RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VIII / 2
Materi Pokok : Senam Lantai
Alokasi Waktu : 1 x 3 x 40 Menit ( 3 JP )
A.
Kompetenssi Inti
1.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba,
mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang atau teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Materi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Materi
|
3.6 Memahami
konsep berbagai keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
4.6 Mempraktikkan
berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai.
|
3.6.1. Mengidentifikasikan variasi gerakan (guling
lenting)senam lantai.
3.6.2. Menjelaskan variasi gerakan(guling depan,
guling belakangdan guling lenting)
senam lantai.
3.6.3. Menjelaskan cara melakukan variasi gerakan
(guling lenting) senam lantai.
4.6.1. Melakukan variasi gerakan (guling lenting)
senam lantai.
4.6.2.
Menggunakan gerakan (guling lenting) dalam bentuk rangkaian sederhana
senam lantai.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mengidentifikasikan variasi gerakan (guling lenting)senam
lantai.
b. Siswa dapat menjelaskan
variasi gerakan(guling depan, guling belakangdan guling lenting) senam lantai
c. Siswa dapat melakukan dan menggunankan gerakan (guling
lenting) dalam bentuk rangkaian sederhana senam lantai.
D.
Materi Pembelajaran
Tema : Ativitas keterampilan
gerak perorangan / beregu Senam
Sub Tema : Senam Lantai
1. Materi Reguler
a.
Rangkaian gerakan guling lenting
b.
Rangkaian gerakan guling lenting
( Secara rinci dapat dilihat
dibuku siswa kelas 7 halaman 98-...)
2.
Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.
Melakukan latihan teknik dasar berguling dengan bantuan
media
3.
Materi Pengayaan
Materi Reguler yang
dikembangkan dalam bentuk rangkaian gerak
E.
Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekatan Model Pembelajaran scientific Statis
F.
Media dan Alat / Bahan
1.
Media Pembelajaran :
a. Gambar rangkaian gerakan guling
lenting.
b. Model peserta didik atau guru
yang memperagakan rangkaian gerakan guling lenting.
2.
Alat Pembelajaran :
a. Lapangan / halaman
sekolah.
b. Matras senam
c. Peluit dan Stopwatch.
d. Lembar Pratikum Siswa
(Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G.
Sumber Pembelajaran
a.
Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,
SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013, hal 80 - 89; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
b.
Muhajir, dkk, Bahan Ajar Pembelajaran Senam lantai, Bogor: PPPPTK Penjas
dan BK, 2012.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris,
memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2. Guru
mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang
sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi
harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3. Guru meminta
salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan
yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan
secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan.
Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika
terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki
pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan
tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik
yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk
mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk
menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4. Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi
pembelajaran (lomba lompat-lompat katak).
5. Guru
mempertanyakan “Siapa atlet senam lantai idola kalian?”, Apa jenis
keterampilan gerakan senam lantai?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.
Guru
menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
7. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut, yaitu : rangkaian
gerakan senam lantai (rangkaian gerakan
sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting).
8.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan
(membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum
Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.
Guru
menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian gerakan
senam lantai
|
15 menit
|
Inti
|
Melakukan rangkaian
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific
dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a.
Mengamati
1)
Peserta didik mengamati rangkaian
gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, dan berdiri dengan kepala senam lantai melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu
atau contoh dari guru.
2)
Peserta didik mengamati rangkaian
gerakan guling lenting senam lantai melalui
pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)
Peserta didik mengamati rangkaian
gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling
lenting senam lantai melalui pengamatan buku teks pelajaran dan
peragaan peseta didik lain
yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
b.
Menanya
1)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana posisi
kaki, lengan dan badan saat melakukan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, dan berdiri dengan
kepala senam lantai, yang dimediasi oleh guru?
2)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
posisi kaki, lengan dan badan saat melakukan
rangkaian gerakan guling
lenting senam lantai
yang dimediasi oleh guru?
3)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
posisi kaki, lengan dan badan saat melakukan
rangkaian gerakan sikap
keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai, yang dimediasi oleh guru?
c.
Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, dan berdiri dengan
kepala senam lantai secara berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan secara bergantian dan saling
membantu. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
2)
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan guling lenting senam lantai secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan
secara bergantian dan saling membantu. Selama praktik tugas peserta didik
untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan
kepala, guling lenting senam lantai secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan
secara bergantian dan saling membantu. Selama praktik tugas peserta didik
untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
d.
Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan secara
berkelompok menemukan hubungan tumpuan kedua lengan dan tolakan kedua kaki saat
melakukan rangkaian gerakan sikap
keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai.
e.
Mengomunikasikan
1)
Peserta didik menerapkan rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan
kepala, guling lenting senam lantai dengan menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru
mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati adalah apakah peserta
didik sudah dapat menghubungkan jenis rangkaian gerakan senam lantai yang digunakan dengan ketepatan
rangkaian gerakan.
2) Guru mengamati jalannya perlombaan, bila
ada peserta didik yang curang (misalnya menggerser matras atau kuda-kuda
lompat dan peserta didik tidak mengakui, melakukan perlombaan kurang sportif)
langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba.
|
90
menit
|
Penutup
|
1.
Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru
melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.
Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta
didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat
melakukan praktik.
3.
Guru menginformasikan kepada peserta didik yang
paling baik penampilannya selama melakukan senam lantai.
4.
Guru
menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian gerakan sikap
keseimbangan, sikap lilin, berdiri dengan kepala, guling lenting senam lantai,
otot-otot yang dominan bekerja saat berlomba senam lantai, manfaat senam
lantai terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan
sebagai tugas portofolio.
5.
Berdoa
dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
|
15 menit
|
I.
Penilaian Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran :
2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.6 Memahami konsep berbagai
keterampilan dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
|
Senam Lantai
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi variasi gerakan (guling
lenting)senam lantai
2.
Siswa dapat Menjelaskan konsep variasi gerakan (guling
lenting)senam lantai
3.
Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep variasi gerakan (guling
lenting)senam lantai
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan berbagai macam sikap
keseimbangan senam lantai!
b. Sebutkan berbagai macam
sikap lilin senam lantai!
c. Sebutkan berbagai macam sikap
berdiri dengan kepala senam lantai!
d. Sebutkan rangkaian gerakan
sikap keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan kepala, guling lenting
senam lantai!
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan berbagai macam
sikap keseimbangan senam
lantai!
b. Jelaskan berbagai macam
sikap lilin senam lantai!
c. Jelaskan berbagai macam
sikap berdiri dengan kepala senam lantai!
d. Jelaskan rangkaian gerakan
sikap keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan kepala, guling lenting
senam lantai!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan cara melakukan
gerakan keseimbangan senam
lantai!
b. Jelaskan cara melakukan
berbagai macam sikap lilin senam lantai!
c. Jelaskan cara melakukan
berbagai macam sikap berdiri dengan kepala senam lantai!
d. Jelaskan cara melakukan
rangkaian gerakan sikap keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan
kepala, guling lenting senam lantai!
|
|
3)
Pedoman Penskoran
a)
Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)
Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)
Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)
Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan skor
Skor
maksimum: 60
Skor
perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap
yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang
nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1) Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah :
SMPN
Kelas/ Semester : VIII/
Semester 1
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Mata Pelajaran :
PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.6 Memahami konsep berbagai keterampilan
dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
|
Senam lantai
|
Siswa dapat menjelaskan variasi gerakan (guling lenting)senam lantai
|
Penugasan
|
2) Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur t variasi gerakan (guling lenting)senam
lantai sertakan pula
gambarnya!
3.
Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa melakukan
lomba variasi
gerakan (guling lenting)senam lantai
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lembar pengamatan proses rangkaian gerakan sikap
keseimbangan, sikap lilin, sikap berdiri dengan kepala, guling lenting senam
lantai.Unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan
gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman
penskoran
(1) Sikap gerakan awal
Skor Baik jika :
(a)
sikap berdiri tegak
(b)
kedua lengan lurus
(c)
tumpukan kedua tangan di lantai selebar bahu
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2) Sikap gerakan pelaksanaan
Skor Baik jika :
(a) dari sikap jongkok masukkan kepala diantara
dua tangan
(b) dorong bahu hingga menyentuh lantai
(c) dilanjutkan dengan berguling
(d) pada
saat kaki berada di atas, kedua tangan memeluk lutut
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(3) Sikap posisi badan
Skor Baik jika :
(a)
badan condong ke depan
(b)
posisi kedua tangan berada di depan
(c)
berjongkok menghadap ke depan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
Rentang nilai
pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4. Program Remedial dan
Pengayaan
a.
Remedial
1. Keterampilan
Materi Reguler yang
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi Melakukan latihan teknik
dasar berguling dengan bantuan media
Format Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
: ..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan rangkaian
gerak senam lantai!
b.
Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dalam bentuk
rangkaian gerak.
No comments:
Post a Comment