RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Sekolah                                 :
SMP Negeri  
Mata Pelajaran                       :
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :
VIII / 2
Materi Pokok                         :
Permainan Bola besar (Bolavoli)
Alokasi Waktu                       :
1 x 3 x 40 Menit  
A.  Kompetensi Inti
| 
   
1. 
 | 
  
   
Menghargai dan menghayati ajaran agama
  yang dianutnya.   
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
  disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
  diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
  dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
 | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual
  dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 
 | 
 
| 
   
4. 
 | 
  
   
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam
  ranah konkret (menggunakan, mengurai, 
  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
  membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
  di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori. 
 | 
 
B.  
Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
 
| 
   
3.1Memahami
  konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau
  tradisional. *) 
4.1    Mempraktikkan gerak spesifik dalam
  berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   
3.1.1.    Mengidentifikasikan berbagai
  variasi
  dan kombinasi keterampilan
  gerak spesifik passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli. 
3.1.2.    Menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik
  passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli.  
3.1.3.    Menjelaskan cara melakukan
  berbagai variasi
  dan kombinasi keterampilan
  gerak spesifik passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli. 
4.1.1.    Melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik
  passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli.  
4.1.2.    Menggunakan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik
  passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli dalam bentuk
  permainan bola voli yang dimodifikasi. 
 | 
 
C.  Tujuan Pebelajaran
1.    
Pertemuan Pertama
a.       Siswa dapat Mengidentifikasikan Variasi dan kombinasi passing
bawah dalam permainan bola voli
b.       Siswa dapat Menjelaskan Variasi dan kombinasi passing
bawah dalam permainan bola voli
c.       
Siswa dapat melakukan dan menggunakan
Variasi dan
kombinasi passing bawah dalam permainan bola voli yang
dimodifikasi
D.  Deskripsi Materi Pembelajaran 
Tema                        : Permainan Bola Besar
Sub Tema                                : Aktivitas
Variasi dan Kombinasi Teknik dasar Bola Voli
Materi Reguler
1)       Variasi dan kombinasi passing
bawah secara berpasangan dan berhadapan di tempat.
Materi Remedial
Materi Reguler yang
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.             
Gerak dasar passing bawah 
dengan cara melempar ke dinding
Materi Pengayaan
Melakukan gerak dasar
passing bawah dalam sebuah permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang
disederhanakan.
E.Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Model Pembelajaran Discovary Learning
F. Media dan Alat / Bahan 
1.        
Media Pembelajaran 
a.         
Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak servis atas, passing bawah permainan bola voli.
b.         
Model siswa atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi
keterampilan gerak servis atas, passing bawah permainan bola voli.
2.        
Alat Pembelajaran :
a.         
Bola voli atau bola sejenisnya (bola terbuat dari karet, dll).
b.         
Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya
(lapangan bola basket atau halaman sekolah).
c.         
Net permainan bola voli atau seutas tali.
d.         
Peluit dan Stopwatch.
e.         
Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh
MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G. Sumber
Pembelajaran
a.    Roji dan Eva, Buku Siswa Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal
……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
b.    Roji dan Eva, Buku Guru
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum
2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
c.    Muhajir, Buku Penuntun
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum
2013, hal 19 - 27; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
d.    Bahan Ajar Pembelajaran
Permainan Bola voli, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H. Kegiatan Pembelajaran 
| 
   
KEGIATAN 
 | 
  
   
DESKRIPSI 
 | 
  
   
WAKTU 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.     
  Berbaris,
  memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi. 
2.     
  Guru
  mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa
  bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada
  di pinggir lapangan olahraga. 
3.     
  Guru
  meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan
  yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan
  secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan.
  Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika
  terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat
  kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan
  tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik
  yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk
  mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk
  menciptakan ruang gerak persendian lebih luas. 
4.     
  Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan
  sebelum ke materi pembelajaran (lempar bola ke sasaran/ petak lapangan lawan
  dengan melewati net). 
5.     
  Guru
  mempertanyakan “Siapa permainan bola voli idola kalian?”, Apa jenis
  keterampilan gerak permainan bola voli?, dan pertanyaan lainnya yang relevan. 
6.     
  Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : variasi dan
  kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli. 
7.     
  Guru
  menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari. 
8.     
  Guru
  menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan
  (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum
  Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
   
9.     
  Guru
  menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan
  passing bawah dalam permainan bola voli 
 | 
  
   
20 menit 
 | 
 |
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan 
 | 
  
   
1)    
  Peserta didik mengamati variasi dan
  kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru. 
2)    
  Peserta didik mengamati variasi dan
  kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru. 
3)    Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing
  bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru 
4)    Siswa mengamati variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing
  bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan Siswa lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru. 
5)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan 
  dengan keterampilan
  gerakpassing bawah 
 | 
  
   
85 menit 
 | 
 
| 
   
Tahap 2 Merencanakan 
 | 
  
   
1)  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
  untuk melakukan pengamatan dan eksperimenyang mempunyai peran masing-masing 
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa
  kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu
  kelompok sebagai pelaku 
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas keterampilan gerak passing bawah 
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja
  siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati 
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang
  menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan
  melakukan dengan durasi yang sama. 
 | 
 ||
| 
   
Tahap 3 Menggumpulkan dan
  menganalisis data 
 | 
  
   
1)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi
  keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara berpasangan mencari
  jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin, guru menyampaikan
  arti penting kerja sama, sportifitas,
  tanggung jawab, dan disiplin yang
  dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling
  mengoreksi kesalahan temannya. 
2)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi
  keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara berpasanganmencari
  jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin, guru menyampaikan
  arti penting kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas
  Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya. 
3)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi
  keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara
  berkelompok(bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
  menunjukkan nilai kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin yang dilakukan
  sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan
  temannya. 
4)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi
  keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara
  berkelompok(bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
  menunjukkan nilai kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin yang dilakukan
  sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan
  temannya. 
 | 
 ||
| 
   
Tahap 4 Menaarik kesimpulan 
 | 
  
   
1)  Siswa mendiskusikan data yang diperoleh
  selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak dasar variasi dan
  kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli 
2)  Siswa mencatat hasil temuan baik
  kelemahan dan kelebihan dari variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing
  bawah permainan bola voli, mulai dari titik perkenaan bola denganpergelangan,
  posisi ayunan lengan dengan bola dan posisi tubuh pada saat perkenan lengan
  terhadap arah bola. 
3)  Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan
  yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka 
 | 
 ||
| 
   
Tahap 5 Penerapan dan tindak
  lanjut 
 | 
  
   
1)  Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi
  keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara
  berkelompok(bermain 3 lawan 4) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
  menunjukkan nilai kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin yang dilakukan
  sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan
  temannya. 
2)  Siswa menerapkan variasi dan kombinasi
  keterampilan gerak passing bawah permainan bola volidalam bermain bola voli
  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin, dan guru mengamati
  Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat
  menghubungkan jenis passing yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai,
  misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek,
  maka Siswa akan melakukan gerak passing bawah 
3)  Guru mengamati jalannya permainan, bila
  ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak
  mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan
  menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain. 
 | 
 ||
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.     Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru
  melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya. 
2.     Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh
  Siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat
  melakukan praktik. 
3.     Guru menginformasikan kepada Siswa yang
  paling baik penampilannya selama melakukan permainan bola voli. 
4.     Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan
  membuat catatan tentang keterampilan gerak passing bawahdalam
  permainan  bola voli, otot-otot yang
  dominan bekerja saat bermainbola voli, manfaat permainan bola voli terhadap
  kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas
  portofolio. 
5.     Berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa dan
  menyampaikan salam. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 |
I. Penilaian 
1.    Penilaian Sikap Spritual
dan sosial
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah            :
Kelas/Semester           :
VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran        :
2017/2018
| 
   
No 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Nama
  Siswa 
 | 
  
   
Catatan
  Perilaku 
 | 
  
   
Butir
  Sikap 
 | 
  
   
Tanda
  Tangan 
 | 
  
   
Tindak
  Lanjut 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
2.   
Penilaian Pengetahuan 
a.         
Tes
Tertulis
1)   
Kisi-kisi
| 
    
No 
 | 
   
    
Kompetensi
   Dasar 
 | 
   
    
Materi 
 | 
   
    
Indikator
   Pencapaian Kompetensi 
 | 
   
    
Bentuk
   Soal 
 | 
   
    
Jumlah
   Soal 
 | 
  
| 
   | 
  
   
3. 1. Memahami konsep 
  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau
  tradisional.* 
 | 
  
   
Permainan Bola
  voli 
 | 
  
   
1.    
  Siswa dapat mengidentifikasi berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, permainan bola voli. 
2.    
  Siswa dapat Menjelaskan konsep berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, permainan bola voli. 
3.    
  Siswa dapat Menjelaskan cara berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah permainan bola voli. 
 | 
  
   
Uraian 
Uraian 
Uraian 
 | 
  
   
1 
1 
1 
 | 
 
2)    Bentuk soal 
Nama               :
...........................................................
Kelas                                :
...........................................................
| 
   
No 
 | 
  
   
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS 
 | 
  
   
Jawaban 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
ebutkan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan passing
  bawah permainan bola voli! 
a.      Sebutkan berbagai variasi
  dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli! 
b.      Sebutkan berbagai variasi
  dan kombinasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi passing bawah secara berkelompok dengan
  menggunakan lapangan sesungguhnya permainan bola voli! 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Konsep 
a.      Jelaskan berbagai variasi
  dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli! 
b.      Jelaskan berbagai variasi
  dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli! 
 | 
  
   | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Prosedur 
a.      Jelaskan cara melakukan
  berbagai variasi dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli! 
b.      Jelaskan cara melakukan
  berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli! 
 | 
  
   | 
 
3)    Pedoman
penskoran
a)        
Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salahtapi
berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
b)        
Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salahtapi
berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
c)          
Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salahtapi
berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
d)        
Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salahtapi
berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
4)       Pengolahan
skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang nilai
pengetahuan:
| 
   
No 
 | 
  
   
Rentang 
 | 
  
   
Predikat 
 | 
  
   
Sebutan 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
100 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
86 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   
Sangat Baik 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
85 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
71 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
Baik 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
70 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
56 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
Cukup 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
55 
 | 
  
   
≤ 
 | 
  
   
D 
 | 
  
   
Kurang 
 | 
 |
b.         
Penugasan
1)    Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                     :
SMPN
Kelas/ Semester                    :
VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                  :
2017/2018
Mata Pelajaran                    :
PJOK
| 
   
No 
 | 
  
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Teknik
  Penilaian 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
3. 1. Memahami konsep 
  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau
  tradisional.* 
 | 
  
   
Permainan Bola
  voli 
 | 
  
   
Siswa dapat menjelaskan berbagai variasi dan
  kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli 
 | 
  
   
Penugasan 
 | 
 
2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar passing dan servis dalam permainan
bola voli dan sertakan gambarnya!
3.   
Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
| 
   
No 
 | 
  
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Butir instrument 
 | 
  
   
Waktu Pelaksanaan 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
Tugas
  (Keterampilan) 
 | 
  
   
Siswa melakukan
  modifikasi  permainan bola sesuai
  dengan berbagai
  variasi dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli 
 | 
  
   
Setelah
  pembelajaran usai 
 | 
  
   
Penilain
  Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning ) 
 | 
 
2) Bentuk Tes
Lakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak
servis atas, passing bawah permainan bola voli. Unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan
gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Sikap Awal 
 | 
  
   
Sikap Pelaksanaan 
 | 
  
   
Sikap Akhir 
 | 
  
   
Jml 
 | 
  
   
N. Proses 
 | 
  
   
N. Produk 
 | 
  
   
N. Akhir 
 | 
 ||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
∑ 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
∑ 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
∑ 
 | 
 ||||||
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   = 
----------------------------------------- X 100%
                                                                 Jumlah skor maksimal
3)    Pedoman penskoran
(1)       Sikap awalan melakukan
gerakan
Skor Baik jika :
(a)       ambil posisi sikap siap normal.
(b)       pada saat tangan akan dikenakan pada bola,
segera tangan dan juga lengan diturunkan.
(c)       
tangan
dan lengan dalam keadaan terjulur ke bawah depan dan lurus.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2)       Sikap pelaksanaan
melakukan gerakan 
Skor Baik jika :
(a)       berdiri tegak dengan
kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut direndahkan
(b)       rapatkan dan luruskan
kedua lengan di depan badan
(c)       
dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola
(d)       perkenaan bola yang baik
tepat pada pergelangan tangan
Skor Sedang jika :hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(3)       Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       pandangan mata ke arah
lepasnya/dorongan bola.
(b)       badan sedikit
dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(c)       
lengan yang mempassing bola berada di depan dengan posisi
badan rileks.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
Kriteria Penilaian Produk Passing bawah
| 
   
Perolehan Nilai 
 | 
  
   
Kriteria Pengskoran 
 | 
  
   
Klasifikasi Nilai 
 | 
 |
| 
   
Putera 
 | 
  
   
Puteri 
 | 
 ||
| 
   
…… > 17 kali 
 | 
  
   
…… > 15 kali 
 | 
  
   
100% 
 | 
  
   
Sangat Baik 
 | 
 
| 
   
14 – 16 kali 
 | 
  
   
12 – 14 kali 
 | 
  
   
90% 
 | 
  
   
Baik 
 | 
 
| 
   
11 – 13 kali 
 | 
  
   
9 – 11 kali 
 | 
  
   
80% 
 | 
  
   
Cukup 
 | 
 
| 
   
8 – 10 kali 
 | 
  
   
6 – 8 kali 
 | 
  
   
70% 
 | 
  
   
Kurang 
 | 
 
| 
   
........ <  8 kali 
 | 
  
   
........ <  6 kali 
 | 
  
   
60% 
 | 
  
   
Kurang Sekali 
 | 
 
Rentang nilai
pengetahuan:
| 
   
No 
 | 
  
   
Rentang 
 | 
  
   
Predikat 
 | 
  
   
Sebutan 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
100 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
86 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   
Sangat Baik 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
85 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
71 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
Baik 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
70 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
56 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
Cukup 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
55 
 | 
  
   
≤ 
 | 
  
   
D 
 | 
  
   
Kurang 
 | 
 |
4.   
Program Remedial dan Pengayaan
a.    
Remedial
1.    
Keterampilan
Materi Reguler yang
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.     Gerak dasar passing bawah
dengan cara melempar ke dinding
b.     Gerak dasar passing bawah
dengan cara melempar ke atas dan dipantulkan dengan gerakan passing bawah
Format Remedial
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 
 | 
 |||||||
| 
   
Kelas / Semester 
 | 
  
   
: VIII/2 
 | 
 |||||||
| 
   
Tanggal Ulangan Harian 
 | 
  
   
:
  .................................................................................. 
 | 
 |||||||
| 
   
Tanggal Remidial 
 | 
  
   
:
  .................................................................................. 
 | 
 |||||||
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
L/P 
 | 
  
   
Nilai sebelum  
 | 
  
   
Nilai sesudah 
 | 
  
   
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Ket 
 | 
  ||
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  ||
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  ||
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  ||
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  ||
2.       Pengetahuan 
a.  Jelaskan
teknik-teknik dasar dalam permainan Bolavoli !
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam
permainan bola voli !
a.       Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang
sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.
No comments:
Post a Comment