RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke /Hari Ke : I / 1 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10
-4.310– 3.12- 4.12
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi diri sendiri
-
Menjaga kebersihan diri
-
Mengurus diri sendiri
-
Menyanyi lagu Aku
-
Identitas diri dengan lengkap
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
- Kertas,kartu kata,pensil
- Kertas gambar,krayon,
Plastisin
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan,
membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber
atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai
dengan tema dan sub tema
3.
Anak mengamati (dengan berbagai
indera) alat, bahan, sumber atau media
4.
Anak diberi kesempatan untuk
menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.
Guru dan anak menyepakati fokus
dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.
Mengenalkan kegiatan dan aturan
yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan |
Aktivitas |
Mengamati |
- Anak
mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian |
Menanya |
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati - Dalam keadaan darurat
guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati. Apa perbedaan laki-laki dan perempuan ? Ada berapa anak laki-laki ? Ada berapa anak perempuan ? |
Menalar / menggali informasi |
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai anak
laki-laki dan perempuan. - Guru memberikan
pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan. · Apa ciri-ciri anak
laki-laki? · Apa ciri anak perempuan? · Ada berapa anak
laki-laki di kelas ini? · Ada berapa anak
perempuan di kelas ini? |
Menyimpulkan |
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul |
Mengkomunikasikan |
- Anak dapat menyebutkan
kembali ciri-ciri anak laki & perempuan - Anak dapat membuat
bentuk orang dengan plastisin - Anak dapat meniru huruf
awal dari nama anak - |
C. RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah
digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri
selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang
tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan
hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang
didapat anak
6.
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI |
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN |
HASIL
PENILAIAN |
|||
BB |
MB |
BSH |
BSB |
||
Sikap Spiritual |
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan |
|
|
|
|
Sikap Sosial |
Menggunakan
kata sopan saat bertanya |
|
|
|
|
Pengetahuan |
Menunjukkan
diri anak |
|
|
|
|
Menyebutkan
identitas diri dengan lengkap |
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan anak laki-laki dan perempuan |
|
|
|
|
|
Keterampilan |
Dapat
membentuk dengan plastisin |
|
|
|
|
Dapat
menebali suku kata awal sama dari nama temannya |
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin |
|
|
|
|
|
Dapat
meniru menulis nama temannya |
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment