Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 12, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII Sms 2 (Senam Lantai)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               : SMP Negeri
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 2
Materi Pokok                       : Senam Lantai
Alokasi Waktu                     : 1 x 3 x 40 Menit ( 3 JP )

A.            Kompetenssi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.            Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Materi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Materi
3.6 Memahami konsep berbagai keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
4.6 Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai.
3.6.1.  Mengidentifikasikan variasi gerakan (guling lenting)senam lantai.
3.6.2.  Menjelaskan variasi gerakan(guling depan, guling belakangdan guling lenting)  senam lantai.
3.6.3.  Menjelaskan cara melakukan variasi gerakan (guling lenting) senam lantai.
4.6.1.  Melakukan variasi gerakan (guling lenting) senam lantai.
4.6.2.  Menggunakan gerakan (guling lenting) dalam bentuk rangkaian sederhana senam lantai.

C.            Tujuan Pembelajaran
a.     Siswa dapat mengidentifikasikan variasi gerakan (guling lenting)senam lantai.
b.     Siswa dapat menjelaskan variasi gerakan(guling depan, guling belakangdan guling lenting)  senam lantai
c.     Siswa dapat melakukan dan menggunankan gerakan (guling lenting) dalam bentuk rangkaian sederhana senam lantai.

D.                 Materi Pembelajaran

Tema                     : Ativitas keterampilan gerak  perorangan / beregu Senam
Sub Tema                             : Senam Lantai
1.     Materi Reguler
a.                       Rangkaian gerakan guling lenting
b.                       Rangkaian gerakan guling lenting
( Secara rinci dapat dilihat dibuku siswa kelas 7  halaman 98-...)

2.     Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.         Melakukan latihan teknik dasar berguling dengan bantuan media

3.     Materi Pengayaan
Materi Reguler yang dikembangkan dalam bentuk rangkaian gerak

E.       Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekatan Model Pembelajaran scientific Statis

F.        Media dan Alat / Bahan
1.     Media Pembelajaran :
a.     Gambar rangkaian gerakan guling lenting.
b.     Model peserta didik atau guru yang memperagakan rangkaian gerakan guling lenting.

2.     Alat Pembelajaran :
a.     Lapangan / halaman sekolah.
b.     Matras senam
c.     Peluit dan Stopwatch.
d.     Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G.                Sumber Pembelajaran
a.         Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013, hal 80 - 89; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b.         Muhajir, dkk, Bahan Ajar Pembelajaran Senam lantai, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.

H.                Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (lomba lompat-lompat katak).
5.      Guru mempertanyakan “Siapa atlet senam lantai idola kalian?”, Apa jenis keterampilan gerakan senam lantai?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.      Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut, yaitu : rangkaian gerakan senam lantai (rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting).
8.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.      Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian gerakan senam lantai
15 menit

Inti

Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a.        Mengamati
1)    Peserta didik mengamati rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, dan berdiri dengan kepala senam lantai melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Peserta didik mengamati rangkaian gerakan guling lenting senam lantai melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)    Peserta didik mengamati rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
b.        Menanya
1)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana posisi kaki, lengan dan badan saat melakukan  rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, dan berdiri dengan kepala senam lantai, yang dimediasi oleh guru?
2)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana posisi kaki, lengan dan badan saat melakukan  rangkaian gerakan guling lenting senam lantai yang dimediasi oleh guru?
3)    Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana posisi kaki, lengan dan badan saat melakukan  rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai, yang dimediasi oleh guru?
c.         Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)    Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, dan berdiri dengan kepala senam lantai secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan secara bergantian dan saling membantu. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan guling lenting senam lantai secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan secara bergantian dan saling membantu. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)    Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan secara bergantian dan saling membantu. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
d.        Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan secara berkelompok menemukan hubungan tumpuan kedua lengan dan tolakan kedua kaki saat melakukan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai.
e.         Mengomunikasikan
1)    Peserta didik menerapkan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis rangkaian gerakan senam lantai yang digunakan dengan ketepatan rangkaian gerakan.
2)    Guru mengamati jalannya perlombaan, bila ada peserta didik yang curang (misalnya menggerser matras atau kuda-kuda lompat dan peserta didik tidak mengakui, melakukan perlombaan kurang sportif) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba.
90 menit

Penutup

1.        Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.        Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.        Guru menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan senam lantai.
4.        Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai, otot-otot yang dominan bekerja saat berlomba senam lantai, manfaat senam lantai terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.        Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
15 menit


I.                   Penilaian Pembelajaran
1.     Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah  :
Kelas/Semester : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.    Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3.6                Memahami konsep berbagai keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
Senam Lantai
1.     Siswa dapat mengidentifikasi variasi gerakan (guling lenting)senam lantai
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep variasi gerakan (guling lenting)senam lantai
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep variasi gerakan (guling lenting)senam lantai
Uraian





Uraian





Uraian
1





1





1

2)       Bentuk Instrumen
Nama                            : ...........................................................
Kelas                             : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.      Sebutkan berbagai macam sikap keseimbangan senam lantai!
b.      Sebutkan berbagai macam sikap lilin senam lantai!
c.      Sebutkan berbagai macam sikap berdiri dengan kepala senam lantai!
d.      Sebutkan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai!

2.
Konsep
a.      Jelaskan berbagai macam sikap keseimbangan senam lantai!
b.      Jelaskan berbagai macam sikap lilin senam lantai!
c.      Jelaskan berbagai macam sikap berdiri dengan kepala senam lantai!
d.      Jelaskan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai!

3.
Prosedur
a.      Jelaskan cara melakukan gerakan keseimbangan senam lantai!
b.      Jelaskan cara melakukan berbagai macam sikap lilin senam lantai!
c.      Jelaskan cara melakukan berbagai macam sikap berdiri dengan kepala senam lantai!
d.      Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai!


3)       Pedoman Penskoran
a)         Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)         Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)           Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)         Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)    Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








b.          Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                               : SMPN
Kelas/ Semester                              : VIII/ Semester 1
Tahun Pelajaran                            : 2017/2018
Mata Pelajaran                              : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.6          Memahami konsep berbagai keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
Senam  lantai
Siswa dapat menjelaskan variasi gerakan (guling lenting)senam lantai
Penugasan

2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur t variasi gerakan (guling lenting)senam lantai sertakan pula gambarnya!

3.        Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan lomba  variasi gerakan (guling lenting)senam lantai
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lembar pengamatan proses rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai.Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal
   
3)    Pedoman penskoran
(1)  Sikap gerakan awal
Skor Baik jika :
(a)       sikap berdiri tegak
(b)       kedua lengan lurus
(c)       tumpukan kedua tangan di lantai selebar bahu
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)  Sikap gerakan pelaksanaan
Skor Baik jika :
(a)       dari sikap jongkok masukkan kepala diantara dua tangan
(b)       dorong bahu hingga menyentuh lantai
(c)       dilanjutkan dengan berguling
(d)       pada saat kaki berada di atas, kedua tangan memeluk lutut
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)  Sikap posisi badan
Skor Baik jika :
(a)       badan condong ke depan
(b)       posisi kedua tangan berada di depan
(c)       berjongkok menghadap ke depan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang







4.    Program Remedial dan Pengayaan
a.                 Remedial
1.     Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi Melakukan latihan teknik dasar berguling dengan bantuan media

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.   Pengetahuan
a.  Jelaskan rangkaian gerak senam lantai!

b.                   Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dalam bentuk rangkaian gerak.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts