat tertentu yang
tetap,
sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama dengan informasi state
saat itu.
BAB III
PENUTUP
Sistem Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya
(brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan
perangkat keras (hardware).
Komponen
– komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Processing Device
Input Device
Output Device
Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
Operating System
Application Program
Language Program
3. Brainware ( Orang Yang
MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi.
Karena
itu dalam operasi sistem komputer untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan
untuk sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus. Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang
berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan memeriksa
hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya ditandai
dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi
ini disebut Interrupt-driven.
Demikian
yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya
dan mahasiswa pada umumnya. Apabila makalah ini terdapat kekurangan maupun
kesalahan dalam penulisan/pembahasan kami mengucapkan mohon maaf.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.perpus-online.co.cc/makalah-sistem-komputer/
http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyEzpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987.
Terima kasih ya admin udah posting artikel sistem komputer.
ReplyDelete