Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, November 9, 2020

RPPH SAINTIFIK TK KELOMPOK B TEMA DIRIKU

 

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

TAMAN KANAK KANAK 

 


Semester/Minggu ke /Hari ke            :   I / 1 / 3

Hari /tgl                          :  

Kelompok usia                :   B

Tema/sub tema                :   Diriku/Identitas Diri (Mengurus diri sendiri)

KD                                   :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 -4.3– 3.12- 4.12 – 3.14 -4.13.

Materi                             :   -      Aku ciptaan Tuhan

-        Menjaga kebersihan diri

-        Berani tampil di depan umum

-        Memberi dan membalas salam

-        Fungsi identitas diri

-        Hobyku

-        Menggerakkan jari-jari tangan

Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman

Alat dan bahan                :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan

                                           -   Gambar

                                           -   Gunting

                                           -   Pensil

Karakter                          :  Peduli Sosial, Kreatif

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1.   Penerapan SOP pembukaan

2.   Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema

3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media

4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya

5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

 

B. INTI

Kegiatan

Aktivitas

Mengamati

-       Anak mengamati gambar mainan-mainan secara bergantian

Menanya

-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati

-    Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.

Apakah saja gambar mainan tersebut ?

Mainan apa yang paling disukai ?

Apa yang dilakukan sebelum sekolah?

Menalar / menggali informasi

-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya cara mengurus diri sendiri.

-    Guru memberikan pertanyaan tentang kegiatan yang dilakukan sebelum sekolah.

·    Apa yang dilakukan sebelum berangkat ke sekolah?

·    Mainan apa yang paling disukai?

·    Ada berapa mainan dari gambar itu?·

Menyimpulkan

-    Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul

Mengkomunikasikan

-    Anak dapat menggunting gambar mainan kesukaan

Anak dapat membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan

-    Menyanyikan lagu “mandi”

 

C. RECALLING:

1.     Merapikan alat-alat yang telah digunakan

2.     Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain

3.     Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama

4.     Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya

5.     Penguatan pengetahuan yang didapat anak

 

D. PENUTUP

1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini

2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan

3. Menginformasikan kegiatan untuk besok

4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya

5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi

6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi

7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak

8. Penerapan SOP penutupan

 

E. RENCANA PENILAIAN

 

KI

INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN

HASIL PENILAIAN

BB

MB

BSH

BSB

Sikap Spiritual

Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan

 

 

 

 

Sikap Sosial

Menggunakan kata sopan saat bertanya

 

 

 

 

Pengetahuan

Berani tampil di depan temannya

 

 

 

 

Menyebutkan identitas diri dengan lengkap

 

 

 

 

Dapat memberi dan membalas salam yang baik

 

 

 

 

Keterampilan

Dapat menggunting gambar dengan rapi

 

 

 

 

Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar

 

 

 

 

Dapat membuat urutan bilangan dengan benar

 

 

 

 

 

                                  

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts