RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
Nama Lembaga                       :
Semester/Bulan/Minggu          :
I / 10 / 12
Hari/tanggal                            :
Selasa, 18 Oktober 2016
Kelompok Usia                       :
B (5-6 tahun)
Tema/Sub Tema                      :
Kebudayaan/Pakaian Adat
Pendekatan                             :
Kelompok
A.      Tujuan/Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
1.1  Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.1 Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
2.3 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
2.4 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
3.1 Memahami bahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
B.       Materi Pelajaran 
1.     
Materi kegiatan
a.      
Menyebutkan nama huruf awal dari gambar pakaian
adat Sunda (kebaya, kampret)
b.     
Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.      
Memasangkan gambar dengan pasangannya
(kebaya-kampret)
d.     
Menjahit bentuk kebaya dan kampret
e.      
Menggambar baju adat
2.     
Materi Pembiasaan
a.      
Bersyukur kepada Allah
b.     
Mengucapkan salam
c.      
Membuang sampah pada tempatnya
d.     
Menggunakan air secukupnya
e.      
Menanamkan sikap mandiri
C.      Alat, Bahan dan Sumber
1.     
Lembar kerja siswa
2.     
Karton, benang wol, buku gambar, pensil warna
D.      Kegiatan Pembelajaran
1.     
Pembukaan + 30 menit
a.      
Sesuai dengan SOP Pembukaan
b.     
Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.      
Mengamati gambar pakaian adat
d.     
Berdiskusi tentang pakaian adat
e.      
Berdiskusi tentang huruf awal dari gambar
pakaian adat
f.      
Memiliki sikap kreatif
g.     
Memiliki sikap hidup sehat
2.     
Kegiatan Inti + 60 menit
a.      
Menyebutkan nama huruf awal dari gambar baju
adat Sunda
b.     
Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.      
Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya
d.     
Menjahit bentuk baju kebaya dan kampret
e.      
Menggambar bentuk kebaya dan kampret
3.     
Recalling
a.      
Merapihkan mainan
b.     
Diskusi mengenai perasaan diri selama
melaksanakan kegiatan main
c.      
Bila ada perilaku yang kurang tepat didiskusikan
bersama
d.     
Menceritakan dan menunjukkan hasil karya
e.      
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
4.     
Istirahat + 30 menit
a.      
Bermain dengan menggunakan APE luar
b.     
Cuci tangan, berdo’a, makan bersama teman
5.     
Penutup
a.      
Evaluasi
b.     
Informasi kegiatan besok
c.      
Do’a setelah belajar
E.       Rencana Penilaian
1.      Indikator Penilaian
| 
   
Lingkup Perkembangan 
 | 
  
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
1.    
  Nilai-nilai agama dan moral 
2.    
  Motorik 
3.    
  Kognitif 
4.    
  Bahasa 
5.    
  Sosial Emosional 
6.    
  Seni 
 | 
  
   | 
  
   
Menyadari bahwa beragam suku
  bangsa, beragam pula kebudayaan/suku adat 
Anak
  terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi 
Anak dapat
  menjahit bentuk baju adat 
Anak
  dapat memasangkan gambar dengan pasangannya 
Anak dapat
  menyebutkan huruf awal dari kebaya dan kampret 
Menghargai
  budaya orang lain 
Anak dapat
  menyanyi lagu satu nusa satu bangsa 
Dapat
  menggambar bentuk kebaya dan kampret 
 | 
 
2.      Teknik Penilaian
a.   
Catatan hasil karya
b.   
Catatan anekdot
c.   
Skala Capaian Perkembangan
No comments:
Post a Comment