1. Gereja memiliki pengakuan bahwa
terbentuknya gereja adalah ..
a. Karena ALLAH telah memanggil.
b. Karena orang-orang yang berkepentingan
sama merasa perlu untuk bersatu.
c. Gereja sama dengan persekutuan.
d. Gereja sama organisasinya dengan
lembaga lain.
e. Gereja memiliki hakikat yang sama
dengan persekutuan.
2. Suatu perkumpulan yang dilembagakan
oleh Undang-Undang, adat, dan kebiasaan atau juga dapat berarti perkumpulan,
paguyuban, organisasi sosial yang berkenaan dengan masyarakat adalah pengertian
dari ...
a. Instituti sosial.
b. Kumpulan sosial.
c. Lembaga adat.
d. Masyarakat awam.
e. Struktur.
3. Dalam surat 1 Korintus 3:19, Gereja
yang bersekutu itu disebut ...
a. Sahabat setia ALLAH.
b. Penasihat umat ALLAH.
c. Pengatur jemaat ALLAH.
d. Kawan sekerja ALLAH.
e. Hamba ALLAH.
4. “Gereja berada di dalam dunia, tetapi
ia tidak berasal dari dunia.” Kalimat itu berasal dari injil ...
a. Matius 17 : 15. c. Lukas 17
: 14.
b. Markus 17 : 13. d. Yohanes 17
e.
Yohanes 17 : 12.
.
5. Kerajaan ALLAH merupakan suatu realitas
yang berlangsung dalam kehidupan kita. Artinya, Kerajaan ALLAH telah ...
a. Dimulai dalam karya Yesus Kristus di
dunia.
b. Digenapi oleh ALLAH.
c. Diutus menjadi rekan sekerja ALLAH.
d. Dinyatakan .
e. Disingkapkan dalam kehidupan gereja.
6. Dalam 1 Petrus 2 : 9, Gereja dipanggil
dan diutus untuk ....
a. Meneladani ALLAH.
b. Memberitakan perbuatan ALLAH.
c. Keluar dari kegelapan.
d. Menjadi terang yang ajaib.
e. Terpilih sebagai umat kepunyaan-Nya.
7. Sola Gracia artinya hanya oleh ...
a. Alkitab. c. Iman. e.
Gereja.
b. Anugerah. d. Firman.
8. Berikut adalah fungsi kembaga keagamaan
bagi manusia, kecuali ....
a. Tempat manusia melaksanakan pengungkapan
hubungan dengan tuhan dan sesamanya.
b. Tempat mendapatkan pembinaan keagamaan.
c. Sebagai lembaga yang menyelamatkan.
d. Tempat menyalurkan kebutuhan untuk
dekat dengan TUHAN.
e. Tempat mengenal siapa yang berkuasa
dalam hidup ini.
9. Berikut ini, yang termasuk perbuatan
menyampaikan “kabar baik bagi orang miskin, dan pembebasan bagi orang yang
tertindas” adalah ...
a. Berlaku seperti orang miskin.
b. Memperjuangkan hak orang miskin dan
orang yang tertindas.
c. Menjual proyek atas nama orang miskin
dan orang tertindas.
d. Mengatasi kemiskinan dengan segala
cara.
e. Melakukan kegiatan untuk orang miskin
asal mereka masuk agama kristen.
10. Berikut adalah tanggungjawab orang
kristen terhadap pemerintah, kecuali ...
a. Tunduk dan taat kepada semua perintah
pemerintah.
b. Membayar pajak pada waktunya.
c. Menghormati pemerintah sebagai alat
yang TUHAN pakai untuk mengatur rakyat.
d. Bertanggungjawab dengan tugas yang
pemerintah percayakan.
e. Mengikuti peraturan yang telah
ditetapkan bersama dalam rakyat.
11. Gereja berbeda dengan persekutuan lain
karena dibangun atas dasar ...
a. Persekutuan di dalam Yesus Kristus.
b. Karena ada kebutuhan bersama.
c. Dibangun oleh mereka yang mempunyai
modal.
d. Sesuai dengan kehendak gembala sidang.
e. Kepentingan keselamatan.
12. Dibawah ini, yang merupakan salah satu
dari tiga pokok utama yang menjadi tantangan bagi kehidupan bergereja adalah
tantangan ....
a. Mashotisme. c. Politik. e. Zaman
modern.
b. Materialisme . d. Teologi sukses.
13. Gereja mulai memandang bahwa yang
paling penting adalah urusan fisik gereja
(sarana dan prasarana). Oleh karena itu, seluruh kegiatan gereja difokuskan
pada pembangunan gereja secara fisik. Hal ini adalah tantangan yang dihadapi
gereja dalam pokok aspek ....
a. Aliran dalam kekristenan. d. Teologi sukses.
b. Materialisme. e.
Zaman canggih.
c. Pola hidup instan.
14. Sikap krisits terhadap tantangan yang dihadapi gereja adalah
saling ....
a. Tidak perlu menanggapi kritikan dari
luar anggota jemaat.
b. Menjelekkan setiap denominasi dalam
gereja.
c. Menasehati dengan tulus jika ada
bertindak atau berpikir keliru.
d. Menerima semua tantangan yang ada dalam
masyarakat.
e. Melawan perlakuan yang tidak adil
terhadap gereja dengan cara apa pun.
15. Tantangan yang dihadapi gereja
sehubungan dengan materialisme adalah ...
a.
Gedung gereja memang penting, tetapi iman tidak hanya diukur
dari gedungnya.
b.
Harta dianggap tidak terlalu penting.
c.
Harta menjadi ukuran ukuran segalanya termasuk ukuran iman.
d.
Salah satu bagian penting dalam pembangunan jemaat.
e. Yang paling penting dalam jemaat adalah
iman yang berkualitas.
16.Sikap kritis anggota terhadap aktivitas yang berlangsung
di dalam gereja adalah ....
a.
Mengkritik semua perkembangan gereja.
b.
Mencela perubahan yang tidak kita mengerti.
c.
Menerima perubahan yang dapat membangun jemaat asal sesuai
Alkitab.
d.
Mengajak warga gereja berdemonstrasi jika tidak setuju
dengan kebijakan pendeta.
e.
Menerima semua perkembangan dalam gereja yang menguntungkan
gereja.
17.Gereja tidak hidup bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi
lingkungan di sekitarnya. Hal ini merupakan wujud dari ...
a. Tugas perutusan gereja.
b. Hak gereja untuk mengatur dirinya.
c. Sekedar tanggungjawab gereja.
d. Dasar pembentukan gereja perdana.
e.
Keberadaan gereja yang sebenarnya.
18.Gereja hendaknya menyikapi perkembangan di segala bidang
yang terjadi di sekitarnya. Sikap gereja adalah ...
a.
Mengikuti saja apa yang terjadi dan tidak perlu takut dengan
globalisasi.
b.
Membangun sikap kritis terhadap apa yang terjadi dalam
memberikan kontribusi sekadarnya.
c.
Mencermati, menilai, dan aktif memberikan solusi nyata demi
kemajuan bersama.
d.
Toleransi, menerima, dan memberi gagasan yang terbaik.
e. Arogansi mempertahankan pendapatnya.
19.Hubungan
di mana gereja diasingkan dari negara merupakan model hubungan ....
a.
Pemisahan gereja dengan negara.
b.
Terpisah dalam permusuhan.
c.
Mapan.
d.
Didukung oleh negara.
e.
Gereja mengurus dirinya sendiri.
20. Di dalam konteks kehidupan berbangsa, salah satu tugas
perutusan gereja adalah ....
a.
Melayani pemerintah karena telah mengabdi kepada masyarakat.
b.
Mendidik kader politikus masa depan bangsa.
c. Menjadi alat bagi negara menghadirkan
pekerja profesional.
d.
Mewujudkan perdamaian, keadilan, dan keutuhan ciptaan.
e. Menjaga kebersamaan sesama warga
gereja.
21. Salah satu keprihatinan terkait keterlibatan gereja dalam
kehidupan berbangsa adalah lemahnya, bahkan hilangnya, fungsi kritis gereja
terhadap negara. Hal itu tampak saat gereja ....
a.
Melemahnya lembaga-lembaga gereja.
b. Menurunnya aktivitas gereja yang terlibat dalam percaturan
politik.
c.
Tunduk pada kebijakan negara, sehingga pemahaman mengenai
misi gereja melemah.
d.
Program-program gereja sudah ketinggalan zaman.
e. Menjadi oposisi bagi negara jika
terjadi kebijakan negara yang tidak seimbang.
22.Jika
anda merasa bahwa orang lain memiliki keyakinan agama yang berbeda dari anda,
sikap anda sebaliknya ...
a. Berusaha meyakinkannya tentang
kebenaran iman anda, tanpa menyalahkan keyakinannya.
b. Menghormatinya menjalankan keyakinannya
tersebut dengan penuh tanggungjawab.
c. Mengajaknya dengan halus untuk
mengingkari ajarannya itu dan berbalik memusuhinya.
d. Mengatakan bahwa iman anda besar
sehingga ia harus meninggalkan keyakinannya itu.
e. Mengusahakan sikap yang sopan di
depannya dan perlahan-lahan menjauhinya.
23. Yeremia 29 : 7 berisi dorongan sekaligus perintah bagi
bangsa Israel mengenai pentingnya keterlibatan aktif mereka dalam membangun
wilayah di mana pun mereka berada. Hal yang ditekankan dalam nas tersebut
adalah ....
a.
Mengusahakan dan mendoakan kesejahteraan kota.
b.
Mendoakan upaya perluasan wilayah kekuasaan.
c.
Mengupayakan keamanaan keluarga.
d.
Membangun kerukunan warga kota.
e. Membina hubungan yang sempurna dengan
pemerintah.
24.Tokoh
terbesar dunia yang memperjuangkan kesetaraan, keadilan, dan kebenaran untuk
semua orang serta memperhatikan orang miskin dan pendosa, yang disisihkan dan
diperlakukan tidak adil oleh golongan lain, adalah ....
a.
Brahman. d. Sidharta Gautama.
b.
Buddha Dharma. e.
Yesus Kristus.
c. Muhammad
25. Agama kristen memiliki sejumlah symbol. Yang paling populer
adalah salib, melambangkan ...
a.
Kesuksesan. d.
Sukacita.
b.
Kemerdekaan. e.
Kemenangan.
c. Penderitaan
26.Pada masa awal kekristenan, umat sering menggunakan ayam
jago (Mat. 26:74-75). Hal ini mengingatkan kita kepada peristiwa ....
a.
Tomas kurang percaya kepada kebangkitan Yesus.
b.
Yohanes dan Yakobus meminta kedudukan dalam kerajaan surga.
c.
Malam terakhir sebelum Yesus diadili dan akhirnya
disalibkan.
d.
Penyangkalan Petrus saat Yesus diadili di hadapan iman
Kayafas.
e. Pagi-pagi subuh saat Maria Magdalena
mengunjungi kubur Yesus.
27. Dibawah ini, yang termasuk jenis symbol sebagai objek adalah
....
a.
Haleluya. c.
Syalom. e. Sion.
b. Salib. d. Paskah.
28. Symbol yang melambangkan tubuh dan darah kristus adalah ....
a.
Merpati dan air zam-zam d. Roti dan
sirup
b.
Roti dan anggur e.
Daging dan nira
c. Nasi dan anggur
29. HAM melekat secara kodrati pada diri manusia dan oleh iman
kristen dipahami sebagai ....
a. Hak yang didapatkan sesuai kemampuan
manusia.
b. Karunia ALLAH kepada setiap manusia.
c. Pemberian negara sebagai penghargaan.
d. Hak yang boleh digunakan sesuka hati.
e. Hak yang hanya dimiliki orang tertentu.
30. Salah satu sifat dasar dari HAM adalah Universal, artinya
...
a.
HAM berlaku bagi setiap manusia di seluruh dunia tanpa
perbedaan apa pun.
b. HAM berlaku bagi setiap manusia hanya dibedakan soal usia.
c.
HAM berlaku bagi setiap manusia dengan melihat dan
membedakan jenis kelamin.
d.
HAM berlaku bagi manusia berdasarkan suku, bangsa, etnis,
dan warna kulit.
e. HAM diberlakukan bedasarkan agama dan
golongan.
31. HAM bersifat Fundamental, artinya ...
a.
HAM berlaku bagi setiap manusia sejak di dalam kandungan
sampai mati.
b.
HAM yang ada pada manusia menunjukkan bahwa manusia sama
dengan ciptaan lainnya.
c. HAM belum pernah dilanggar oleh siapa
pun.
d.
HAM dapat saja dirampas oleh sesama manusia asal mempunyai
kekuatan hukum.
e. HAM yang ada pada setiap manusia sama
saja dengan hak-hak lain.
32.
yang tidak termasuk ciri-ciri HAM berikut ini adalah ....
a.
Dimiliki oleh pribadi atau kelompok.
b.
Mengikat siapa pun sehingga tidak dapat ditiadakan.
c.
Tanpa Hak Asasi seseorang akan kehilangan kemanusiaannya.
d.
Tidak dapat dirampas oleh siapa pun.
e. Tidak dapat dicabut oleh manusia.
33.Contoh
perwujudan HAM yang bertentangan dengan iman kristen dalam hal memeluk dan
melaksanakan agama/kepercayaan adalah ...
a.
Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
b.
Menghargai sesama dalam menjalankan ibadahnya.
c.
Memaksa orang lain menghargai hari raya besar agama yang
kita anut.
d.
Beribadah sesuai dengan kepercayaaan kita dan tidak
mengganggu orang yang berbeda agamadengan kita.
e. Menciptakan suasana yang aman bagi
orang lain untuk beribadah.
34. Manusia tidak hanya memiliki hak-hak, tetapi juga
kewajiban-kewajiban. Hal itu dapat kita lihat pada Hak Manusia yang bebas dan
bermartabat yang membawa manusia pada kewajiban untuk ...
a.
Menghormati kebebasan dan martabat orang lain.
b.
Memelihara ciptaan orang lain.
c.
Menjaga kelestarian lingkungan.
d.
Menghormati teman seiman.
e. Menjaga ketertiban dalam masyarakat
35.Perwujudan
nilai demokrasi yang bertentangan dengan iman kristen berikut ini adalah ....
a.
Pengambilan keputusan ditentukan pemerintah karena
pemerintah tidak pernah salah.
b.
Pemerintah yang kekuasaan tertingginya ada di tangan rakyat.
c.
Pemerintah yang berlangsung demi kepentingan rakyat.
d.
Pemerintah yang di dalamnya terdapat kebebasan, persamaan,
dan permusyawaratan rakyat.
e. Pengambilan keputusan yang mencerminkan
partisipasi aktif dari setiap warga dan demi keadilan.
36. Kebebasan yang dimaksudkan dalam makna demokrasi adalah ....
a.
Kebebasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
b.
Kebebasan yang tidak terkontrol.
c.
Kebebasan yang tidak terbatas.
d.
Kebebasan yang diatur sesuai kehendak penguasa.
e. Kebebasan yang tanpa aturan.
37. Persamaan yang dimaksudkan dalam makna demokrasi adalah ....
a.
Persamaan derajat di hadapan TUHAN.
b.
Persamaan tugas-tugas.
c.
Persamaan pendapatan.
d.
Persamaan kekuatan.
e. Persamaan hak dan kewajiban.
38.Contoh
mewujudkan damai sejahtera dalam proses pembelajaran berikut ini adalah ...
a.
Menyelesaikn tugas-tugas/PR teman.
b.
Menghargai guru dan teman-teman dalam kelas.
c. Mentraktir teman setiap hari.
d.
Mengabiskan waktu bersenang-senang bersama teman-teman.
e. Mengerjakan tugas saat diawasi oleh
guru.
39. Cara mewujudkan damai sejahtera adalah dengan .....
a.
Menceritakan kejelekan/kelemahan teman kepada orang lain.
b.
Menegur teman dengan sopan saat dia melakukan kesalahan.
c.
Berbahasa santun untuk mendapat pujian.
d.
Membuat surat kaleng tentang kesalahan orang lain.
e. Memaki orang yang melakukan kesalahan.
40. Contoh sikap membawa damai sejahtera dalam pergaulan
sehari-hari adalah ...
a.
Bergaul bebas dengan siapa saja tanpa batas.
b.
Memilih teman bergaul dengan selektif berdasarkan status
sosial.
c.
Berpenampilan menarik dan sopan agar tidak memancing orang
lain berbuat jahat.
d.
Berpenampilan menarik agar dapat disebut sebagai anak gaul.
e. Berusaha menjadikan diri sebagai idola
dalam pergaulan.
41. Contoh sikap mewujudkan damai sejahtera dalam keluarga
adalah ...
a.
mengusahakan agar tidak pernah keluar dari rumah jika ada
orangtua di rumah.
b.
Setiap pulang ke rumah, kita menyiapkan oleh-oleh untuk
anggota keluarga.
c.
Tidak menerima teman untuk bertemu saat orangtua dan
keluarga lain ada di rumah.
d.
Berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan bagi semua
anggota keluarga.
e. Melakukan apa saja yang penting anggota
keluarga senang dan diuntungkan.
42. Makna damai sejahtera juga dapat
digambarkan dengan pernyataan berikut ini, kecuali ....
a.
Sukacita karena berhasil memperdayakan teman.
b.
Bebas dari perselisihan dan ancaman musuh.
c.
Ketakutan dan keteguhan hati untuk percaya kepada TUHAN.
d.
Sukacita karena telah dipulihkan di dalam ALLAH.
e. Sukacita karena telah mendapat pengampunan
dosa.
43. Contoh sikap berdamai dengan lingkungan dapat kita wujudkan
dengan cara berikut, kecuali ...
a.
Membersihkan lingkungan jika disuruh pemerintah.
b.
Ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan masyarakat di
lingkungan kita.
c.
menjaga ketertiban lingkungan.
d.
menjaga keindahan lingkungan.
e. menjaga dan menciptakan kebersihan
lingkungan.
44.Sikap pelajar kristen yang tepat terhadap gaya hidup “
Pergaulan Bebas” untuk mewujudkan damai sejahtera dari ALLAH adalah ...
a.
Ikuti saja sebatas kita dapat membiayai kebutuhan kita.
b.
Setuju bebas tetapi tidak melakukan hubungan seks.
c.
Setuju melakukannya asal berani menanggung resiko.
d.
Boleh bergaul dengan semua orang asal mampu menjaga diri
dari sesuai dengan iman kristen.
e. Setuju bebas asalkan membuat kita dan
teman-teman merasa damai.
45.Yesus
menyebut orang yang membawa damai di tengah-tengah kehidupannya sebagai ...
a.
Anak-anak baik.
b.
Anak-anak ALLAH.
c.
Anak-anak penurut.
d.
Anak-anak manusia.
e. Anak-anak benar.
46.Remaja
kristen harus menjadi teladan dan senantiasa menciptakan lingkungan yang nyaman
bagi orang lain agar tercipta kedamaian. Hal ini dapat kita pahami melalui
gambaran Yesus dalam Cerita tentang ...
a.
Garam dan terang.
b.
Penabur.
c.
Gembala yang baik.
d.
Yesus memberi makan 5000 orang.
e. Anak yang hilang.
47. Contoh dampak dari pergaulan remaja yang menciptakan suasana
tidak damai adalah ...
a. Pergaulan bebas.
b.
Pergaulan terkontrol.
c.
Pergaulan yang bertanggung jawab.
d.
Pergaulan yang mendahulukan kepentingan orang lain.
e. Pergaulan yang mampu menghargai orang
lain.
48.Contoh-contoh
pergaulan yang dapat berdampak buruk dalam perkembangan karakter remaja kristen
sehingga sangat sulit mencpai hidup damai sejahtera adalah sebagai berikut, kecuali
...
a.
Ngedugem (berhura-hura).
b.
Merokok.
c.
Menikmati narkoba.
d.
Mengikuti semua model.
e. Pencinta alam.
49.Orang
percaya hendaknya berfungsi sebagai “Terang Dunia”, maksudnya adalah ...
a.
Selalu menyalakan lampu agar terang di sekitarnya.
b. Orang percaya hendaknya menjadi telada dalam melakukan
kebaikan dan kebenaran.
c.
Mengusahakan banyak hal yang bersinar agar dunia tidak
lengkap.
d.
Bertanggungjawab untuk dirinya sendiri.
e. Menjadi pembawa terang agar orang lain
tidak tersesat.
50. Contoh sikap mewujudkan fungsi sebagai “Garam” di sekolah
adalah ...
a.
Menolong teman menyelesaikan tugas ujian.
b.
Melaporkan kepada guru semua perbuatan teman yang tidak kita
sukai.
c.
Melaporkan kepada polisi semua perbuatan yang dilakukan
teman di sekolah yang menurut kita tidak baik.
d.
Membocorkan kepada teman-teman lain di luar sekolah,
arsip-arsip penting di sekolah.
e. Mengajak teman-teman untuk menjaga
kebersihan dan ketertiban sekolah.
No comments:
Post a Comment