RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Sekolah                               : SMP Negeri 
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 2
Materi Pokok                       : Atletik ( Lari Jarak
Jauh)
Alokasi Waktu                     : 1 x 3 x 40 Menit ( 3 JP )
A.           
Kompetensi Inti
| 
   
1. 
 | 
  
   
Menghargai dan
  menghayati ajaran agama yang dianutnya.   
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Menghargai dan
  menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
  royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
 | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Memahami
  pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena
  dan kejadian tampak mata. 
 | 
 
| 
   
4. 
 | 
  
   
Mencoba, mengolah
  dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
  ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
  dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
  pandang atau teori. 
 | 
 
B.           
Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
| 
   
Kompetensi  Dasar 
 | 
  
   
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
 
| 
   
3.3
  Memahami konsep gerak spesifik lari, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana
  dan atau tradisional. *) 
4.3    Mempraktikkan gerak spesifik lari, lari,
  lompat, dan  lempar dalam berbagai
  permainan sederhana dan atau tradisional. *) 
 | 
  
   
3.3.1.Mengidentifikasikan
  berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
  lari cepat. 
3.3.2.Menjelaskan berbagai
  gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari
  cepat. 
3.3.3.Menjelaskan cara
  melakukan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki
  garis finish lari cepat. 
4.3.1.Melakukan berbagai gerak
  start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari cepat. 
4.3.2.Menggunakan berbagai
  gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari
  cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang modifikasi. 
 | 
 
C.           
Tujauan Pembelajaran
a.     Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish 
b.     Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish 
c.     Siswa dapat menggunakan dan melakukan berbagai gerak
start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish dalam bentuk
perlombaan dengan peraturan yang modifikasi
D.                
Materi Pembelajaran
Tema                     : Olahraga permainan
perorangan  atau beregu Atletik
Sub Tema                             : Lari Jarak Jauh
1.         
Materi Reguler
1)    Gerak dasar start Lari
Jarak Jauh
2)    Gerak dasar langkah kaki Lari
Jarak Jauh
3)    Gerak dasar ayunan lengan
Lari Jarak Jauh
4)    Gerak dasar memasuki
garis finish Lari Jarak Jauh
5)    Gerak dasar keterampilan gerakan start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
(Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat dalam buku guru halaman 124-127)
2.         
Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)        
Melakukan latihan teknik dasar lari jarak endek denngan
metode pert and whole
3.         
Materi Pengayaan
Materi Reguler yang
dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan
sederhana.
E.                
Metode Pembelajaran 
1. Demonstrasi
2 Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekanat model pembelajaran Problem
Based  Learning 
F.                 
Media dan Alat / Bahan 
1.    
Media Pembelajaran :
a.     Gambar teknik dasar  keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan,
dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh.
b.     Model peserta didik atau guru
yang memperagakan teknik dasar keterampilan
gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh.
2.    
Alat Pembelajaran :
a.                      
Start block atau bola sejenisnya.
b.        
Lapangan atletik atau lapangan sejenisnya (halaman
sekolah).
c.                       
Tali pembatas
d.                      
Bendera start
e.                       
Peluit dan Stopwatch.
f.                       
Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh
MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G.     
Sumber Pembelajaran
a.     Muhajir, Buku Penuntun
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP Kelas VII Kurikulum 2013, hal
55 - 58; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b.     Bahan Ajar Pembelajaran Lari
Jarak Jauh, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H.               
Kegiatan Pembelajaran 
| 
    
Langkah/ 
tahap 
 | 
   
    
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
    
Waktu 
 | 
  |
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.      Berbaris,
  memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi. 
2.      Guru
  mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang
  sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi
  harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga. 
3.      Guru meminta
  salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan
  yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan
  secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan.
  Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika
  terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki
  pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru
  mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan
  aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih
  berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan
  untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas. 
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi
  pembelajaran (berkumpul dengan berlari ke suatu sasaran). 
5.      Guru
  mempertanyakan “Siapa atlet Lari Jarak Jauh idola kalian?”, Apa jenis
  keterampilan gerak Lari Jarak Jauh?, dan pertanyaan lainnya yang relevan. 
6.      Guru menyampaikan manfaat pembelajaran
  hari ini dalam kehidupan sehari-hari 
7.      Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut, yaitu :
  keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis
  finish Lari Jarak Jauh. 
8.     
  Guru
  menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan
  (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum
  Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan
  penilaian).  
9.     
  Guru
  menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang lari jarak jauh 
 | 
  
   
15’
   
 | 
 |
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Tahap 1 
Orientasi terhadap masalah 
 | 
  
   
1)   
  Peserta didik mengamati keterampilan gerak start,
  langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh melalui pengamatan buku teks pelajaran dan
  peragaan peserta didik lain
  yang dianggap mampu atau contoh dari guru. 
2)  
  Peserta didik mengamati keterampilan gerak start,
  langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh melalui pengamatan Vidio 
3)   
  Siswa diminta menetapkan satu materi yang
  dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit 
 | 
  
   
90’ 
 | 
 
| 
   
Tahap 2 
Organisasi belajar 
 | 
  
   
1)   
  Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
  gerakan start Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru? 
2)   
  Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
  gerakan langkah kaki Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru? 
3)   
  Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
  gerakan ayunan lengan Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru? 
4)   
  Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
  gerakan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru? 
5)   
  Siswa
  dibaagi menjadi  3 kelompok paangan 
6)   
  Siswa
  menggembangkan penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki
  dari berbagai sumber 
 | 
 ||
| 
   
Tahap
  3 
Penyelidikan individual maupun kelompok 
 | 
  
   
1)  Siswa diberi
  kebebasan mencari informasi tentang permasalahan yang dipertanyakan dalam
  olahraga Lari Jarak Jauh 
2)  Siswa mengolah
  hasil peyelidikannya bersama denggan kelompoknya 
3) Peserta didik
  mempraktikkan keterampilan gerak start Lari Jarak Jauh secara
  berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru
  dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat
  (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
  kesalahan temannya. 
4) Peserta didik
  mempraktikkan keterampilan gerak langkah kaki Lari Jarak Jauh secara
  berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru
  dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil
  bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
  kesalahan temannya. 
5) Peserta didik
  mempraktikkan keterampilan gerak ayunan lengan Lari Jarak Jauh secara
  berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru
  dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat
  (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
  kesalahan temannya. 
6)
  Peserta
  didik mempraktikkan keterampilan gerak memasuki garis finish Lari Jarak Jauh secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
  menunjukkan nilai kerja sama,
  sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan
  disiplin yang dilakukan
  sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
  kesalahan temannya. 
 | 
 ||
| 
   
Tahap 4 
Pengembangan dan
  penyajian hasil penyelesaian masalah 
 | 
  
   
1) Siswa
  menyampaikan informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan
  keterampilan gerak start, langkah
  kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh 
2) Siswa mencatat
  hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan
  gerak start, langkah kaki,
  ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh Siswa
  menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan keterampilan gerak gerak melempar dan
  menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan memantul ke lantai
  dalam permaianan bola basket 
3)
  Siswa menarik kesimpulan dan menyusun bentuk
  latihan yang akan dilakukan sesuai dengan solusi mereka tentang keterampilan gerak start, langkah
  kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh 
 | 
 ||
| 
   
Tahap 5 
Analisis dan evaluasi
  proses penyelesaian masalah 
 | 
  
   
1)   
  Peserta didik menerapkan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
  memasuki garis finish dalam perlombaan Lari Jarak Jauh dengan
  peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) menggunakan berbagai keterampilan
  gerak start, langkah kaki,
  ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh dengan
  menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan
  disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati
  adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
  memasuki garis finish Lari Jarak Jauh yang digunakan dengan
  kecepatan yang akan dicapai, misalnya jika hendak jalan dengan cepat, maka
  badan harus dicondongkan ke depan dan kaki melangkah dengan lebar-lebar. 
2)   
  Guru mengamati jalannya perlombaan, bila ada
  peserta didik yang curang (misalnya berjalan berkelok-kelok dan peserta didik
  tidak mengakui, melakukan perlombaan dengan keras) langsung diperingatkan dan
  menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba. 
 | 
 ||
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.     
  Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru
  melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya. 
2.     
  Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta
  didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat
  melakukan praktik. 
3.     
  Guru menginformasikan kepada peserta didik yang
  paling baik penampilannya selama melakukan Lari Jarak Jauh. 
4.      Guru menugaskan peserta didik untuk
  membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak start, langkah kaki,
  ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh, otot-otot yang
  dominan bekerja saat berlomba Lari Jarak Jauh, manfaat Lari Jarak Jauh
  terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan
  sebagai tugas portofolio. 
5.      Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta
  didik dan menyampaikan salam. 
 | 
  
   
15’ 
 | 
 |
I.                  
Penilaian Pembelajaran 
1.    
Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah                  :
Kelas/Semester                 :
VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                               : 2017/2018
| 
   
No 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Nama
  Siswa 
 | 
  
   
Catatan
  Perilaku 
 | 
  
   
Butir
  Sikap 
 | 
  
   
Tanda
  Tangan 
 | 
  
   
Tindak
  Lanjut 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
2.   
Penilaian Pengetahuan 
a.     Tes Tertulis
1)   
Kisi-kisi
| 
   
No 
 | 
  
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Bentuk
  Soal 
 | 
  
   
Jumlah
  Soal 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3.3
  Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana
  dan atau tradisional. *) 
 | 
  
   
Permainan Atleik 
 | 
  
   
1.    
  Siswa dapat mengidentifikasi
  konsep gerak spesifik dalam permainan Atletik  
2.    
  Siswa dapat Menjelaskan
  konsep gerak speifik dalam permainan Atletik  
3.    
  Siswa dapat Menjelaskan
  cara melakukan konsep spesifik dalam permainan atletik  
 | 
  
   
Uraian 
Uraian 
Uraian 
 | 
  
   
1 
1 
1 
 | 
 
2)       Bentuk Instrumen
Nama                            :
...........................................................
Kelas                             :
...........................................................
| 
   
No 
 | 
  
   
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS 
 | 
  
   
Jawaban 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Fakta 
a.      Sebutkan keterampilan gerak  start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
  memasuki garis finish Lari Jarak Jauh! 
b.      Sebutkan teknik dasar keterampilan gerak start,
  langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh! 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Konsep 
a.      Jelaskan keterampilan
  gerak  start, langkah kaki, ayunan
  lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh! 
b.      Jelaskan teknik dasar keterampilan gerak start,
  langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh! 
 | 
  
   | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Prosedur 
a.      Jelaskan cara melakukan keterampilan
  gerak  start, langkah kaki, ayunan
  lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh! 
b.      Jelaskan cara melakukan teknik dasar keterampilan gerak start,
  langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh! 
 | 
  
   | 
 
3)       Penskoran
a)    Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)    Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)     Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)    Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4)  Pengolahan
skor
Skor
maksimum: 60
Skor
perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap
yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang
nilai pengetahuan:
| 
   
No 
 | 
  
   
Rentang 
 | 
  
   
Predikat 
 | 
  
   
Sebutan 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
100 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
86 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   
Sangat Baik 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
85 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
71 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
Baik 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
70 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
56 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
Cukup 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
55 
 | 
  
   
≤ 
 | 
  
   
D 
 | 
  
   
Kurang 
 | 
 |
b.         
Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                               :
SMPN
Kelas/ Semester                              :
VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                            :
2017/2018
Mata Pelajaran                              :
PJOK
| 
   
No 
 | 
  
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Teknik
  Penilaian 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
3.3
  Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana
  dan atau tradisional. *) 
 | 
  
   
Permainan
  Atletik 
 | 
  
   
Siswa dapat menjelaskan keterampilan start, langkah
  kaki, ayunan lengan dan poisi badan saat finish pada permainan Atletik 
 | 
  
   
Penugasan 
 | 
 
2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan start, langkah kaki, ayunan
lengan dan poisi badan saat finish dalam permainan  atletik sertakan pula gambarnya!
3.    Penilaian
Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
| 
   
No 
 | 
  
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Butir instrument 
 | 
  
   
Waktu Pelaksanaan 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
Tugas
  (Keterampilan) 
 | 
  
   
Siswa melakukan
  modifikasi  permainan lomba larisesuai
  dengan keterampilan dasar start, gerakan kaki, ayunan lengan dan gerakan
  memasuki finish dalam permainan atletik nomor lari 
 | 
  
   
Setelah
  pembelajaran usai 
 | 
  
   
Penilain
  Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning ) 
 | 
 
2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar Lari
Jarak Jauh. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Sikap awal 
 | 
  
   
Sikap pelaksanaan 
 | 
  
   
Sikap Akhir 
 | 
  
   
Jml 
 | 
  
   
N. Proses 
 | 
  
   
N. Produk 
 | 
  
   
N. Akhir 
 | 
 ||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
∑ 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
∑ 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
∑ 
 | 
 ||||||
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
                                                  Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Proses   = 
----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal
3)    Pedoman
penskoran
(1)  Sikap gerakan kaki
Skor Baik jika :
(a)      
kaki melangkah selebar dan secepat
mungkin
(b)      
kaki belakang saat menolak dari tanah
harus tertendang lurus dengan cepat
(c)      
lutut ditekuk secara wajar agar paha
mudah terayun ke depan
(d)      
lutut agak bengkok
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(2)  Sikap gerakan lengan
Skor Baik jika :
(a)      
lengan diayun ke depan atas sebatas hidung
(b)      
sikut ditekuk
kurang lebih membentuk sudut 90 derajat
(c)      
lengan diayunkan
secara bergantian secara konsisten
(d)      
lengan diayunkan ke
depan dan ke belakang
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(3)  Sikap posisi badan 
Skor Baik jika :
(a)      
saat berlari badan
rileks 
(b)      
kepala segaris
punggung
(c)      
pandangan ke depan
(d)      
badan condong ke
depan
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
Kriteria penilaian produk Lari Jarak Jauhwaktu
tempuh dengan skor
| 
   
Perolehan Nilai 
 | 
  
   
Kriteria
  Pengskoran 
 | 
  
   
Klasifikasi
  Nilai 
 | 
 |
| 
   
Putera 
 | 
  
   
Puteri 
 | 
 ||
| 
   
….. < 17 detik 
 | 
  
   
….. < 20 detik 
 | 
  
   
100% 
 | 
  
   
Sangat Baik 
 | 
 
| 
   
17.01 – 18.00 detik 
 | 
  
   
20.01 – 21.00 detik 
 | 
  
   
90% 
 | 
  
   
Baik 
 | 
 
| 
   
18.01 – 19.00 detik 
 | 
  
   
21.01 – 22.00 detik 
 | 
  
   
80% 
 | 
  
   
Cukup 
 | 
 
| 
   
19.01 – 20.00 detik 
 | 
  
   
22.01 – 23.00 detik 
 | 
  
   
70% 
 | 
  
   
Kurang 
 | 
 
| 
   
……
  > 20 detik 
 | 
  
   
……
  > 23 detik 
 | 
  
   
60% 
 | 
  
   
Kurang Sekali 
 | 
 
Rentang nilai
pengetahuan:
| 
   
No 
 | 
  
   
Rentang 
 | 
  
   
Predikat 
 | 
  
   
Sebutan 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
100 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
86 
 | 
  
   
A 
 | 
  
   
Sangat Baik 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
85 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
71 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
Baik 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
70 
 | 
  
   
 - 
 | 
  
   
56 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
Cukup 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
55 
 | 
  
   
≤ 
 | 
  
   
D 
 | 
  
   
Kurang 
 | 
 |
4.                 
Program Remedial dan Pengayaan
a.        
Remedial
1.        
Keterampilan
Materi Reguler yang
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi melakukan latihan teknik
dasar Lari Jarak Jauh denngan metode pert and whole
Format Remedial
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 
 | 
 
| 
   
Kelas / Semester 
 | 
  
   
: VII 
 | 
 
| 
   
Tanggal Ulangan Harian 
 | 
  
   
:
  .................................................................................. 
 | 
 
| 
   
Tanggal Remidial 
 | 
  
   
:
  .................................................................................. 
 | 
 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
L/P 
 | 
  
   
Nilai sebelum  
 | 
  
   
Nilai sesudah 
 | 
  
   
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Ket 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
2.        
Pengetahuan
a.  Jelaskan
teknik dasar dalam Lari Jarak Jauh!
b. Jelaskan Cara melakukan Lari Jarak Jauh !
b.        
Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang
sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.
No comments:
Post a Comment