Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 12, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII sms 2 Permainan Bola besar (Bolavoli)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Sekolah                                 : SMP Negeri 
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                      : VIII / 2
Materi Pokok                         : Permainan Bola besar (Bolavoli)
Alokasi Waktu                       : 1 x 3 x 40 Menit 

A.  Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.   Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *)
4.1    Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.1.1.    Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli.
3.1.2.    Menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli.
3.1.3.    Menjelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli.
4.1.1.    Melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli.
4.1.2.    Menggunakan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, passing atas dan servis atas permainan bola voli dalam bentuk permainan bola voli yang dimodifikasi.

C.  Tujuan Pebelajaran
1.     Pertemuan Pertama
a.       Siswa dapat Mengidentifikasikan Variasi dan kombinasi passing bawah dalam permainan bola voli
b.       Siswa dapat Menjelaskan Variasi dan kombinasi passing bawah dalam permainan bola voli
c.        Siswa dapat melakukan dan menggunakan Variasi dan kombinasi passing bawah dalam permainan bola voli yang dimodifikasi

D.  Deskripsi Materi Pembelajaran

Tema                        : Permainan Bola Besar
Sub Tema                                : Aktivitas Variasi dan Kombinasi Teknik dasar Bola Voli

Materi Reguler
1)       Variasi dan kombinasi passing bawah secara berpasangan dan berhadapan di tempat.

Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.              Gerak dasar passing bawah  dengan cara melempar ke dinding

Materi Pengayaan
Melakukan gerak dasar passing bawah dalam sebuah permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang disederhanakan.


E.Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Model Pembelajaran Discovary Learning


F. Media dan Alat / Bahan
1.         Media Pembelajaran
a.          Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak servis atas, passing bawah permainan bola voli.
b.          Model siswa atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak servis atas, passing bawah permainan bola voli.

2.         Alat Pembelajaran :
a.          Bola voli atau bola sejenisnya (bola terbuat dari karet, dll).
b.          Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket atau halaman sekolah).
c.          Net permainan bola voli atau seutas tali.
d.          Peluit dan Stopwatch.
e.          Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).


G. Sumber Pembelajaran
a.    Roji dan Eva, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
b.    Roji dan Eva, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
c.    Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 19 - 27; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
d.    Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Bola voli, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.


H. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (lempar bola ke sasaran/ petak lapangan lawan dengan melewati net).
5.      Guru mempertanyakan “Siapa permainan bola voli idola kalian?”, Apa jenis keterampilan gerak permainan bola voli?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli.
7.      Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
8.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.      Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)     Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)     Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)    Peserta didik mengamati variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru
4)    Siswa mengamati variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volimelalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan Siswa lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
5)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan gerakpassing bawah
85 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimenyang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas keterampilan gerak passing bawah
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara berpasanganmencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara berkelompok(bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)    Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara berkelompok(bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)  Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak dasar variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli
2)  Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli, mulai dari titik perkenaan bola denganpergelangan, posisi ayunan lengan dengan bola dan posisi tubuh pada saat perkenan lengan terhadap arah bola.
3)  Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)  Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volisecara berkelompok(bermain 3 lawan 4) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)  Siswa menerapkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola volidalam bermain bola voli dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis passing yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan gerak passing bawah
3)  Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh Siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.     Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bola voli.
4.     Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak passing bawahdalam permainan  bola voli, otot-otot yang dominan bekerja saat bermainbola voli, manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.     Berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa dan menyampaikan salam.
15 menit

I. Penilaian
1.    Penilaian Sikap Spritual dan sosial
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah            :
Kelas/Semester           : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran        : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.    Penilaian Pengetahuan
a.          Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Bola voli
1.     Siswa dapat mengidentifikasi berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, permainan bola voli.
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah, permainan bola voli.
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik passing bawah permainan bola voli.
Uraian






Uraian





Uraian
1





1






1

2)    Bentuk soal
Nama               : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
ebutkan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli!
a.      Sebutkan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!
b.      Sebutkan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi passing bawah secara berkelompok dengan menggunakan lapangan sesungguhnya permainan bola voli!

2.
Konsep
a.      Jelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli!
b.      Jelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!


3.
Prosedur
a.      Jelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli!
b.      Jelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!



3)    Pedoman penskoran
a)         Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
b)         Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
c)           Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
d)         Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan

4)       Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
-
86
A
Sangat Baik
2
85
-
71
B
Baik
3
70
-
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang







b.          Penugasan
1)    Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                     : SMPN
Kelas/ Semester                    : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                  : 2017/2018
Mata Pelajaran                    : PJOK

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Bola voli
Siswa dapat menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli
Penugasan



2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar passing dan servis dalam permainan bola voli dan sertakan gambarnya!

3.    Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan bola sesuai dengan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan passing bawah permainan bola voli
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak servis atas, passing bawah permainan bola voli. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap Awal
Sikap Pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                               
 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                                 Jumlah skor maksimal


3)    Pedoman penskoran
(1)       Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       ambil posisi sikap siap normal.
(b)       pada saat tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan juga lengan diturunkan.
(c)        tangan dan lengan dalam keadaan terjulur ke bawah depan dan lurus.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2)       Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut direndahkan
(b)       rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan
(c)        dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola
(d)       perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan
Skor Sedang jika :hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3)       Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(b)       badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(c)        lengan yang mempassing bola berada di depan dengan posisi badan rileks.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Kriteria Penilaian Produk Passing bawah
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 17 kali
…… > 15 kali
100%
Sangat Baik
14 – 16 kali
12 – 14 kali
90%
Baik
11 – 13 kali
9 – 11 kali
80%
Cukup
8 – 10 kali
6 – 8 kali
70%
Kurang
........ <  8 kali
........ <  6 kali
60%
Kurang Sekali



Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








4.    Program Remedial dan Pengayaan
a.     Remedial
1.     Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.     Gerak dasar passing bawah dengan cara melempar ke dinding
b.     Gerak dasar passing bawah dengan cara melempar ke atas dan dipantulkan dengan gerakan passing bawah

Format Remedial
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII/2
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket


1








2








3








4

















2.       Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan Bolavoli !
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli !

a.       Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts