Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, April 18, 2017

Senam dan Lagu bagi Anak Usia Dini


Kegiatan senam yang biasa dilakukan anak usia dini atau TK adalah senam yang diringi dengan lagu atau disebut senam irama. Dalam senam ini terbentuk suatu koordinasi gerak antara gerak anggota badan, seperti tangan, kaki, dan kepala dengan alunan irama, baik berupa lagu, musik dan nyanyian.
Nenggala (2006: 82) senam irama adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik atau nyanyian. Nenggala juga mengungkapkan bahwa musik, nyanyiannya dan hitungan merupakan aspek daam senam yang menjadikannya menyenangkan untuk dilakukan.
Senam irama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1)      Mudah diikuti
2)      Tidak membutuhkan biaya yang mahal
3)      Diiringi musik atau nyanyian
4)      Melibatkan banyak peserta
5)      Bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Senam dengan diiringi lagu termasuk ke dalam jenis olahraga senam umumnya. Adapun manfaat dari olahraga yang teratur, adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki otot dan tulang yang lebih kuat
  2. Memiliki tubuh yang lebih ramping karena olahraga dapat mengendalikan lemak tubuh
  3. Menurunkan resiko timbulnya diabetes
  4. Memiliki tekanan darah kolesterol yang lebih rendah
  5. Memiliki kehidupan yang lebih baik
  6. Memiliki kondisi tubuh yang fit akan mempunyai kualitas tidur yang lebih baik
  7. Menurunkan resiko mengalami kelebihan berat badan
  8. Memiliki kemampuan yang lebih dalam mengatasi tantangan fisik dan emosi yang harus mereka hadapi seperti berlari mengejar bis, membungkukkan badan untuk mengikat tali sepatu.
Dalam kegiatan senam ini, anak diharapkan dapat mengikuti kegiatan pengembangan fisik, meskipun pada awalnya anak-anak tidak dituntut untuk melakukan gerakan sesuai dengan pola atau contoh. Anak bergerak sesuai dengan ekspresi jiwanya atau keinginan hatinya, namun anak juga tidak menutup kemungkinan pada akhirnya dapat mengikuti semua gerakan dikarenakan seringnya anak melakukan gerakan dengan berulang-ulang sehingga terbiasa.
Dengan ekspresi anak akan menemukan pengalaman baru dan dengan mengikuti irama anak lebih bebas bergerak, berimajinasi serta berani menghadapi tantangan baru. Seperti yang dikemukakan oleh Sujiono (2007:9) bahwa:
“Pendekatan dalam kegiatan gerak berirama harus menekankan pada metodologi yang kreatif dan fleksibel yang menempatkan proses gerakan dan ekspresi diri terhadap irama lebih penting dari pada pola gerak yang dihasilkan.

Bahwa dalam perkembangan umumnya anak TK dapat melakukan kegiatan-kegiatan bergerak sebagai berikut :
a.    Menirukan, seperti yang telah penulis ungkapkan sebelumnya dalam upaya pengembangan kreativitas tari bahwa dalam bermain anak senang menirukan sesuatu yang dilihat. Anak dapat menirukan gerakan-gerakan yang dilihat baik dari televisi ataupun gerakan-gerakan yang secara langsung dilakukan oleh orang lain, berdasarkan tema maupun gerakan-gerakan binatang yang diamati.
b.    Manipulasi, dalam kegiatan ini anak-anak secara spontan menampilkan berbagai gerak-gerak dari obyek yang diamatinya. Namun dalam pengamatan dari obyek tersebut anak akan menampilkan sebuah gerakan yang hanya disukainya.
Menurut Kamtini dan Tanjung (2005:10) dalam bukunya yang berjudul Bermain Melalui Gerak dan Lagu di TK bahwa secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa karakteristik gerak fisik anak TK adalah :
1.        bersifat sederhana,
2.        bersifat maknawi dan bertema, artinya tiap gerak mengandung tema tertentu,

3.        gerak anak menirukan gerak keseharian orang tua dan juga orang-orang yang berada di sekitarnya,

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts