Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, April 18, 2017

SHAUM YANG DISUNAHKAN



1.   Shaum Senin-Kamis
    “ Dari Abu Hurairah r.a Dari Rasulullah SAW bersabda: Amal-amal perbuatanmu itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis, oleh karenanya aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang shaum” (HR. Tirmidzi)
2.   Shaum enam Hari pada bulan Syawwal
    “Diriwayatkan dari Abu Ayyub r.a Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : barang siapa yang shaum pada bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan shaum (sunah) enam hari pada bulan syawal, ia seakan-akan shaum sepanjang tahun.” (HR. Muslim)
3.   Shaum Tasu’a dan Asyuuraa (9-10 Muharram)
    “Dari Abu Hurairah r.a, Ia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW: Shaum yang paling utama setelah shaum Ramadhan adalah shaum pada bulan Muharam. Dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.”(HR. Muslim)
“Diriwayatkan dari Abu Qatadah r.a. Bahwasanya Rasulullah SAW, ditanya tentang Shaum Asyuuraa (tanggal 10 Muharam) kemudian beliau menjawab: Shaum itu dapat menebus dosa setahun yang telah lalu” (HR. Muslim)
Dari Ibnu Abbas r.a berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: seandainya saya masih hidup sampai tahun depan, niscaya saya akan shaum pada tanggal sembilan (bulan Muharam)” (HR. Muslim)
Dari Kedua hadist tersebut dapat disimpulkan bahwa Shaum sunnah Muharam dilaksanakan tanggal sembilan dan sepuluh. Shaum tanggal sembilan disunahkan berdasarkan rencana (niat) Nabi SAW. Untuk melaksanakannya. Jadi sekalipun beliau tidak sempat melaksanakannya kita tetap disunnahkan melakukannya. Sunah ini dinamakan Sunah Hamiyah (Cita-cita/rencana) Nabi yang tidak sempat beliau laksanakan.
4.   Shaum Daud
    Shaum Daud adalah Shaum yang dilaksanakan selang satu hari. Rasulullah SAW bersabda: Shaumlah sehari dan berbukalah sehari. Itu adalah Shaum Daud a.s Dan itu Shaum yang paling tangguh”. (H.R Muslim)
5.   Shaum pada bulan Sya’ban
    Rasulullah SAW suka meningkatkan frekuensi Shaum sunnah pada bulan Sya’ban. Sya’ban adalah bulan kedelapan pada penanggalan tahun Hijriyah. Sementara Ramadhan bulan kesembilan. Jadi sya’ban posisinya sebelum Ramadhan.
“Aisyah menjelaskan:”Tidak kelihatan oleh saya Rasulullah SAW melakukan Shaum dalam waktu satu bulan penuh kecuali Ramadhan, dan tidak satu bulan pun yang sehari-harinya lebih banyak diisi dengan Shaum oleh Nabi daripada bulan Sya’ban”, HR Bukhari Muslim.
Maksudnya Rasulullah SAW Shaum secara penuh selama satu bulan hanya di Bulan Ramadhan sementara bulan Sya’ban adalah bulan yang paling banyak diisi dengan Shaum sunnah oleh Nabi.
6.   Shaum pertengahan bulan
    “ Abdullah bin Amir bin ‘Ash r.a berkata, bahawa Rasulullah SAW bersabda:” Shaum tiga hari setiap bulan itu seperti Shaum sepanjang tahun”. (HR. Bukhari Muslim)
    “Abu Dzar r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda:”Apabila kamu Shaum tiga hari dalam sebulan, Shaumlah tanggal 13, 14, 15”(HR.Tirmidzi)
7.   Shaum Arafah
    Shaum Arafah adalah Shaum yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Disebut Shaum Arafah karena orang-orang yang melaksanakan ibadah haji sedang melaksanakan puncak ibadah haji yaitu wuquf di Arafah. Karena itu Shaum Arafah disunnahkan untuk orang-orang yang tidak melaksanakan ibadah haji. Sementara orang yang sedang melaksanakan ibadah haji (wuquf di Arafah) dilarang melaksanakan Shaum sunnah Arafah.
“ Rasulullah SAW ditanya tentang Shaum hari Arafah, beliau menjawab: dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan yang tersisa”(HR.Muslim)
“Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah SAW melarang Shaum arafah bagi mereka yang sedang berada di arafah (sedang haji)” (HR. Abu Daud dan Nasai)

SHAUM YANG DILARANG

1.   Shaum pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha
    “Abu Said r.a berkata: Rasulullah SAW telah melarang Shaum pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha (HR. Bukhari)
2.   Shaum pada hari Tasyriq
    “Hari Tasyriq itu adalah hari makan, minum dan menyebut/mengingat Allah “ (HR. Muslim)
3.   Shaum Sepanjang masa
    “Tidak sah Shaum orang yang ber Shaum selama-lamanya”(HR Bukhari)
Islam mengharamkan Shaum tanpa henti/jeda kecuali Ramadhan. Shaum yang disunnah maksimal adalah Shaum Daud atau niat Shaum lainnya tentu tidak dilarang.
4.   Shaum khusus pada hari Sabtu
“Janganlah kamu Shaum pada hari Sabtu, kecuali mengenai yang diwajibkan atasmu”.(HR Ahmad)
Kita dilarang mengkhususkan Shaum pada hari Sabtu. Kalau kita Shaum pada hari Sabtu dengan niat bayar qadha, niat Shaum Daud atau niat Shaum yang lainnya tentu tidak dilarang.
5.   Shaum khusus pada Hari Jum’at
“Abu Hurairah r.a berkata Rasulullah SAW telah bersabda:Janganlah sekali-kali salah seorang diantaramu Shaum pada hari Jum’at, kecuali ia bershaum pada hari sebelumnya atau hari sesudahnya”.
Kita dilarang mengkhususkan Shaum pada hari Jum’at. Kalau kita Shaum pada hari Jum’at dengan niat bayar qadha, niat Shaum Daud atau niat Shaum yang lainnya tentu tidak dilarang.
6.   Shaum di Arafah
7.   Shaum yang haid dan nifas
8.   Shaum yang meragukan
    Kalau mau melaksanakan Shaum Ramadhan kita harus mendapatkan kepastian apakah sudah masuk Ramadhan atau belum, Kalau belum ada kepastian, sebaiknya jangan Shaum, karena Shaum pada hari yang meragukan terlarang.
9.   Shaum wishal
Ialah Shaum yang berkesinambungan tanpa berbuka walaupun waktu berbuka telah tiba. Saat adzan Maghrib dia tidak berbuka hingga keesokan harinya. Shaum macam ini diharamkan dalam Islam.
“Hindarilah oleh kamu Shaum wishal…….”(HR. Bukhari)
10.       Shaum mendahului Ramadhan

“Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda:Janganlah kamu mendahului Ramadhan dengan Shaum sehari atau dua hari kecuali orang yang biasa bershaum, maka ia boleh shaum.”(HR. Muttafaq’alaih)

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts