RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK 
Semester/Minggu
ke/Hari ke :   I / 1 / 1
Hari
/tgl                          :  
Kelompok
usia                :   B
Tema/sub
tema                :   Diriku /Identitas Diri (Nama )
KD                                   :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3
– 3.12- 4.12
Materi                             :
  -      Aku
ciptaan Tuhan
-       
Menyayangi diri sendiri
-       
Berani tampil di depan umum
-       
Mengurus diri sendiri
-       
Menyanyi lagu Aku
-       
Fungsi identitas diri
-       
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan
main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat
dan bahan                :  -   Gambar
anak laki-laki dan anak perempuan
                                                  
-   Kertas,kartu nama,pensil
                                                  
-   Kertas gambar,krayon
Karakter                          :  Religius, Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.    
SOP Pembukaan
2.    
Guru memfasilitasi (menunjukkan,
membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber
atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai
dengan tema dan sub tema
3.    
Anak mengamati (dengan berbagai
indera) alat, bahan, sumber atau media
4.    
Anak diberi kesempatan untuk
menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.    
Guru dan anak menyepakati fokus
dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
B. INTI
| 
   Kegiatan  | 
  
   Aktivitas  | 
 
| 
   Mengamati  | 
  
   -       Anak
  mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian  | 
 
| 
   Menanya  | 
  
   -       Guru
  memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
  telah diamati -       Dalam
  keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
  diamati. Apakah bentuk gambar tersebut ? Yang sebelah kanan gambar siapa ? Yang sebelah kiri gambar siapa ?  | 
 
| 
   Menalar / menggali informasi  | 
  
   -       Guru
  memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
  mengenai anak laki-laki dan perempuan. -       Guru
  memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan. ·      Apa
  ciri-ciri anak laki-laki? ·      Apa ciri
  anak perempuan? ·      Ada berapa
  anak laki-laki di kelas ini? ·      Ada berapa
  anak perempuan di kelas ini?  | 
 
| 
   Menyimpulkan  | 
  
   -       Guru menyimpulkan
  informasi yang sudah terkumpul  | 
 
| 
   Mengkomunikasikan  | 
  
   -       Anak
  dapat menyebutkan kembali ciri-ciri anak laki & perempuan -       Anak dapat membuat
  gambar garis datar -       Anak
  dapat menempel gambar anak sesuai dengan urutan lambang bilangan 1 sampai 5 -       Menyanyikan
  lagu “aku”  | 
 
C. RECALLING:
1.    
Merapikan alat-alat yang telah
digunakan
2.     Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.     Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.     Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5.    
Penguatan pengetahuan yang
didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih
jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
     
| 
   KI  | 
  
   INDIKATOR
  PENCAPAIAN PEMBELAJARAN  | 
  
   HASIL
  PENILAIAN  | 
 |||
| 
   BB  | 
  
   MB  | 
  
   BSH  | 
  
   BSB  | 
 ||
| 
   Sikap Spiritual  | 
  
   Mensyukuri
  bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Sikap Sosial  | 
  
   Menggunakan
  kata sopan saat bertanya  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Pengetahuan  | 
  
   Menunjukkan
  diri anak  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Menyebutkan
  identitas diri dengan lengkap  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Dapat
  menyayangi dirinya sendiri  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Dapat
  menghitung teman sesuai jenis kelamin  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Keterampilan  | 
  
   Dapat
  mewarnai gambar dengan rapi  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Dapat
  menggambar anak sesuai jenis kelamin  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Dapat
  meniru menulis namanya sendiri  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
      
No comments:
Post a Comment