Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 12, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII sms 2 (Kebugaran Jasmani)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               : SMP Negeri
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 2
Materi Pokok                       : Kebugaran  Jasmani
Alokasi Waktu                     : 1 x 3 x 40 Menit

A.            Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Materi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Materi
3.5.    Menganalisis konsep latihan, pengukuran, dan  hasil pengembangan  komponen  kebugaran jasmani.
4.5      Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan  analisis hasil  latihan pengembangan  komponen kebugaran jasmani.
3.5.1       Mengidentifikasikan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kebugaran terkait kesehatan seperti; (daya tahan tubuh, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan kebugaran terkait keterampilan seperti; (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi).
3.5.2       Menjelaskan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kebugaran terkait kesehatan seperti; (daya tahan tubuh, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan kebugaran terkait keterampilan seperti; (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi).
3.5.3       Menjelaskan cara melakukan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kebugaran terkait kesehatan seperti; (daya tahan tubuh, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan kebugaran terkait keterampilan seperti; (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi).
4.5.1       Melakukan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kebugaran terkait kesehatan seperti; (daya tahan tubuh, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan kebugaran terkait keterampilan seperti; (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi).
4.5.2       Menggunakan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kebugaran terkait kesehatan seperti; (daya tahan tubuh, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan kebugaran terkait keterampilan seperti; (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) dalam bentuk sirkuit training.


C.            Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem    sirkuit.
b.       Siswa dapat menjelaskan berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit.
c.        Siswa dapat melakukan dan menggunakan  berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit dalam bentuk sirkuit training.

D.       Materi Pembelajaran
Tema                            : Olahraga permainan aktivitas kebugaran jasmani
Sub tema     : Aktivitas Kebugaran JAsmani komponen daya tahan, Kekuatan dan Kelenturan

1.         Materi Reguler
1.          Berbagai macam bentuk latihan daya tahan tubuh
2.          Berbagai macam bentuk latihan kekuatan otot
3.          Berbagai macam bentuk latihan kelenturan
4.          Perlombaan latihan kebugaran jasmani dengan menggunakan sirkuit training
5.          (Untuk lebih rinci materi selengkapnya dapat dibaca pada Buku Guru PJOK Kelas VIII halaman 210 sampai 217)
Materi Remedial
Materi regular yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara memodifikasi bentuk latihan dan atau alat media pembelajaran

Materi Pengayaan
Materi regular yang  dikembangkan dengan cara latihan yang menyerupai sesungguhnya dengan alat / media yang ada.

E.       Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekatan  Model pembelajaran Discovery Learning

F.         Media dan Alat / Bahan
1.          Media Pembelajaran :
a.     gerak keterampilan bentuk latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit.
b.     Model peserta didik atau guru yang memperagakan gerak keterampilan bentuk latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kekuatan, kelenturan dan daya tahan.
2.           Alat Pembelajaran :
a.     Lapangan olahraga atau halaman sekolah.
b.     Palang tunggal
c.     matras
d.     Peluit dan Stopwatch.
e.     Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G.      Sumber Pembelajaran
a.     Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 171 sampai 183; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
b.     Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 209 sampai 216; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
c.     Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 104 - 112; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
d.     Bahan Ajar Pembelajaran Aktivitas kebugaran jasmani, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.

H.      Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (bermain mencari teman).
5.     Guru mempertanyakan “Apa manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani?”, Apa bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.     Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
7.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu: berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kebugaran terkait kesehatan seperti; (daya tahan tubuh, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan).
8.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.     Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Peserta didik mengamati bentuk-bentuk latihan daya tahan, kekuatan dan kelenturan dalam bentuk sirkuit training melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Peserta didik mengamati bentuk-bentuk latihan daya tahan, kekuatan dan kelenturan dalam bentuk sirkuit training melalui pengamatan vidio dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan latihan daya tahan, yang dimediasi oleh guru?
4)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan latihan kekutan, yang dimediasi oleh guru?
5)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan latihan kelenturan, yang dimediasi oleh guru?
6)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan latihan Daya tahan, kekuatan dan kelenturan dalam bentuk sirkuit training, yang dimediasi oleh guru?
85 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)    Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)    Kelompok pelaku melakukan tugas latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit
4)    Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)    Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)    Peserta didik mempraktikkan bentuk-bentuk latihan daya tahan secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya
2)    Peserta didik mempraktikkan bentuk-bentuk latihan kekuatan secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)    Peserta didik mempraktikkan bentuk-bentuk latihan kelenturan secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)    Peserta didik mempraktikkan bentuk-bentuk latihan Daya tahan, kekuatan dan kelenturan secara berkelompok dalam bentuk sirkuit training mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan bentuk latihan daya tahan, kekuatan dan kelenturan pada komponen kebugaran jasmani
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari bentuk latihan Daya tahan, kekuatan dan kelenturan pada komponen kebugaran jasmani
3)    Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan bentuk latihan daya tahan, kekuatan dan kelenturan pada komponen kebugaran jasmani mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa menerapkan bentuk latihan daya tahan, kekuatan dan kelenturan pada komponen kebugaran jasmani dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis passing yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan gerak passing bawah
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1. Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2. Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3. Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan latihan.
4. Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang bentuk latihan daya tahan, kekuatan dan kelenturan pada komponen kebugaran jamani, otot-otot yang dominan bekerja saat latihan, manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit

I.              Penilaian Pembelajaran
1.     Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah                  :
Kelas/Semester : VIII/ Semester 1
Tahun Pelajaran               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.    Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3.5    Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya.

Kebugaran Jasmani
1.     Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit
Uraian






Uraian






Uraian
1






1






1


2)       Bentuk Instrumen
Nama                            : ...........................................................
Kelas                             : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
Sebutkan macam-macam bentuk latihan yang berkaitan dengan kesehatan seperti (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) !


2.
Konsep
Jelaskan macam-macam bentuk latihan yang berkaitan dengan kesehatan seperti (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)!


3.
Prosedur
Jelaskan cara melakukan bentuk latihan yang berkaitan dengan kesehatan seperti (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)!


3)       Pedoman Penskoran
a)         Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)         Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)           Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)         Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)    Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








b.          Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan

Nama Sekolah                               : SMPN
Kelas/ Semester                              : VIII/ Semester 1
Tahun Pelajaran                            : 2017/2018
Mata Pelajaran                              : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.5  Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya
Kebugaran Jasmani
Siswa dapat menjelaskan berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit
Penugasan

2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit sertakan pula gambarnya!

3.                  Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi   lomba  sesuai dengan berbagai bentuk latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lakukan latihan kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Keempurnaan gerakan
Pelkasanaan gerakan
Kecepatan gerakan
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                
 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal

3)       Pedoman penskoran
(1)  Kesempurnaan Gerak
Skor Baik jika : Gerakan yang dilakukan benar
(2)  Pelaksanaan Gerak
Skor Baik jika : Jumlah gerakan yang dilakukan esuai
(3)  Kecepatan Gerakan
Skor Baik jika : Rangkaian tugas gerak dilaksanakan ddengan benar dan cepat

Penilaian produk/prestasi tes kebugaran jasmani siswa Putera SMP
Lari 60 m
Gantung/ Angkat tubuh
Baring duduk
Loncat tegak
Lari 1.200 m
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
.. < 7.2 dtk
.. > 19 kali
.. > 41 kali
….. > 73
.. < 3.14 mnt
100%
Sangat Baik
7.3 – 8.3 dtk
14 – 18 kali
30 – 40 kali
60 – 72
3.15 – 4.25 mnt
90%
Baik
8.4 – 9.6 dtk
9 – 13 kali
21 – 29 kali
50 – 59
4.26 – 5.12 mnt
80%
Cukup
9.7–11.0 dtk
5 – 8 kali
10 – 20 kali
39 – 49
5.13 – 6.33 mnt
70%
Kurang
….. > 11 dtk
….. < 5 kali
….. <  10 kali
….. < 39
….. > 6.33 mnt
60%
Kurang Sekali

Penilaian produk/prestasi tes kebugaran jasmani siswa Puteri SMP
Lari 60 m
Gantung/Siku tekuk
Baring duduk
Loncat tegak
Lari 1.200 m
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
.. < 8.4 dtk
.. > 41 kali
…. > 28 kali
…. > 50
. < 3.52 mnt
100%
Sangat Baik
8.5 – 9.8 dtk
22 – 40 kali
20 – 28 kali
39 – 49
3.53 – 4.56 mnt
90%
Baik
9.9 – 11.4 dtk
10 – 21 kali
10 – 19 kali
31 – 38
4.57 – 5.58 mnt
80%
Cukup
11.5 –13.4 dtk
3 – 9 kali
3 – 9 kali
23 – 30
5.59 – 7.23 mnt
70%
Kurang
… > 13.4 dtk
….. < 3 kali
….. <  3 kali
….. < 23
….. > 7.23 mnt
60%
Kurang Sekali

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
-
86
A
Sangat Baik
2
85
-
71
B
Baik
3
70
-
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








4.         Program Remedial dan Pengayaan
a.       Remedial
1.       Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.       Pengetahuan
a.  Jelaskan Komponen-komponen kebugaran jasmani !

b.       Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan pada bentuk latihan sirkuit dan atau latihan dengan beban.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts