Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 12, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII Sms 2 (Permainan Bola Besar (Sepakbola))


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                          : SMP Negeri
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester               : VIII / 2
Materi Pokok                  : Permainan Bola Besar (Sepakbola)
Alokasi Waktu               : (1 x 3 x 40) 3 JP


A.            Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.            Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *)
4.1    Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.1.1.    Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola.
3.1.2.    Menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola.
3.1.3.    Menjelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak  spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola.
4.1.1.    Melakukan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola.
4.1.2.    Menggunakan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola dalam bentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi.

C.            Tujuan Pembelajaran
a.  Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang, menahan bola dalam permainan sepak bola
b.  Siswa dapat menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang, menahan bola dalam permainan sepak bola
c.   Siswa dapat melakukan dan menggunakan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang dan  menahan bolayang dimodifikasi.

D.            Deskripsi Materi Pembelajaran

Tema                 : Permainan Bola Besar
Sub Tema          : Permainan Sepak Bola


1.     Materi Reguler
1)        Variasi dan kombinasi menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang dengan 4 bidang sasaran.
2)        Variasi dan kombinasi menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang dengan mengumpan dan menerima bola untuk mencetak gol melalui gawang kecil (bendera kecil). (untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada buku siswa 2 sampai 18)


1.         Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan modifikasi latihan Close skill

2.         Materi Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan sedemikian rupa dengan modifikasi latihan Open skill


E.            Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Permainan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Model Pembelajaran Discovary Learning

F.                  Media dan Bahan Belajar
1.     Media Pembelajaran :
a.         Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang, bermain sepak bola dengan teknik sederhana sebagai pemain penyerang, tengah dan belakang permainan sepak bola.
b.         Model siswa atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang, bermain sepak bola dengan teknik sederhana sebagai pemain penyerang, tengah dan belakang permainan sepak bola.
2.     Alat Pembelajaran :
a.     Sepak bola atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
b.     Lapangan permainan sepak bola atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli atau halaman sekolah).
c.     Bendera (corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu).
d.     Peluit dan Stopwatch.
e.     Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G.                Sumber Pembelajaran
a.       Roji dan Eva, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 2 sampai dengan 18; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
b.       Roji dan Eva, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 10 sampai dengan 28; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
c.        Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 19 - 27; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
d.       Muhajir, dkk, Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Sepak bola, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.

H.           Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.    Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.    Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.    Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.    Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (kucing-tikus).
5.    Guru menyampaikan kaitan materi sebelumnya dengan materi pembelajaran  hari ini, yaitu : variasi dan kombinasi keterampilan gerak menendang,  menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola.
6.    Guru mempertanyakan “Siapa permainan sepak bola idola kalian?”, Apa jenis variasi dan kombinasi keterampilan gerak permainan sepak bola?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
7.    Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
8.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan dan aspek penilaian yang akan dilakukan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.    Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak menendang dan menahan bola dalam permainan sepak bola.
20 menit

Inti
Tahap 1Merumuskan Pertanyaan
1)  Siswa mengamati variasi keterampilan gerakmenendang dan menahan bola melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan Siswalain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)  Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan jalannya bola bila titik perkenaan kaki dengan bola dirobah (bawah bola, titik tengah bola, titik atas bola).
3)  Siswa salingmengajukan pertanyaan berkaitan  dengan jarak penempatan kaki tumpu dan kaki ayun mempengaruhi jalannya bola.
4)  Siswa salingmengajukan pertanyaan berkaitan  dengan jalannya bola bila merubah posisi tempat dan kaki  saat menendang.
85  menit
Tahap 2 Merencanakan
1)  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimenyang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas gerak menendang dan menahan bola
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)    Siswa mempraktikkan variasiketerampilan gerak menendang dan menahan bola secara berpasanganmencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa mempraktikkanvariasiketerampilan gerak menendang dan menahan bola secara berpasanganmencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)    Siswa mempraktikkan variasiketerampilan gerak menendang dan menahan bola secara berkelompok(bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)    Siswa mempraktikkan variasiketerampilan gerak menendang dan menahan bola secara berkelompok(bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menarik kesimpulan
1)  Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan variasiketerampilan gerak dasar speifik menendang dan menahan bola dalam permainan sepak bola.
2)  Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari gerak dasar menendang dan menahan bola, mulai dari titik perkenaan bola dengan kaki, jarak kaki tumpu dan kaki ayun dengan bola dan posisi tubuh pada saat menendang atau menahan bola terhadap arah bola.
3)  Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)  Siswa mempraktikkan variasiketerampilan gerak menendang dan menahan bola secara berkelompok(bermain 3 lawan 4) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)  Siswa menerapkan variasiketerampilan gerak menendang dan menahan bola dalam bermain sepak bola dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis tendangan yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh Siswa akan menendang bola dengan posisi tangan yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan menendang bola dengan kaki bagian dalam).
3)  Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru menugaskan Siswa untuk membuat kesimpulan dari materi tentang keterampilan gerak menendang dan menahan bola dalam permainan sepak bola, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain sepak bola, manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan.
3.     Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh Siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
4.     Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan sepak bola.
5.     Guru menugaskan kepada Siswa membuat portofolio.
6.     Berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa dan menyampaikan salam.
15 menit

I.              Penilaian
1.    Penilaian Sikap Spritual dan sosial
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah     :
Kelas/Semester     : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran  : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6










2.        Penilaian Pengetahuan
a.          Tes Tertulis
1)          Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Sepak Bola
1.     Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola bola.
2.     Siswa dapat menjelaskan gerak spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola bola.
3.     Siswa dapat melakukan dan menggunakan gerak spesifik menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola bola. yang dimodifikasi.
Uraian









Uraian






Uraian
1









1






1
2)       Bentuk Instrumen
Nama                                     : ...........................................................
Kelas                                      : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.      Sebutkan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola!


2.
Konsep
a.      Jelaskan berbagai variasi dan kombinasi keterampilan gerak menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola!


3.
Prosedur
a.      Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang permainan sepak bola!



3)       Penskoran
a)         Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
b)         Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
c)           Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan
d)         Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salahtapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salahtidak berhubungan

4)    Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan Siswa: SP
Nilai sikap yang diperoleh Siswa: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








b.          Penugasan
1)         Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                     : SMPN
Kelas/ Semester                    : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                  : 2017/2018
Mata Pelajaran                    : PJOK

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Sepak bola
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar Menedang, menahan dan menggiring bola pada permainan sepak bola
Penugasan
2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar Menedang, menahan dan menggiring bola dalam permainan sepak bola dan sertakan gambarnya!

3.    Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa dapat melakukan Variasi dan kombinasi menendang, menahan, menggiring dan menembak bola ke gawang dengan 4 bidang sasaran.
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar proses variasi dan kombinasi keterampilan gerak menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Menendang
Menahan
Menggiring
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4























































































                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                 Jumlah skor maksimal

3)    Pedoman penskoran
(1)       Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       sikap berdiri menghadap arah bola.
(b)       letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk.
(c)        sikap kedua lengan di samping badan agak terentang.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2)       Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
1.          badan menghadap ke arah sasaran. Kemudian jemputlah bola yang meluncur agar mudah mengontrolnya.
2.          putarlah tungkai yang akan digunakan untuk menerima bola yang datang. Dengan sedikit mengangkat kaki, kaki bagian dalam mengenai bola hingga gerakan terhenti.
3.          badan agak membungkuk, lengan mengimbangi badan.
4.          pandangan mengarah ke bola.
Skor Sedang jika :hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3)       Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(b)       badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(c)        kaki yang menyepak bola berada di depan menghadap ke bawah dengan posisi badan rileks.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.


Kriteria Penilaian produk menendang
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 23 kali
…… > 18 kali
100%
Sangat Baik
20 – 22 kali
15 – 17 kali
90%
Baik
17 – 19 kali
12 – 14 kali
80%
Cukup
14 – 16 kali
9 – 11 kali
70%
Kurang
........ <  14 kali
........ <  9 kali
60%
Kurang Sekali


Kriteria penilaian produk menggiring bola
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
… > 18 rintangan
… > 15 rintangan
100%
Sangat Baik
15 – 17 rintangan
13 – 14 rintangan
90%
Baik
12 – 14 rintangan
10 – 12 rintangan
80%
Cukup
9 – 11 rintangan
8 – 9 rintangan
70%
Kurang
........ < 9 rintangan
........ < 8 rintangan
60%
Kurang Sekali


Rentang nilai Keterampilan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang













4)    Program Remedial dan Pengayaan
a.  Remedial
1.       Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih disederhanakan keterampilan geraknya dengan materi :
a.  Gerak dasar menendang dan menahan bola perorangan ke dinding
b.  Gerak dasar menendang dan menahan bola perorangan ke dinding sambil bergeser
c.  Gerak dasar menggiring bola dengan berlari (joging)  memutari bendera/ corong
d.  Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan keterampilan gerak menendang dan menahan bola secara berkelompok


Format Remedial
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5








2.       Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola !
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola !


b.       Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts