Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, April 18, 2017

Tujuan dan Fungsi Bercerita


Bercerita sangat penting sebagai upaya menunjang keterampilan berbicara dan berbahasa. Tujuan bercerita dapat dikaitkan dengan tujuan berbicara pada umumnya. Bercerita bertujuan untuk menyampaikan kisah bagi pendengar sehingga merasa terhibur dan memperoleh kenikmatan atau kesenangan estetis, artistik, dan imajinatif. Selain itu, bercerita bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan berbahasa lisan. Bercerita dapat difungsikan sebagai sarana menyampaikan pesan seperti menjelaskan sesuatu hal, kejadian, peristiwa, dan sebagainya kepada pendengar. Kegiatan ini secara langsung dapat menunjang keterampilan berbahasa. Hal ini sejalan dengan pendapat Djago Tarigan, dkk (1998:68) yang menyatakan demikian.
Kegiatan bercerita dapat meningkatkan  kemampuan berbahasa. Sebelum kegiatan bercerita dimulai, si pembicara sudah mempersiapkan bahan yang akan diceritakan melalui kegiatan menyimak atau membaca sumber bahan dan menyusunnya kembali. Ini berarti kegiatan bercerita ini jelas-jelas dapat meningkatkan kemampuan berbicara, menyimak, menulis dan membaca.

Karena itu keterampilan bercerita sebagai bagian dari berbicara menjadi salah satu aspek kompetensi dasar yang perlu disampikan kepada siswa SMP. Bagi siswa, kemampuan yang baik dalam bercerita akan membantu memperlancar interaksi dan komunikasi dalam mengekspresikan ide, pikian, perasaan, kehendak, keinginan, imajinasi, informasi dan sebagainya. Dalam konteks ini, Mulyati, dkk (1999:122) mengatakan sebagai berikut.
Bercerita dapat menuntut siswa menjadi pembicara yang baik dan kreatif. Dengan bercerita, siswa dilatih untuk berbicara jelas dengan intonasi yang tepat, mengusai pendengar, dan untuk berperilaku menarik. Namun, kegiatan bercerita harus dirancang dengan baik. Sebelum kegiatan bercerita dilaksanakan siswa bisa memilih cerita atau menghafalkan jalannya cerita agar nanti pada pelaksanaannya tidak mengalami kesulitan.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts