Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 19, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TEMA Budaya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

Nama Lembaga                       :
Semester/Bulan/Minggu          : I /     / 6
Hari/tanggal                            : Senin, 17 Oktober 2016
Kelompok Usia                       : B (5-6 tahun)
Tema/Sub Tema                      : Budaya/Pakaian Adat
Pendekatan                             : Kelompok

A.      Tujuan/Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
1.1  Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

B.       Materi Pelajaran : Mengenal Pakaian Adat
1.      Materi kegiatan
a.       Tanya jawab tentang jenis-jenis pakaian adat
b.      Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.       Menghitung gambar pakaian adat
d.      Mencocok gambar baju adat
e.       Mewarnai gambar baju adat

C.      Alat, Bahan dan Sumber
1.      Gambar pakaian adat
2.      Lembar kerja siswa

D.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Pembukaan + 30 menit
a.       Sesuai dengan SOP Pembukaan
b.      Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.       Mengamati jenis-jenis pakaian adat
d.      Berdiskusi tentang pakaian adat
e.       Berdiskusi jumlah pakaian adat
f.       Memiliki sikap kreatif
g.      Memiliki sikap toleran

2.      Kegiatan Inti + 30 menit
a.       Tanya jawab tentang jenis-jenis pakaian adat
b.      Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.       Menghitung gambar pakaian adat
d.      Menyebutkan jenis-jenis pakaian adat
e.       Mewarnai gambar pakaian adat

3.      Recalling
a.       Merapihkan mainan
b.      Diskusi mengenai perasaan diri selama melaksanakan kegiatan main
c.       Bila ada perilaku yang kurang tepat didiskusikan bersama
d.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karya
e.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

4.      Istirahat + 30 menit
a.       Bermain dengan menggunakan APE luar
b.      Cuci tangan, berdo’a, makan bersama teman

5.      Penutup
a.       Evaluasi
b.      Informasi kegiatan besok
c.       Do’a setelah belajar




E.       Rencana Penilaian
1.      Indikator Penilaian
Lingkup Perkembangan
Kompetensi Dasar
Indikator
1.     Nilai-nilai agama dan moral
2.     Motorik


3.     Kognitif

4.     Bahasa
5.     Sosial Emosional
6.     Seni

Menyadari bahwa beragam suku bangsa, beragam pakaian adat

Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
Anak menyebut jenis-jenis pakaian adat
Dapat mengetahui jumlah gambar pakaian adat
Dapat mengetahui nama-nama pakaian adat
Menghargai budaya/adat istiadat orang lain

Anak menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
Dapat mewarnai gambar pakaian adat

2.      Teknik Penilaian
a.    Catatan hasil karya
b.    Catatan anekdot
c.    Skala Capaian Perkembangan


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts