Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 12, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII Sms 2 Permainan Bola Besar (Bola basket)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                               : SMP Negeri
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 2
Materi Pokok                       : Permainan Bola Besar (Bola basket)
Alokasi Waktu                     : 1 x 3 x 40 Menit 

A.  Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.   Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *)
4.1    Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.

3.1.1.    Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
3.1.2.    Menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
3.1.3.    Menjelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
4.1.1.    Melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
4.1.2.    Menggunakan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket dalam bentuk permainan bola basket yang dimodifikasi.


C.  Tujuan Pembelajaran 
1.     Pertemuan Pertama
a.     Siswa dapat Mengidentifikasikan Variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up
b.     Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak melempar dan menangkap bola permainan bola basket.
c.     Siswa dapat Melakukan dan Menggunakan Variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up  permainan bola basket dalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi.

D.        Materi Pembelajaran
Tema                         ; Permainan Bola Besar
Sub Tema : Variasi dan Kombinasi latihan gerak spesifik Bola Basket

1.     Materi Reguler

1)    Variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dengan operan dari teman.
2)    Variasi dan kombinasi menembak bola ke ring basket dengan tembakan lay-up yang didahului dari menggiring bola.

2.     Materi Remedial
Materi regular yang disederhanakan sedemikan rupa dengan cara di modifikasi baik latihan maupun alat pembelajaran

3.     Materi Pengayaan
Materi regular yang dikembangkan dalam bentuk variasi latihan dan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang disederhanakan.


E.    Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekatan model pembelajaran Problem Bsaed Learning dan Disovery Learning

F.   Media dan Alat / Bahan
1.     Media Pembelajaran :
a.          Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.
b.          Model siswa atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket permainan bola basket.

2.     Alat Pembelajaran :
a.          Bola basket atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
b.          Lapangan permainan bola basket atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli atau halaman sekolah).
c.          Rintangan (corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu).
d.          Peluit dan Stopwatch.
e.          Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G.      Sumber Belajar :
a.         Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 12 - 18; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b.         Muhajir, dkk, Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Bola basket, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1. Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2. Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4. Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5. Guru mempertanyakan “Siapa pemain bola basket idola kalian?”, Apa jenis keterampilan gerak permainan bola basket?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket.
7. Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
8. Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.      Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket
20 menit

Inti
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
1)     Siswa mengamati melaluiideo atau pun suatu kelompok melakukan permainan bola basket .
2)     Siswa mengamati keterampilan gerak yang ada dalam permainan bola basket.
3)    Siswa mengamati keterampilan gerak dasar permainan bola basket melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru
100 menit
Tahap 2 Organisasi Belajar
1)  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan klasifikasi apa yang telah diamati.
2)  Siswa saling mempertanyakan “bagaimana menagkap bola operan dengan ketinggian sesuai bentangan lengan?
3)  Siswa saling mempertanyakan “bagaimana di dribbling mendekati ring ?
4)  Siswa saling mempertanyakan “bagaimana bola dilindungi untuk di shoot sambil melayang ?
5)  Siswa saling mempertanyakan “bagaimana pola langkah lay up shoot ?
6)  Siswa saling mempertanyakan “bagaimana bola dilepas sambil melayang ?
7)  Siswa saling mempertanyakan “bagaimana pola langkah, tangkapan bola dan pelepaan bola ke ring pada teknik lay up shoot ?
8)  Siswa menggembangkan penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber
Tahap 3 Penyelidikan Individu atau kelompok
1)  Siswa diberi kebebasan mencari informasi tentan permasalahan yang dipertanyakan dalam permaianan bola basket.
2)  Siswa mengolah hasil peyelidikannya bersama denggan kelompoknya
3)  Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)  Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan dalam formasi berbanjar. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya
Tahap 4 Penggembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
1)  Siswa menyampaikan informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak dasar spesifik variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket
2)  Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket
3)  Siswa menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket
4)  Siswa menarik kesimpulan dan menyusun bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan solusi mereka tentang variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
1)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak menangkap bola etinggi bentanggan lengan secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak mendribbling bola dengan pola langkah lay up secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak ke kiri, ke kanan, ke depan, dan kebelakang. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak melepas bola untuk shoot disaat melayang secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan dalam formasi segitiga. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan dalam formasi berbanjar. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.

Penutup

1.  Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.  Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.  Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bola basket.
4.  Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain bola basket, manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.  Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit


I.  Penilaian Pembelajaran
1.    Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah                            :
Kelas/Semester                           : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran        : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6







2.    Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Bola Basket
1.     Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan bola basket
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan bola basket
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan bola basket
Uraian




Uraian



Uraian
1




1



1

2)       Bentuk Instrumen
Nama                            : ...........................................................
Kelas                             : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
Sebutkan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!


2.
Konsep
Jelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!


3.
Prosedur
Jelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up permainan bola basket!



3)    Pedoman penskoran
a)                        Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

b)                        Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

c) Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

d)                        Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)       Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan siswa: SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
-
86
A
Sangat Baik
2
85
-
71
B
Baik
3
70
-
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang







b.          Penugasan
1)    Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                                  : SMPN
Kelas/ Semester                 : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                               : 2017/2018
Mata Pelajaran                                 : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan bola basket
Siswa dapat menjelaskan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up pada permainan bola basket
Penugasan

2)    Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar menembak lay up dalam permainan bola basket dan sertakan gambarnya!

3.             Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan bola baket sesuai dengan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menembak lay up dalam permainan bola baket
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, dan menembak ke ring basket permainan bola basket. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal

3)    Pedoman penskoran
(1)       Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       pandangan mata ke arah datangnya bola
(b)       badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)        lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)       Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       bola didorong dari depan
(b)       kedua lengan lurus ke depan
(c)        badan dicondongkan ke depan
(d)       pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)       Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       badan tetap condong ke depan
(b)       pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(c)        kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Kriteria Penilaian Produk Shoot
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
… > 20 masuk
… > 17 masuk
100%
Sangat Baik
17 – 19 masuk
14 – 16 masuk
90%
Baik
14 – 16 masuk
11 – 13 masuk
80%
Cukup
11 – 13 masuk
8  – 10 masuk
70%
Kurang
…… < 11 masuk
… < 8 masuk
60%
Kurang Sekali


Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
-
86
A
Sangat Baik
2
85
-
71
B
Baik
3
70
-
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








4.             Program Remedial dan Pengayaan
a.     Remedial
1.     Keterampilan
Materi regular yang disederhanakan sedemikan rupa dengan cara di modifikasi baik latihan maupun alat pembelajaran

Format Remedial
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket


1








2








3








4








5

















2.       Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan Bola Basket !
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket !

b.     Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts