Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, April 18, 2017

Prinsip dan Prosedur Penggunaan Teknik Melanjutkan Cerita


Ada beberapa prinsip penerapan teknik melanjutkan cerita dalam pembelajaran bercerita. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut.
1)        Disediakan sebuah cerita yang menggantung (dihilangkan sebagian) yang diperdengarkan atau dibaca siswa. Cerita yang dijadikan model adalah cerita dengan menghilangkan bagian akhir, awal atau tengah karangan.
2)        Sepenggal cerita model disediakan dengan memperhatikan kesesuaian dengan latar belakang siswa dan kemungkinan pengembangannya.
3)        Urutan isi dan penyelesaian bercerita dapat menggunakan pola urutan logis atau kronologis dan dapat juga dengan teknik penceritaan tertentu.
4)        Pengembangan cerita bersifat kontekstual bergantung pada imajinasi, kreasi, dan kedalaman gagasan.
5)        Kriteria penyelesaian cerita harus mengandung unsur kesatuan, kepaduan, kelengkapan, kelajuan cerita dan bahasa.
Sementar itu prosedur penyajiannya adalah sebagai berikut. Pertama, diperdengarkan/dibaca teks cerita yang sudah dihilangkan setengahnya pada bagian akhir. Kedua, siswa membaca/menyimak dan menangkap jalan pikiran/alur cerita. Ketiga, siswa mengembangkan imajinasi dan gagasan untuk menerka kelanjutan cerita tersebut. Keempat siswa bercerita atau mengembangkan sendiri kelanjutan cerita itu berdasarkan versinya sendiri secara kreatif dan imajinatif. Kemungkinan prosedur pembelajaran bercerita dengan menggunakan teknik melanjutkan cerita ialah sebagai berikut.
1)        Guru menyiapkan cerita yang menggantung dan dibacakan atau meminta siswa untuk membacanya.
2)        Siswa diminta menyimak/membaca cerita yang menggantung dalam beberapa waktu dan disuruh menangkap jalan pikiran yang ada serta mempertimbangkan kemungkinan pengembangannya atau penyelesaiannya.
3)        Siswa diminta menyiapkan catatan-catatan kecil sebagai persiapan bercerita atau melanjutkan cerita.

4)        Siswa diminta menyelesaikan cerita yang menggantung secara logis, sistematis, koheren dan kohesif.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts