Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 12, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII Sms 2 Atletik ( Lari Jarak Jauh)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Sekolah                               : SMP Negeri
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 2
Materi Pokok                       : Atletik ( Lari Jarak Jauh)
Alokasi Waktu                     : 1 x 3 x 40 Menit ( 3 JP )


A.            Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.            Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Memahami konsep gerak spesifik lari, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)
4.3    Mempraktikkan gerak spesifik lari, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)
3.3.1.Mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari cepat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari cepat.
3.3.3.Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari cepat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari cepat.
4.3.2.Menggunakan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang modifikasi.

C.            Tujauan Pembelajaran
a.     Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
b.     Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
c.     Siswa dapat menggunakan dan melakukan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang modifikasi


D.                 Materi Pembelajaran
Tema                     : Olahraga permainan perorangan  atau beregu Atletik
Sub Tema                             : Lari Jarak Jauh

1.          Materi Reguler
1)    Gerak dasar start Lari Jarak Jauh
2)    Gerak dasar langkah kaki Lari Jarak Jauh
3)    Gerak dasar ayunan lengan Lari Jarak Jauh
4)    Gerak dasar memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
5)    Gerak dasar keterampilan gerakan start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
(Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam buku guru halaman 124-127)

2.          Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)         Melakukan latihan teknik dasar lari jarak endek denngan metode pert and whole

3.          Materi Pengayaan
Materi Reguler yang dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan sederhana.

E.                 Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2 Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekanat model pembelajaran Problem Based  Learning

F.                  Media dan Alat / Bahan
1.     Media Pembelajaran :
a.     Gambar teknik dasar  keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh.
b.     Model peserta didik atau guru yang memperagakan teknik dasar keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh.

2.     Alat Pembelajaran :
a.                       Start block atau bola sejenisnya.
b.         Lapangan atletik atau lapangan sejenisnya (halaman sekolah).
c.                        Tali pembatas
d.                       Bendera start
e.                        Peluit dan Stopwatch.
f.                        Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G.      Sumber Pembelajaran
a.     Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP Kelas VII Kurikulum 2013, hal 55 - 58; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b.     Bahan Ajar Pembelajaran Lari Jarak Jauh, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.


H.                Kegiatan Pembelajaran
Langkah/
tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (berkumpul dengan berlari ke suatu sasaran).
5.      Guru mempertanyakan “Siapa atlet Lari Jarak Jauh idola kalian?”, Apa jenis keterampilan gerak Lari Jarak Jauh?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.      Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut, yaitu : keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh.
8.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.      Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang lari jarak jauh
15’
Inti

Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
1)    Peserta didik mengamati keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peserta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)   Peserta didik mengamati keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh melalui pengamatan Vidio
3)    Siswa diminta menetapkan satu materi yang dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit
90’
Tahap 2
Organisasi belajar
1)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana gerakan start Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
2)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana gerakan langkah kaki Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
3)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana gerakan ayunan lengan Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
4)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana gerakan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh, yang dimediasi oleh guru?
5)    Siswa dibaagi menjadi  3 kelompok paangan
6)    Siswa menggembangkan penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber
Tahap 3
Penyelidikan individual maupun kelompok
1)  Siswa diberi kebebasan mencari informasi tentang permasalahan yang dipertanyakan dalam olahraga Lari Jarak Jauh
2)  Siswa mengolah hasil peyelidikannya bersama denggan kelompoknya
3) Peserta didik mempraktikkan keterampilan gerak start Lari Jarak Jauh secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4) Peserta didik mempraktikkan keterampilan gerak langkah kaki Lari Jarak Jauh secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
5) Peserta didik mempraktikkan keterampilan gerak ayunan lengan Lari Jarak Jauh secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
6) Peserta didik mempraktikkan keterampilan gerak memasuki garis finish Lari Jarak Jauh secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
1) Siswa menyampaikan informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh Siswa menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan keterampilan gerak gerak melempar dan menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan memantul ke lantai dalam permaianan bola basket
3) Siswa menarik kesimpulan dan menyusun bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan solusi mereka tentang keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
1)    Peserta didik menerapkan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish dalam perlombaan Lari Jarak Jauh dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) menggunakan berbagai keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh yang digunakan dengan kecepatan yang akan dicapai, misalnya jika hendak jalan dengan cepat, maka badan harus dicondongkan ke depan dan kaki melangkah dengan lebar-lebar.
2)    Guru mengamati jalannya perlombaan, bila ada peserta didik yang curang (misalnya berjalan berkelok-kelok dan peserta didik tidak mengakui, melakukan perlombaan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba.
Penutup
1.      Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.      Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.      Guru menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan Lari Jarak Jauh.
4.      Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh, otot-otot yang dominan bekerja saat berlomba Lari Jarak Jauh, manfaat Lari Jarak Jauh terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.      Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
15’



I.                   Penilaian Pembelajaran
1.     Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial

Nama Sekolah                  :
Kelas/Semester                 : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.    Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)

Permainan Atleik
1.     Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Atletik
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Atletik
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan atletik
Uraian




Uraian



Uraian
1




1



1


2)       Bentuk Instrumen
Nama                            : ...........................................................
Kelas                             : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.      Sebutkan keterampilan gerak  start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
b.      Sebutkan teknik dasar keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!

2.
Konsep
a.      Jelaskan keterampilan gerak  start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
b.      Jelaskan teknik dasar keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!

3.
Prosedur
a.      Jelaskan cara melakukan keterampilan gerak  start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!
b.      Jelaskan cara melakukan teknik dasar keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish Lari Jarak Jauh!


3)       Penskoran
a)    Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)    Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)     Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)    Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)  Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang






b.          Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                               : SMPN
Kelas/ Semester                              : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                            : 2017/2018
Mata Pelajaran                              : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)

Permainan Atletik
Siswa dapat menjelaskan keterampilan start, langkah kaki, ayunan lengan dan poisi badan saat finish pada permainan Atletik
Penugasan
2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan start, langkah kaki, ayunan lengan dan poisi badan saat finish dalam permainan  atletik sertakan pula gambarnya!

3.    Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan lomba larisesuai dengan keterampilan dasar start, gerakan kaki, ayunan lengan dan gerakan memasuki finish dalam permainan atletik nomor lari
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar Lari Jarak Jauh. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal
3)    Pedoman penskoran
(1)  Sikap gerakan kaki
Skor Baik jika :
(a)       kaki melangkah selebar dan secepat mungkin
(b)       kaki belakang saat menolak dari tanah harus tertendang lurus dengan cepat
(c)       lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun ke depan
(d)       lutut agak bengkok
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)  Sikap gerakan lengan
Skor Baik jika :
(a)       lengan diayun ke depan atas sebatas hidung
(b)       sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 90 derajat
(c)       lengan diayunkan secara bergantian secara konsisten
(d)       lengan diayunkan ke depan dan ke belakang
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)  Sikap posisi badan
Skor Baik jika :
(a)       saat berlari badan rileks
(b)       kepala segaris punggung
(c)       pandangan ke depan
(d)       badan condong ke depan
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

Kriteria penilaian produk Lari Jarak Jauhwaktu tempuh dengan skor
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
….. < 17 detik
….. < 20 detik
100%
Sangat Baik
17.01 – 18.00 detik
20.01 – 21.00 detik
90%
Baik
18.01 – 19.00 detik
21.01 – 22.00 detik
80%
Cukup
19.01 – 20.00 detik
22.01 – 23.00 detik
70%
Kurang
…… > 20 detik
…… > 23 detik
60%
Kurang Sekali





Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang







4.                  Program Remedial dan Pengayaan
a.         Remedial
1.         Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi melakukan latihan teknik dasar Lari Jarak Jauh denngan metode pert and whole

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................


No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.         Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik dasar dalam Lari Jarak Jauh!
b. Jelaskan Cara melakukan Lari Jarak Jauh !

b.         Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts