Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, December 5, 2020

Unsur-unsur Struktur Pengendalian Intern

 

Unsur struktur pengendalian intern merupakan dasar kebijakan dan prosedur yang dirancang dan digunakan oleh perusahaan dapat memberikan keyakinan yang memadai.

                    Alvin A. Arens dan James K. Loebbeck dalam bukunya yang berjudul Auditing an Integrated Approach, yang dialihbahasakan oleh Amir Abadi Jusuf dalam bukunya yang berjudul Auditing Pendekatan Terpadu, mengelompokkan struktur pengendalian intern yang terdiri dari 5 kategori yaitu :

1)    Lingkungan Pengendalian

Lingkungan Pengendalaian terdiri dari tindakan, kebijakan dan prosedur yang mencerminkan sikap menyeluruh manajemen puncak, direktur dan komisaris, dan pemilik suatu satuan usaha terhadap pengedalian dan pentingnya terhadap saham usaha tersebut.

Adapun tujuan pemahaman dan penetapan lingkungan pengendalian terdiri atas :

(a)  Integritas dan nilai-nilai etika

(b)  Komitmen terhadap kompetensi

(c)  Falsafah manajemen dan gaya operasi

(d)  Struktur organisasi

(e)  Dewan komisaris atau komite audit

2)    Penetapan resiko, oleh manajemen

Penetapan resiko oleh manajemen untuk pelaporan keuangan adalah identifikasi dan analisis oleh manajemen atas resiko-resiko yang relevan terhadap penyiapan laporan keuangan yang sesuai dengan rinsip akuntansi yang berlaku umum (PAYBU).

3)    Sistem Akuntansi

Sistem Akuntansi merupakan satu - satuan usaha berguna untuk mengidentifikasikan, menggabungkan, mengklasifikasikan, menganalisa, mencatat dan melaporkan transaksi satu-satuan usaha dan untuk mengelola akuntabilitas atas aktiva terkait.

4)    Aktivitas-aktivitas pengendalian atas prosedur pengendalian

Aktivitas pengendalian adalah kebijakan dan prosedur.

Kebutuhan dan prosedur itu terdiri dari :

(a)  Pemisahan tugas yang cukup

(b)  Otoritas yang pantas atas transaksi dan aktivitas

(c)  Dokumen dan catatan yang memadai

(d)  Pengendalian fisik atas aktiva dan catatan

(e)  Pengecekan independen atas pelaksanaan

5)    Pemantauan

Aktivitas pemantauan berkaitan penilaian efektivitas rancangan dan operasi struktur pengendalian intern secara periodik dan terus-menerus oleh manajemen untuk melihat apakah telah dilaksanakan dengan semestinya dan telah diperbaiki sesuai dengan info untuk penilaian dan perbaikan dapat berasal dari berbagai sumber meliputi studi atas struktur pengendalian intern yang ada, laporan auditor intern, laporan penyimpangan atas aktivitas pengendalian, laporan dari bank sentral, umpan balik dari pegawai dan keluhan dari pelanggan atas tagihan yang datang.

                                                                                      ( 2 : 261)

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts