RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK 
Semester/Minggu
ke /Hari Ke           :   I / 1 / 2
Hari
/tgl                          :   
Kelompok
usia                :   B
Tema/sub
tema                :   Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD                                   :  1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10
-4.310– 3.12- 4.12
Materi                             :   -     
Aku ciptaan Tuhan
-       
Menyayangi diri sendiri
-       
Menjaga kebersihan diri
-       
Mengurus diri sendiri
-       
Menyanyi lagu Aku
-       
Identitas diri dengan lengkap
-       
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan
main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat
dan bahan                :  -  
Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                  
-   Kertas,kartu kata,pensil
                                                  
-   Kertas gambar,krayon,
Plastisin
Karakter                          : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.      
Penerapan SOP pembukaan
2.      
Guru memfasilitasi (menunjukkan,
membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber
atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai
dengan tema dan sub tema
3.      
Anak mengamati (dengan berbagai
indera) alat, bahan, sumber atau media
4.      
Anak diberi kesempatan untuk
menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.      
Guru dan anak menyepakati fokus
dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.      
Mengenalkan kegiatan dan aturan
yang digunakan bermain
B. INTI
| 
   Kegiatan  | 
  
   Aktivitas  | 
 
| 
   Mengamati  | 
  
   -       Anak
  mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian  | 
 
| 
   Menanya  | 
  
   -    Guru memberikan
  kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati -    Dalam keadaan darurat
  guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati. Apa perbedaan laki-laki dan perempuan ? Ada berapa anak laki-laki ? Ada berapa anak perempuan ?  | 
 
| 
   Menalar / menggali informasi  | 
  
   -    Guru memberikan
  kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai anak
  laki-laki dan perempuan. -    Guru memberikan
  pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan. ·    Apa ciri-ciri anak
  laki-laki? ·    Apa ciri anak perempuan? ·    Ada berapa anak
  laki-laki di kelas ini? ·    Ada berapa anak
  perempuan di kelas ini?  | 
 
| 
   Menyimpulkan  | 
  
   -    Guru menyimpulkan
  informasi yang sudah terkumpul  | 
 
| 
   Mengkomunikasikan  | 
  
   -    Anak dapat menyebutkan
  kembali ciri-ciri anak laki & perempuan -    Anak dapat membuat
  bentuk orang dengan plastisin -    Anak dapat meniru huruf
  awal dari nama anak -   | 
 
C. RECALLING:
1.  
Merapikan alat-alat yang telah
digunakan
2.  
Diskusi tentang perasaan diri
selama melakukan kegiatan bermain
3.  
Bila ada perilaku yang kurang
tepat harus didiskusikan bersama
4.  
Menceritakan dan menunjukkan
hasil karyanya
5.  
Penguatan pengetahuan yang
didapat anak
6.  
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      
| 
   KI  | 
  
   INDIKATOR
  PENCAPAIAN PEMBELAJARAN  | 
  
   HASIL
  PENILAIAN  | 
 |||
| 
   BB  | 
  
   MB  | 
  
   BSH  | 
  
   BSB  | 
 ||
| 
   Sikap Spiritual  | 
  
   Mensyukuri
  bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Sikap Sosial  | 
  
   Menggunakan
  kata sopan saat bertanya  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Pengetahuan  | 
  
   Menunjukkan
  diri anak  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Menyebutkan
  identitas diri dengan lengkap  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Dapat
  membedakan anak laki-laki dan perempuan  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Keterampilan  | 
  
   Dapat
  membentuk dengan plastisin  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   Dapat
  menebali suku kata awal sama dari nama temannya  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Dapat
  mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   Dapat
  meniru menulis nama temannya   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
No comments:
Post a Comment