Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, April 2, 2021

Soal Ujian Sekolah SMA Mapel Pendidikan Agama Kristen

 

1.    Gereja memiliki pengakuan bahwa terbentuknya gereja adalah ..

a.    Karena ALLAH telah memanggil.

b.    Karena orang-orang yang berkepentingan sama merasa perlu untuk bersatu.

c.    Gereja sama dengan persekutuan.

d.    Gereja sama organisasinya dengan lembaga lain.

e.    Gereja memiliki hakikat yang sama dengan persekutuan.

 

2.    Suatu perkumpulan yang dilembagakan oleh Undang-Undang, adat, dan kebiasaan atau juga dapat berarti perkumpulan, paguyuban, organisasi sosial yang berkenaan dengan masyarakat adalah pengertian dari ...

a.  Instituti sosial.

b.  Kumpulan sosial.

c.   Lembaga adat.

d.  Masyarakat awam.

e.  Struktur.

 

3.    Dalam surat 1 Korintus 3:19, Gereja yang bersekutu itu disebut ...

a.    Sahabat setia ALLAH.

b.    Penasihat umat ALLAH.

c.    Pengatur jemaat ALLAH.

d.    Kawan sekerja ALLAH.

e.    Hamba ALLAH.

 

4.    “Gereja berada di dalam dunia, tetapi ia tidak berasal dari dunia.” Kalimat itu berasal dari injil ...

a.    Matius 17 : 15.        c. Lukas 17 : 14.     

b.    Markus 17 : 13.         d. Yohanes 17

e.   Yohanes 17 : 12.

 .

5.    Kerajaan ALLAH merupakan suatu realitas yang berlangsung dalam kehidupan kita. Artinya, Kerajaan ALLAH telah ...

a.    Dimulai dalam karya Yesus Kristus di dunia.

b.    Digenapi oleh ALLAH.

c.    Diutus menjadi rekan sekerja ALLAH.

d.    Dinyatakan .

e.    Disingkapkan dalam kehidupan gereja.

 

6.    Dalam 1 Petrus 2 : 9, Gereja dipanggil dan diutus untuk ....

a.    Meneladani ALLAH.

b.    Memberitakan perbuatan ALLAH.

c.    Keluar dari kegelapan.

d.    Menjadi terang yang ajaib.

e.    Terpilih sebagai umat kepunyaan-Nya.

 

7.    Sola Gracia artinya hanya oleh ...

a.    Alkitab.         c. Iman.    e. Gereja.

b.    Anugerah.    d. Firman.

 

8.    Berikut adalah fungsi kembaga keagamaan bagi manusia, kecuali ....

a.    Tempat manusia melaksanakan pengungkapan hubungan dengan tuhan dan sesamanya.

b.    Tempat mendapatkan pembinaan keagamaan.

c.    Sebagai lembaga yang menyelamatkan.

d.    Tempat menyalurkan kebutuhan untuk dekat dengan TUHAN.

e.    Tempat mengenal siapa yang berkuasa dalam hidup ini.

9.    Berikut ini, yang termasuk perbuatan menyampaikan “kabar baik bagi orang miskin, dan pembebasan bagi orang yang tertindas” adalah ...

a.    Berlaku seperti orang miskin.

b.    Memperjuangkan hak orang miskin dan orang yang tertindas.

c.    Menjual proyek atas nama orang miskin dan orang tertindas.

d.    Mengatasi kemiskinan dengan segala cara.

e.    Melakukan kegiatan untuk orang miskin asal mereka masuk agama kristen.

 

10.  Berikut adalah tanggungjawab orang kristen terhadap pemerintah, kecuali ...

a.    Tunduk dan taat kepada semua perintah pemerintah.

b.    Membayar pajak pada waktunya.

c.    Menghormati pemerintah sebagai alat yang TUHAN pakai untuk mengatur rakyat.

d.    Bertanggungjawab dengan tugas yang pemerintah percayakan.

e.    Mengikuti peraturan yang telah ditetapkan bersama dalam rakyat.

 

11.  Gereja berbeda dengan persekutuan lain karena dibangun atas dasar ...

a.    Persekutuan di dalam Yesus Kristus.

b.    Karena ada kebutuhan bersama.

c.    Dibangun oleh mereka yang mempunyai modal.

d.    Sesuai dengan kehendak gembala sidang.

e.    Kepentingan keselamatan.

 

12.  Dibawah ini, yang merupakan salah satu dari tiga pokok utama yang menjadi tantangan bagi kehidupan bergereja adalah tantangan ....

a.    Mashotisme.    c. Politik.    e. Zaman modern.

b.    Materialisme .  d. Teologi sukses.

 

13.  Gereja mulai memandang bahwa yang paling penting adalah urusan fisik gereja                                (sarana dan prasarana). Oleh karena itu, seluruh kegiatan gereja difokuskan pada pembangunan gereja secara fisik. Hal ini adalah tantangan yang dihadapi gereja dalam pokok aspek ....

a.    Aliran dalam kekristenan.  d. Teologi sukses.

b.    Materialisme.                       e. Zaman canggih.

c.    Pola hidup instan.

14. Sikap krisits terhadap tantangan yang dihadapi gereja adalah saling ....

a.   Tidak perlu menanggapi kritikan dari luar anggota jemaat.

b.   Menjelekkan setiap denominasi dalam gereja.

c.   Menasehati dengan tulus jika ada bertindak atau berpikir keliru.

d.   Menerima semua tantangan yang ada dalam masyarakat.

e.   Melawan perlakuan yang tidak adil terhadap gereja dengan cara apa pun.

15. Tantangan yang dihadapi gereja sehubungan dengan materialisme adalah ...

a.   Gedung gereja memang penting, tetapi iman tidak hanya diukur dari gedungnya.

b.   Harta dianggap tidak terlalu penting.

c.   Harta menjadi ukuran ukuran segalanya termasuk ukuran iman.

d.   Salah satu bagian penting dalam pembangunan jemaat.

e.   Yang paling penting dalam jemaat adalah iman yang berkualitas.

16.Sikap kritis anggota terhadap aktivitas yang berlangsung di dalam gereja adalah ....

a.   Mengkritik semua perkembangan gereja.

b.   Mencela perubahan yang tidak kita mengerti.

c.   Menerima perubahan yang dapat membangun jemaat asal sesuai Alkitab.

d.   Mengajak warga gereja berdemonstrasi jika tidak setuju dengan kebijakan pendeta.

e.   Menerima semua perkembangan dalam gereja yang menguntungkan gereja.

17.Gereja tidak hidup bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi lingkungan di sekitarnya. Hal ini merupakan wujud dari ...

a.   Tugas perutusan gereja.        

b.   Hak gereja untuk mengatur dirinya.

c.   Sekedar tanggungjawab gereja.

d.   Dasar pembentukan gereja perdana.

e.   Keberadaan gereja yang sebenarnya.

18.Gereja hendaknya menyikapi perkembangan di segala bidang yang terjadi di sekitarnya. Sikap gereja adalah ...

a.   Mengikuti saja apa yang terjadi dan tidak perlu takut dengan globalisasi.

b.   Membangun sikap kritis terhadap apa yang terjadi dalam memberikan kontribusi sekadarnya.

c.   Mencermati, menilai, dan aktif memberikan solusi nyata demi kemajuan bersama.

d.   Toleransi, menerima, dan memberi gagasan yang terbaik.

e.   Arogansi mempertahankan pendapatnya.

19.Hubungan di mana gereja diasingkan dari negara merupakan model hubungan ....

a.   Pemisahan gereja dengan negara.       

b.   Terpisah dalam permusuhan.

c.   Mapan.

d.   Didukung oleh negara.

e.   Gereja mengurus dirinya sendiri.

20. Di dalam konteks kehidupan berbangsa, salah satu tugas perutusan gereja adalah ....

a.   Melayani pemerintah karena telah mengabdi kepada masyarakat.

b.   Mendidik kader politikus masa depan bangsa.

c.   Menjadi alat bagi negara menghadirkan pekerja profesional.

d.   Mewujudkan perdamaian, keadilan, dan keutuhan ciptaan.

e.   Menjaga kebersamaan sesama warga gereja.

21. Salah satu keprihatinan terkait keterlibatan gereja dalam kehidupan berbangsa adalah lemahnya, bahkan hilangnya, fungsi kritis gereja terhadap negara. Hal itu tampak saat gereja ....

a.   Melemahnya lembaga-lembaga gereja.

b.   Menurunnya aktivitas gereja yang terlibat dalam percaturan politik.

c.   Tunduk pada kebijakan negara, sehingga pemahaman mengenai misi gereja melemah.

d.   Program-program gereja sudah ketinggalan zaman.

e.   Menjadi oposisi bagi negara jika terjadi kebijakan negara yang tidak seimbang.

22.Jika anda merasa bahwa orang lain memiliki keyakinan agama yang berbeda dari anda, sikap anda sebaliknya ...

a.   Berusaha meyakinkannya tentang kebenaran iman anda, tanpa menyalahkan keyakinannya.

b.   Menghormatinya menjalankan keyakinannya tersebut dengan penuh tanggungjawab.

c.   Mengajaknya dengan halus untuk mengingkari ajarannya itu dan berbalik memusuhinya.

d.   Mengatakan bahwa iman anda besar sehingga ia harus meninggalkan keyakinannya itu.

e.   Mengusahakan sikap yang sopan di depannya dan perlahan-lahan menjauhinya.

23. Yeremia 29 : 7 berisi dorongan sekaligus perintah bagi bangsa Israel mengenai pentingnya keterlibatan aktif mereka dalam membangun wilayah di mana pun mereka berada. Hal yang ditekankan dalam nas tersebut adalah ....

a.   Mengusahakan dan mendoakan kesejahteraan kota.

b.   Mendoakan upaya perluasan wilayah kekuasaan.

c.   Mengupayakan keamanaan keluarga.

d.   Membangun kerukunan warga kota.

e.   Membina hubungan yang sempurna dengan pemerintah.

24.Tokoh terbesar dunia yang memperjuangkan kesetaraan, keadilan, dan kebenaran untuk semua orang serta memperhatikan orang miskin dan pendosa, yang disisihkan dan diperlakukan tidak adil oleh golongan lain, adalah ....

a.   Brahman.                       d. Sidharta Gautama.

b.   Buddha Dharma.          e. Yesus Kristus.

c.   Muhammad

25. Agama kristen memiliki sejumlah symbol. Yang paling populer adalah salib, melambangkan ...

a.   Kesuksesan.             d. Sukacita.

b.   Kemerdekaan.          e. Kemenangan.

c.   Penderitaan                                           

26.Pada masa awal kekristenan, umat sering menggunakan ayam jago (Mat. 26:74-75). Hal ini mengingatkan kita kepada peristiwa ....

a.   Tomas kurang percaya kepada kebangkitan Yesus.

b.   Yohanes dan Yakobus meminta kedudukan dalam kerajaan surga.

c.   Malam terakhir sebelum Yesus diadili dan akhirnya disalibkan.

d.   Penyangkalan Petrus saat Yesus diadili di hadapan iman Kayafas.

e.   Pagi-pagi subuh saat Maria Magdalena mengunjungi kubur Yesus.

27. Dibawah ini, yang termasuk jenis symbol sebagai objek adalah ....

a.   Haleluya.     c. Syalom.          e. Sion.

b.   Salib.            d. Paskah.

28. Symbol yang melambangkan tubuh dan darah kristus adalah ....

a.   Merpati dan air zam-zam    d. Roti dan sirup

b.   Roti dan anggur                  e. Daging dan nira

c.   Nasi dan anggur                                    

29. HAM melekat secara kodrati pada diri manusia dan oleh iman kristen dipahami sebagai ....

a.   Hak yang didapatkan sesuai kemampuan manusia.

b.   Karunia ALLAH kepada setiap manusia.

c.   Pemberian negara sebagai penghargaan.

d.   Hak yang boleh digunakan sesuka hati.

e.   Hak yang hanya dimiliki orang tertentu.

30. Salah satu sifat dasar dari HAM adalah Universal, artinya ...

a.   HAM berlaku bagi setiap manusia di seluruh dunia tanpa perbedaan apa pun.

b.   HAM berlaku bagi setiap manusia hanya dibedakan soal usia.

c.   HAM berlaku bagi setiap manusia dengan melihat dan membedakan jenis kelamin.

d.   HAM berlaku bagi manusia berdasarkan suku, bangsa, etnis, dan warna kulit.

e.   HAM diberlakukan bedasarkan agama dan golongan.

31. HAM bersifat Fundamental, artinya ...

a.   HAM berlaku bagi setiap manusia sejak di dalam kandungan sampai mati.

b.   HAM yang ada pada manusia menunjukkan bahwa manusia sama dengan ciptaan lainnya.

c.   HAM belum pernah dilanggar oleh siapa pun.

d.   HAM dapat saja dirampas oleh sesama manusia asal mempunyai kekuatan hukum.

e.   HAM yang ada pada setiap manusia sama saja dengan hak-hak lain.

32. yang tidak termasuk ciri-ciri HAM berikut ini adalah ....

a.   Dimiliki oleh pribadi atau kelompok.

b.   Mengikat siapa pun sehingga tidak dapat ditiadakan.

c.   Tanpa Hak Asasi seseorang akan kehilangan kemanusiaannya.

d.   Tidak dapat dirampas oleh siapa pun.

e.   Tidak dapat dicabut oleh manusia.

33.Contoh perwujudan HAM yang bertentangan dengan iman kristen dalam hal memeluk dan melaksanakan agama/kepercayaan adalah ...

a.   Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

b.   Menghargai sesama dalam menjalankan ibadahnya.

c.   Memaksa orang lain menghargai hari raya besar agama yang kita anut.

d.   Beribadah sesuai dengan kepercayaaan kita dan tidak mengganggu orang yang berbeda agamadengan kita.

e.   Menciptakan suasana yang aman bagi orang lain untuk beribadah.

34. Manusia tidak hanya memiliki hak-hak, tetapi juga kewajiban-kewajiban. Hal itu dapat kita lihat pada Hak Manusia yang bebas dan bermartabat yang membawa manusia pada kewajiban untuk ...

a.   Menghormati kebebasan dan martabat orang lain.

b.   Memelihara ciptaan orang lain.

c.   Menjaga kelestarian lingkungan.

d.   Menghormati teman seiman.

e.   Menjaga ketertiban dalam masyarakat

35.Perwujudan nilai demokrasi yang bertentangan dengan iman kristen berikut ini adalah ....

a.   Pengambilan keputusan ditentukan pemerintah karena pemerintah tidak pernah salah.

b.   Pemerintah yang kekuasaan tertingginya ada di tangan rakyat.

c.   Pemerintah yang berlangsung demi kepentingan rakyat.

d.   Pemerintah yang di dalamnya terdapat kebebasan, persamaan, dan permusyawaratan rakyat.

e.   Pengambilan keputusan yang mencerminkan partisipasi aktif dari setiap warga dan demi keadilan.

36. Kebebasan yang dimaksudkan dalam makna demokrasi adalah ....

a.   Kebebasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

b.   Kebebasan yang tidak terkontrol.

c.   Kebebasan yang tidak terbatas.

d.   Kebebasan yang diatur sesuai kehendak penguasa.

e.   Kebebasan yang tanpa aturan.

37. Persamaan yang dimaksudkan dalam makna demokrasi adalah ....

a.   Persamaan derajat di hadapan TUHAN.

b.   Persamaan tugas-tugas.

c.   Persamaan pendapatan.

d.   Persamaan kekuatan.

e.   Persamaan hak dan kewajiban.

38.Contoh mewujudkan damai sejahtera dalam proses pembelajaran berikut ini adalah ...

a.   Menyelesaikn tugas-tugas/PR teman.

b.   Menghargai guru dan teman-teman dalam kelas.

c.   Mentraktir teman setiap hari.

d.   Mengabiskan waktu bersenang-senang bersama teman-teman.

e.   Mengerjakan tugas saat diawasi oleh guru.

39. Cara mewujudkan damai sejahtera adalah dengan .....

a.   Menceritakan kejelekan/kelemahan teman kepada orang lain.

b.   Menegur teman dengan sopan saat dia melakukan kesalahan.

c.   Berbahasa santun untuk mendapat pujian.

d.   Membuat surat kaleng tentang kesalahan orang lain.

e.   Memaki orang yang melakukan kesalahan.

40. Contoh sikap membawa damai sejahtera dalam pergaulan sehari-hari adalah ...

a.   Bergaul bebas dengan siapa saja tanpa batas.

b.   Memilih teman bergaul dengan selektif berdasarkan status sosial.

c.   Berpenampilan menarik dan sopan agar tidak memancing orang lain berbuat jahat.

d.   Berpenampilan menarik agar dapat disebut sebagai anak gaul.

e.   Berusaha menjadikan diri sebagai idola dalam pergaulan.

41. Contoh sikap mewujudkan damai sejahtera dalam keluarga adalah ...

a.   mengusahakan agar tidak pernah keluar dari rumah jika ada orangtua di rumah.

b.   Setiap pulang ke rumah, kita menyiapkan oleh-oleh untuk anggota keluarga.

c.   Tidak menerima teman untuk bertemu saat orangtua dan keluarga lain ada di rumah.

d.   Berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan bagi semua anggota keluarga.

e.   Melakukan apa saja yang penting anggota keluarga senang dan diuntungkan.

42. Makna damai sejahtera juga dapat digambarkan dengan pernyataan berikut ini, kecuali ....

a.   Sukacita karena berhasil memperdayakan teman.

b.   Bebas dari perselisihan dan ancaman musuh.

c.   Ketakutan dan keteguhan hati untuk percaya kepada TUHAN.

d.   Sukacita karena telah dipulihkan di dalam ALLAH.

e.   Sukacita karena telah mendapat pengampunan dosa.

43. Contoh sikap berdamai dengan lingkungan dapat kita wujudkan dengan cara berikut, kecuali ...

a.   Membersihkan lingkungan jika disuruh pemerintah.

b.   Ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan masyarakat di lingkungan kita.

c.   menjaga ketertiban lingkungan.

d.   menjaga keindahan lingkungan.

e.   menjaga dan menciptakan kebersihan lingkungan.

44.Sikap pelajar kristen yang tepat terhadap gaya hidup “ Pergaulan Bebas” untuk mewujudkan damai sejahtera dari ALLAH adalah ...

a.   Ikuti saja sebatas kita dapat membiayai kebutuhan kita.

b.   Setuju bebas tetapi tidak melakukan hubungan seks.

c.   Setuju melakukannya asal berani menanggung resiko.

d.   Boleh bergaul dengan semua orang asal mampu menjaga diri dari sesuai dengan iman kristen.

e.   Setuju bebas asalkan membuat kita dan teman-teman merasa damai.

45.Yesus menyebut orang yang membawa damai di tengah-tengah kehidupannya sebagai ...

a.   Anak-anak baik.

b.   Anak-anak ALLAH.

c.   Anak-anak penurut.

d.   Anak-anak manusia.

e.   Anak-anak benar.

46.Remaja kristen harus menjadi teladan dan senantiasa menciptakan lingkungan yang nyaman bagi orang lain agar tercipta kedamaian. Hal ini dapat kita pahami melalui gambaran Yesus dalam Cerita tentang ...

a.   Garam dan terang.  

b.   Penabur.                                 

c.   Gembala yang baik.                              

d.   Yesus memberi makan 5000 orang.

e.   Anak yang hilang.

47. Contoh dampak dari pergaulan remaja yang menciptakan suasana tidak damai adalah ...

a.   Pergaulan bebas.

b.   Pergaulan terkontrol.

c.   Pergaulan yang bertanggung jawab.

d.   Pergaulan yang mendahulukan kepentingan orang lain.

e.   Pergaulan yang mampu menghargai orang lain.

48.Contoh-contoh pergaulan yang dapat berdampak buruk dalam perkembangan karakter remaja kristen sehingga sangat sulit mencpai hidup damai sejahtera adalah sebagai berikut, kecuali ...

a.   Ngedugem (berhura-hura).

b.   Merokok.

c.   Menikmati narkoba.

d.   Mengikuti semua model.

e.   Pencinta alam.

49.Orang percaya hendaknya berfungsi sebagai “Terang Dunia”, maksudnya adalah ...

a.   Selalu menyalakan lampu agar terang di sekitarnya.

b.   Orang percaya hendaknya menjadi telada dalam melakukan kebaikan dan kebenaran.

c.   Mengusahakan banyak hal yang bersinar agar dunia tidak lengkap.

d.   Bertanggungjawab untuk dirinya sendiri.

e.   Menjadi pembawa terang agar orang lain tidak tersesat.

50. Contoh sikap mewujudkan fungsi sebagai “Garam” di sekolah adalah ...

a.   Menolong teman menyelesaikan tugas ujian.

b.   Melaporkan kepada guru semua perbuatan teman yang tidak kita sukai.

c.   Melaporkan kepada polisi semua perbuatan yang dilakukan teman di sekolah yang menurut kita tidak baik.

d.   Membocorkan kepada teman-teman lain di luar sekolah, arsip-arsip penting di sekolah.

e.   Mengajak teman-teman untuk menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah.

 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts