Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, November 9, 2020

RPPH SAINTIFIK TK KELOMPOK B TEMA DIRIKU MINGGU 1

 

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

TAMAN KANAK KANAK 

 


Semester/Minggu ke/ Hari ke            :   I / 1 / 4

Hari /tgl                          :  

Kelompok usia                :   B

Tema/sub tema                :   Diriku /Identitas Diri (Usia)

KD                                   :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14

Materi                             :   -      Aku ciptaan Tuhan

-        Menyayangi diri sendiri

-        Berani tampil di depan umum

-        Fungsi identitas diri

-        Pengenalan expresi wajah

-        Hobyku

-        Menggerakkan jari-jari tangan

Kegiatan main                 :     Kelompok dengan kegiatan pengaman

Alat dan bahan                :  -  Kue ulang tahun kecil

                                           -  Pensil,buku tulis

                                           -  Benda-benda

Karakter                          : Toleransi

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1.   Penerapan SOP pembukaan

2.   Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema

3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media

4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya

5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

 

B. INTI

 

Kegiatan

Aktivitas

Mengamati

-    Anak mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian

Menanya

-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati

-    Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.

Angka berapa pada gambar itu ?

Anak laki-laki usia berapa ?

Anak perempuan usia berapa ?

Menalar / menggali informasi

-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai usia anak laki-laki dan perempuan.

-    Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.

·    Berapa usia anak laki-laki itu?

·   Berapa usia anak perempuan itu ?

Menyimpulkan

-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul

Mengkomunikasikan

-    Anak dapat menghiasi kue ulang tahun

-    Anak dapat bercerita tentang kata ganti aku

-    Anak dapat memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya

-    Meniru menulis angka sesuai usia anak

 

 

 

 

 

 

C. RECALLING:

        1.   Merapikan alat-alat yang telah digunakan

        2.   Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain

        3.   Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama

        4.   Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya

        5.   Penguatan pengetahuan yang didapat anak

 

D. PENUTUP

1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini

2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan

3. Menginformasikan kegiatan untuk besok

4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya

5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi

6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi

7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak

8. Penerapan SOP penutupan

 

E. RENCANA PENILAIAN

     

KI

INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN

HASIL PENILAIAN

BB

MB

BSH

BSB

Sikap Spiritual

Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan

 

 

 

 

Sikap Sosial

Menggunakan kata sopan saat bertanya

 

 

 

 

Pengetahuan

Berani tampil di depan temannya

 

 

 

 

Menyebutkan usia anak

 

 

 

 

Dapat memberi dan membalas salam

 

 

 

 

Keterampilan

Dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya

 

 

 

 

Dapat menghiasi kue ulang tahun

 

 

 

 

Dapat menulis angka sesuai usianya sendiri

 

 

 

 

                     

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts