Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, November 9, 2020

RPPH SAINTIFIK KELOMPOK B MINGGU 1 HARI KE 5

 

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

TAMAN KANAK KANAK 

 


Semester/Minggu ke/Hari ke :   I / 1 / 5

Hari /tgl                          : 

Kelompok usia                :   B

Tema/sub tema                :   Diriku /Identitas diri (alamat)

KD                                   :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14

Materi                             :   -      Aku ciptaan Tuhan

-        Menjaga kebersihan diri

-        Berani tampil di depan umum

-        Fungsi identitas diri

-        Pengenalan expresi wajah

-        Hobyku

-        Menggerakkan jari-jari tangan

Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman

Alat dan bahan                :  -  Pensil, kertas, gunting

                                           -  Buku gambar

                                           -  Kursi

Karakter                          :  Peduli Sosial

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1.   Penerapan SOP pembukaan

2.   Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema

3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media

4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya

5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

 

B. INTI

 

Kegiatan

Aktivitas

Mengamati

-       Anak mengamati gambar jalan menuju sekolah

Menanya

-       Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati

-       Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.

Apakah bentuk gambar tersebut ?

Apa nama alamat rumahmu ?

Dimana alamat rumahmu ?

Menalar / menggali informasi

-       Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai alamat rumah.

-       Guru memberikan pertanyaan tentang alamat rumah.

·      Dimana alamat rumahmu?

·      Di daerah mana rumahmu?

Menyimpulkan

-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul

Mengkomunikasikan

-       Anak dapat menyebutkan kembali alamat rumahnya

-       Anak dapat membuat kartu nama

-       Anak dapat meniru bentuk huruf

 

C. RECALLING:

1.     Merapikan alat-alat yang telah digunakan

2.     Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain

3.     Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama

4.     Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya

5.     Penguatan pengetahuan yang didapat anak

 

D. PENUTUP

1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini

2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan

3. Menginformasikan kegiatan untuk besok

4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya

5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi

6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi

7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak

8. Penerapan SOP penutupan

 

E. RENCANA PENILAIAN

                     

KI

INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN

HASIL PENILAIAN

BB

MB

BSH

BSB

Sikap Spiritual

Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan

 

 

 

 

Sikap Sosial

Menggunakan kata sopan pada saat bertanya

 

 

 

 

Pengetahuan

Berani tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya

 

 

 

 

Menyebutkan alamat rumah dengan lengkap

 

 

 

 

Dapat menyebutkan huruf vokal

 

 

 

 

Keterampilan

Dapat membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah

 

 

 

 

Dapat membuat bentuk kartu nama alamat rumah

 

 

 

 

Dapat melompat dari kursi

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts