Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 19, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TEMA Kebudayaan/Pakaian Adat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

Nama Lembaga                       :
Semester/Bulan/Minggu          : I / 10 / 12
Hari/tanggal                            : Selasa, 18 Oktober 2016
Kelompok Usia                       : B (5-6 tahun)
Tema/Sub Tema                      : Kebudayaan/Pakaian Adat
Pendekatan                             : Kelompok

A.      Tujuan/Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
1.1  Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
3.1 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)

B.       Materi Pelajaran
1.      Materi kegiatan
a.       Menyebutkan nama huruf awal dari gambar pakaian adat Sunda (kebaya, kampret)
b.      Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.       Memasangkan gambar dengan pasangannya (kebaya-kampret)
d.      Menjahit bentuk kebaya dan kampret
e.       Menggambar baju adat
2.      Materi Pembiasaan
a.       Bersyukur kepada Allah
b.      Mengucapkan salam
c.       Membuang sampah pada tempatnya
d.      Menggunakan air secukupnya
e.       Menanamkan sikap mandiri

C.      Alat, Bahan dan Sumber
1.      Lembar kerja siswa
2.      Karton, benang wol, buku gambar, pensil warna

D.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Pembukaan + 30 menit
a.       Sesuai dengan SOP Pembukaan
b.      Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.       Mengamati gambar pakaian adat
d.      Berdiskusi tentang pakaian adat
e.       Berdiskusi tentang huruf awal dari gambar pakaian adat
f.       Memiliki sikap kreatif
g.      Memiliki sikap hidup sehat
2.      Kegiatan Inti + 60 menit
a.       Menyebutkan nama huruf awal dari gambar baju adat Sunda
b.      Menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
c.       Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya
d.      Menjahit bentuk baju kebaya dan kampret
e.       Menggambar bentuk kebaya dan kampret
3.      Recalling
a.       Merapihkan mainan
b.      Diskusi mengenai perasaan diri selama melaksanakan kegiatan main
c.       Bila ada perilaku yang kurang tepat didiskusikan bersama
d.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karya
e.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak
4.      Istirahat + 30 menit
a.       Bermain dengan menggunakan APE luar
b.      Cuci tangan, berdo’a, makan bersama teman
5.      Penutup
a.       Evaluasi
b.      Informasi kegiatan besok
c.       Do’a setelah belajar
E.       Rencana Penilaian
1.      Indikator Penilaian
Lingkup Perkembangan
Kompetensi Dasar
Indikator
1.     Nilai-nilai agama dan moral
2.     Motorik


3.     Kognitif

4.     Bahasa

5.     Sosial Emosional
6.     Seni

Menyadari bahwa beragam suku bangsa, beragam pula kebudayaan/suku adat

Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
Anak dapat menjahit bentuk baju adat
Anak dapat memasangkan gambar dengan pasangannya
Anak dapat menyebutkan huruf awal dari kebaya dan kampret
Menghargai budaya orang lain

Anak dapat menyanyi lagu satu nusa satu bangsa
Dapat menggambar bentuk kebaya dan kampret

2.      Teknik Penilaian
a.    Catatan hasil karya
b.    Catatan anekdot
c.    Skala Capaian Perkembangan

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts