RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
Nama Lembaga :
Semester/Bulan/Minggu :
I / / 6
Hari/tanggal :
Senin, 17 Oktober 2016
Kelompok Usia :
B (5-6 tahun)
Tema/Sub Tema :
Budaya/Pakaian Adat
Pendekatan :
Kelompok
A. Tujuan/Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
1.1 Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.1 Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
2.3 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
2.4 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
B. Materi Pelajaran : Mengenal Pakaian Adat
1.
Materi kegiatan
a.
Tanya jawab tentang jenis-jenis pakaian adat
b.
Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.
Menghitung gambar pakaian adat
d.
Mencocok gambar baju adat
e.
Mewarnai gambar baju adat
C. Alat, Bahan dan Sumber
1.
Gambar pakaian adat
2.
Lembar kerja siswa
D. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pembukaan + 30 menit
a.
Sesuai dengan SOP Pembukaan
b.
Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.
Mengamati jenis-jenis pakaian adat
d.
Berdiskusi tentang pakaian adat
e.
Berdiskusi jumlah pakaian adat
f.
Memiliki sikap kreatif
g.
Memiliki sikap toleran
2.
Kegiatan Inti + 30 menit
a.
Tanya jawab tentang jenis-jenis pakaian adat
b.
Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.
Menghitung gambar pakaian adat
d.
Menyebutkan jenis-jenis pakaian adat
e.
Mewarnai gambar pakaian adat
3.
Recalling
a.
Merapihkan mainan
b.
Diskusi mengenai perasaan diri selama
melaksanakan kegiatan main
c.
Bila ada perilaku yang kurang tepat didiskusikan
bersama
d.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karya
e.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
4.
Istirahat + 30 menit
a.
Bermain dengan menggunakan APE luar
b.
Cuci tangan, berdo’a, makan bersama teman
5.
Penutup
a.
Evaluasi
b.
Informasi kegiatan besok
c.
Do’a setelah belajar
E. Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian
Lingkup Perkembangan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
Nilai-nilai agama dan moral
2.
Motorik
3.
Kognitif
4.
Bahasa
5.
Sosial Emosional
6.
Seni
|
|
Menyadari bahwa beragam suku
bangsa, beragam pakaian adat
Anak
terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
Anak
menyebut jenis-jenis pakaian adat
Dapat
mengetahui jumlah gambar pakaian adat
Dapat
mengetahui nama-nama pakaian adat
Menghargai
budaya/adat istiadat orang lain
Anak
menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
Dapat
mewarnai gambar pakaian adat
|
2. Teknik Penilaian
a.
Catatan hasil karya
b.
Catatan anekdot
c.
Skala Capaian Perkembangan
No comments:
Post a Comment