Unsur
struktur pengendalian intern merupakan dasar kebijakan dan prosedur yang
dirancang dan digunakan oleh perusahaan dapat memberikan keyakinan yang
memadai.
Alvin A. Arens dan James K.
Loebbeck dalam bukunya yang berjudul Auditing an Integrated Approach,
yang dialihbahasakan oleh Amir Abadi Jusuf dalam bukunya yang berjudul Auditing
Pendekatan Terpadu, mengelompokkan struktur pengendalian intern yang terdiri
dari 5 kategori yaitu :
1)
Lingkungan Pengendalian
Lingkungan Pengendalaian terdiri dari
tindakan, kebijakan dan prosedur yang mencerminkan sikap menyeluruh manajemen
puncak, direktur dan komisaris, dan pemilik suatu satuan usaha terhadap
pengedalian dan pentingnya terhadap saham usaha tersebut.
Adapun tujuan pemahaman dan penetapan
lingkungan pengendalian terdiri atas :
(a) Integritas dan
nilai-nilai etika
(b) Komitmen
terhadap kompetensi
(c) Falsafah
manajemen dan gaya operasi
(d) Struktur
organisasi
(e) Dewan
komisaris atau komite audit
2)
Penetapan resiko, oleh manajemen
Penetapan resiko oleh manajemen untuk
pelaporan keuangan adalah identifikasi dan analisis oleh manajemen atas
resiko-resiko yang relevan terhadap penyiapan laporan keuangan yang sesuai
dengan rinsip akuntansi yang berlaku umum (PAYBU).
3)
Sistem Akuntansi
Sistem Akuntansi merupakan satu -
satuan usaha berguna untuk mengidentifikasikan, menggabungkan,
mengklasifikasikan, menganalisa, mencatat dan melaporkan transaksi satu-satuan
usaha dan untuk mengelola akuntabilitas atas aktiva terkait.
4)
Aktivitas-aktivitas pengendalian atas
prosedur pengendalian
Aktivitas pengendalian adalah
kebijakan dan prosedur.
Kebutuhan dan prosedur itu terdiri
dari :
(a) Pemisahan
tugas yang cukup
(b) Otoritas yang
pantas atas transaksi dan aktivitas
(c) Dokumen dan
catatan yang memadai
(d) Pengendalian
fisik atas aktiva dan catatan
(e) Pengecekan
independen atas pelaksanaan
5)
Pemantauan
Aktivitas pemantauan berkaitan
penilaian efektivitas rancangan dan operasi struktur pengendalian intern secara
periodik dan terus-menerus oleh manajemen untuk melihat apakah telah
dilaksanakan dengan semestinya dan telah diperbaiki sesuai dengan info untuk
penilaian dan perbaikan dapat berasal dari berbagai sumber meliputi studi atas
struktur pengendalian intern yang ada, laporan auditor intern, laporan
penyimpangan atas aktivitas pengendalian, laporan dari bank sentral, umpan
balik dari pegawai dan keluhan dari pelanggan atas tagihan yang datang.
( 2 : 261)
No comments:
Post a Comment