RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 2
Materi Pokok : Atletik ( Lari Jarak
Jauh)
Alokasi Waktu : 1 x 3 x 40 Menit ( 3 JP )
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba, mengolah
dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang atau teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik lari, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik lari, lari,
lompat, dan lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional. *)
|
3.3.1.Mengidentifikasikan
berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
lari cepat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai
gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari
cepat.
3.3.3.Menjelaskan cara
melakukan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki
garis finish lari cepat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak
start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari cepat.
4.3.2.Menggunakan berbagai
gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari
cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang modifikasi.
|
C.
Tujauan Pembelajaran
a. Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish
b. Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
c. Siswa dapat menggunakan dan melakukan berbagai gerak
start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish dalam bentuk
perlombaan dengan peraturan yang modifikasi
D.
Materi Pembelajaran
Tema : Olahraga permainan
perorangan atau beregu Atletik
Sub Tema : Lari Jarak Jauh
1.
Materi Reguler
1) Gerak dasar start Lari
Jarak Jauh
2) Gerak dasar langkah kaki Lari
Jarak Jauh
3) Gerak dasar ayunan lengan
Lari Jarak Jauh
4) Gerak dasar memasuki
garis finish Lari Jarak Jauh
5) Gerak dasar keterampilan gerakan start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
(Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat dalam buku guru halaman 124-127)
2.
Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)
Melakukan latihan teknik dasar lari jarak endek denngan
metode pert and whole
3.
Materi Pengayaan
Materi Reguler yang
dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan
sederhana.
E.
Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2 Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekanat model pembelajaran Problem
Based Learning
F.
Media dan Alat / Bahan
1.
Media Pembelajaran :
a. Gambar teknik dasar keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan,
dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh.
b. Model peserta didik atau guru
yang memperagakan teknik dasar keterampilan
gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh.
2.
Alat Pembelajaran :
a.
Start block atau bola sejenisnya.
b.
Lapangan atletik atau lapangan sejenisnya (halaman
sekolah).
c.
Tali pembatas
d.
Bendera start
e.
Peluit dan Stopwatch.
f.
Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh
MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G.
Sumber Pembelajaran
a. Muhajir, Buku Penuntun
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP Kelas VII Kurikulum 2013, hal
55 - 58; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b. Bahan Ajar Pembelajaran Lari
Jarak Jauh, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah/
tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris,
memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2. Guru
mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang
sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi
harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3. Guru meminta
salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan
yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan
secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan.
Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika
terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki
pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru
mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan
aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih
berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan
untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4. Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi
pembelajaran (berkumpul dengan berlari ke suatu sasaran).
5. Guru
mempertanyakan “Siapa atlet Lari Jarak Jauh idola kalian?”, Apa jenis
keterampilan gerak Lari Jarak Jauh?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6. Guru menyampaikan manfaat pembelajaran
hari ini dalam kehidupan sehari-hari
7. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut, yaitu :
keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis
finish Lari Jarak Jauh.
8.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan
(membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum
Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan
penilaian).
9.
Guru
menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang lari jarak jauh
|
15’
|
|
Inti
|
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
|
1)
Peserta didik mengamati keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh melalui pengamatan buku teks pelajaran dan
peragaan peserta didik lain
yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)
Peserta didik mengamati keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh melalui pengamatan Vidio
3)
Siswa diminta menetapkan satu materi yang
dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit
|
90’
|
Tahap 2
Organisasi belajar
|
1)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
gerakan start Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
2)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
gerakan langkah kaki Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
3)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
gerakan ayunan lengan Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
4)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
gerakan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
5)
Siswa
dibaagi menjadi 3 kelompok paangan
6)
Siswa
menggembangkan penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki
dari berbagai sumber
|
||
Tahap
3
Penyelidikan individual maupun kelompok
|
1) Siswa diberi
kebebasan mencari informasi tentang permasalahan yang dipertanyakan dalam
olahraga Lari Jarak Jauh
2) Siswa mengolah
hasil peyelidikannya bersama denggan kelompoknya
3) Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak start Lari Jarak Jauh secara
berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat
(tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
4) Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak langkah kaki Lari Jarak Jauh secara
berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil
bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
5) Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak ayunan lengan Lari Jarak Jauh secara
berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat
(tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
6)
Peserta
didik mempraktikkan keterampilan gerak memasuki garis finish Lari Jarak Jauh secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
disiplin yang dilakukan
sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4
Pengembangan dan
penyajian hasil penyelesaian masalah
|
1) Siswa
menyampaikan informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan
keterampilan gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
2) Siswa mencatat
hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan
gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh Siswa
menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan keterampilan gerak gerak melempar dan
menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan memantul ke lantai
dalam permaianan bola basket
3)
Siswa menarik kesimpulan dan menyusun bentuk
latihan yang akan dilakukan sesuai dengan solusi mereka tentang keterampilan gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
|
||
Tahap 5
Analisis dan evaluasi
proses penyelesaian masalah
|
1)
Peserta didik menerapkan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish dalam perlombaan Lari Jarak Jauh dengan
peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) menggunakan berbagai keterampilan
gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh dengan
menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan
disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati
adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish Lari Jarak Jauh yang digunakan dengan
kecepatan yang akan dicapai, misalnya jika hendak jalan dengan cepat, maka
badan harus dicondongkan ke depan dan kaki melangkah dengan lebar-lebar.
2)
Guru mengamati jalannya perlombaan, bila ada
peserta didik yang curang (misalnya berjalan berkelok-kelok dan peserta didik
tidak mengakui, melakukan perlombaan dengan keras) langsung diperingatkan dan
menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba.
|
||
Penutup
|
1.
Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru
melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.
Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta
didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat
melakukan praktik.
3.
Guru menginformasikan kepada peserta didik yang
paling baik penampilannya selama melakukan Lari Jarak Jauh.
4. Guru menugaskan peserta didik untuk
membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh, otot-otot yang
dominan bekerja saat berlomba Lari Jarak Jauh, manfaat Lari Jarak Jauh
terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan
sebagai tugas portofolio.
5. Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta
didik dan menyampaikan salam.
|
15’
|
I.
Penilaian Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan Atleik
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi
konsep gerak spesifik dalam permainan Atletik
2.
Siswa dapat Menjelaskan
konsep gerak speifik dalam permainan Atletik
3.
Siswa dapat Menjelaskan
cara melakukan konsep spesifik dalam permainan atletik
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
b. Sebutkan teknik dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan keterampilan
gerak start, langkah kaki, ayunan
lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
b. Jelaskan teknik dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan cara melakukan keterampilan
gerak start, langkah kaki, ayunan
lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
b. Jelaskan cara melakukan teknik dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
|
|
3) Penskoran
a) Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b) Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c) Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d) Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan
skor
Skor
maksimum: 60
Skor
perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap
yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang
nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1) Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah :
SMPN
Kelas/ Semester :
VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Mata Pelajaran :
PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan
Atletik
|
Siswa dapat menjelaskan keterampilan start, langkah
kaki, ayunan lengan dan poisi badan saat finish pada permainan Atletik
|
Penugasan
|
2) Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan start, langkah kaki, ayunan
lengan dan poisi badan saat finish dalam permainan atletik sertakan pula gambarnya!
3. Penilaian
Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa melakukan
modifikasi permainan lomba larisesuai
dengan keterampilan dasar start, gerakan kaki, ayunan lengan dan gerakan
memasuki finish dalam permainan atletik nomor lari
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar Lari
Jarak Jauh. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman
penskoran
(1) Sikap gerakan kaki
Skor Baik jika :
(a)
kaki melangkah selebar dan secepat
mungkin
(b)
kaki belakang saat menolak dari tanah
harus tertendang lurus dengan cepat
(c)
lutut ditekuk secara wajar agar paha
mudah terayun ke depan
(d)
lutut agak bengkok
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(2) Sikap gerakan lengan
Skor Baik jika :
(a)
lengan diayun ke depan atas sebatas hidung
(b)
sikut ditekuk
kurang lebih membentuk sudut 90 derajat
(c)
lengan diayunkan
secara bergantian secara konsisten
(d)
lengan diayunkan ke
depan dan ke belakang
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(3) Sikap posisi badan
Skor Baik jika :
(a)
saat berlari badan
rileks
(b)
kepala segaris
punggung
(c)
pandangan ke depan
(d)
badan condong ke
depan
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
Kriteria penilaian produk Lari Jarak Jauhwaktu
tempuh dengan skor
Perolehan Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
….. < 17 detik
|
….. < 20 detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
17.01 – 18.00 detik
|
20.01 – 21.00 detik
|
90%
|
Baik
|
18.01 – 19.00 detik
|
21.01 – 22.00 detik
|
80%
|
Cukup
|
19.01 – 20.00 detik
|
22.01 – 23.00 detik
|
70%
|
Kurang
|
……
> 20 detik
|
……
> 23 detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Rentang nilai
pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4.
Program Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
1.
Keterampilan
Materi Reguler yang
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi melakukan latihan teknik
dasar Lari Jarak Jauh denngan metode pert and whole
Format Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
:
..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
a. Jelaskan
teknik dasar dalam Lari Jarak Jauh!
b. Jelaskan Cara melakukan Lari Jarak Jauh !
b.
Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang
sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.
No comments:
Post a Comment