RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke /Hari ke : I / 1 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku/Identitas Diri (Mengurus diri
sendiri)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 -4.3– 3.12-
4.12 – 3.14 -4.13.
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menjaga kebersihan diri
-
Berani tampil di depan umum
-
Memberi dan membalas salam
-
Fungsi identitas diri
-
Hobyku
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
- Gambar
-
Gunting
- Pensil
Karakter : Peduli Sosial, Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan,
mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media
untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan
sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan |
Aktivitas |
Mengamati |
- Anak
mengamati gambar mainan-mainan secara bergantian |
Menanya |
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati - Dalam keadaan darurat
guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati. Apakah saja gambar mainan tersebut ? Mainan apa yang paling disukai ? Apa yang dilakukan sebelum sekolah? |
Menalar / menggali informasi |
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya cara mengurus diri
sendiri. - Guru memberikan
pertanyaan tentang kegiatan yang dilakukan sebelum sekolah. · Apa yang dilakukan
sebelum berangkat ke sekolah? · Mainan apa yang paling
disukai? · Ada berapa mainan dari
gambar itu?· |
Menyimpulkan |
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul |
Mengkomunikasikan |
- Anak dapat menggunting
gambar mainan kesukaan Anak dapat membuat urutan bilangan pada gambar
mainan kesukaan - Menyanyikan lagu “mandi” |
C. RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah
digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri
selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang
tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan
hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang
didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI |
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN |
HASIL
PENILAIAN |
|||
BB |
MB |
BSH |
BSB |
||
Sikap Spiritual |
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan |
|
|
|
|
Sikap Sosial |
Menggunakan
kata sopan saat bertanya |
|
|
|
|
Pengetahuan |
Berani
tampil di depan temannya |
|
|
|
|
Menyebutkan
identitas diri dengan lengkap |
|
|
|
|
|
Dapat
memberi dan membalas salam yang baik |
|
|
|
|
|
Keterampilan |
Dapat
menggunting gambar dengan rapi |
|
|
|
|
Dapat
menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar |
|
|
|
|
|
Dapat
membuat urutan bilangan dengan benar |
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment