Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, December 9, 2020

Pengertian Reward

 

Menurut Handoko (2003: 66) Reward merupakan sebagai bentuk apresiasi usaha untuk mendapatkan tenaga kerja yang profesional sesuai dengan tuntutan jabatan diperlukan suatu pembinaan yang berkeseimbangan, yaitu suatu usaha kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggunaan, dan pemeliharaan tenaga kerja agar mampu melaksanakan tugas dengan efektif dan efisien. Sebagai langkah nyata dalam hasil peembinaan maka diadakan pemberian reward pegawai yang telah menunjukan prestasi kerja yang baik.

Leman (2000: 121) Reward ialah sesuatu yang diberikan kepada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keunggulan di bidang tertentu.

Menurut Nawawi (2005: 119), “reward adalah usaha menumbuhkan perasaan diterima (diakui) dilingkungan kerja, yang menyentuh aspek kompensasi dan aspek hubungan antara para pekerja yang satu dengan yang lainnya”. Manajer mengevaluasi hasil kinerja individu baik secara formal maupun informal.

Berangkat dari uraian diatas,  reward adalah segala sesuatu yang berupa penghargaan yang menyenangkan perasaan yang diberikan kepada pegawai dengan tujuan agar pegawai tersebut senantiasa melakukan pekerjaan yang baik dan terpuji.

1.   Bentuk Reward

Reward bermacam macam, ada dalam bentuk bonus, promosi, penambahan tanggung jawab yang bagi beberapa pegawai bisa menjadi beban namun bagi beberapa pegawai lainnya dapat menjadi poin reward bagi dirinya. Tapi yang pasti perusahaan harus memberikan nilai lebih. “Kadang kala tidak seluruhnya mengenai uang (Robbins, dalam Sopiah, 2008). 

Menurut Mahmudi (2005: 187) komponen utama sistem reward terdiri atas elemen elemen, sebagai berikut:

a.      Gaji dan bonus

Gaji merupakan komponen reward yang sangat penting bagi pegawai gaji dalam hal ini meliputi gaji pokok dan tambahan kompensasi keuangan berupa bonus dan pemberian saham (stock option atau stock grant). Reward terhadap kinerja yang tinggi dapa diberikan dalam bentuk kenaikn gaji, pemberian bonus atau pemberian saham. Paket gaji yang ditawarkan sebagai reward meliputi komponen sebagai berikut: a. Kenaikan gaji pokok b. Tambahan honorarium c. Insentif jangka pendek d. Insentif jangka panjang (Mahmudi 2005: 187)

b.   Kesejahteraan

Kesejahteraan dapat diukur nilainya. Berbagai program kesejahteraan pegawai yang ditawarkan organisasi sebagai bentuk pemberian reward atas presentasi kerja, misalnya: a. Tunjangan, meliputi tunjangan jabatan, tunjangan struktural, tunjangan kesehatan, tunjungan pendidikan anak, tunjangan keluarga dan tunjangan hari tua. b. Fasilitas kerja, misalnya kendaraan dinas, sopir pribadi dan rumah dinas. c. Kesejahteraan rohani, misalnya rekreasi, liburan, paket ibadah dan sebagainya. d. Pengembangan karir (Mahmudi 2005: 187)

Pengembangan karir merupakan prospek kinerja dimasa yang akan datang. pengembangan karir ini penting diberikan bagi pegawai yang memiliki prestasi kerja yang memuaskan agar nilai pegawai itu lebih tinggi sehingga mampu memberikan kinerja yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang. pengembangan karir memberikan kesempatan kepada pegawai yang berprestasi untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan. Keterampilan dan keahliannya.

Pemberian reward melalui pengembangan karir dapat berbentuk:  a. Penugasan untuk studi lanjut. b. Penugasan untuk mengikuti program pelatihan, kursus, workshop, lokakarya, seminar, semiloka dan sebagainya. c. Penugasan untuk magang atau studi banding.

c.      Penghargaan psikologis dan sosial

Penghargaan psikologis dan sosial lebih sulit diukur nilai finansialnya, namun nilai penghargaan ini penting bagi pegawai. Beberapa penghargaan psikologis dan sosial tersebut misalnya: a. Promosi jabatan b. Pemberian kepercayaan c. Peningkatan tanggung jawab, d. Pemberian otonomi yang lebih luas e. Penempatan lokasi kerja yang lebih baik f. Pengakuan g. Pujian

Menurut Winardi (2004: 67), bentuk bentuk reward atau insentif dapat diklasifikasikan sebagai berikut :  a) material berupa gaji/upah. b) kenaikan gaji/upah, rencana rencana bonus, rencana rencana perangsang.  c) imbalan diluar gaji. berupa istrahat kerja, dan bonus  d) penghargaan sosial,  berupa reward informal, pujian, senyum, umpan balik evaluatif, isyarat isyarat nonverbal, tepukan dibahu, meminta saran, undangan minum kopi bersama atau makan bersama, penghargaan formal, dan plakat dinding.  e) tugas itu sendiri, seperti perasaan berprestasi, pekerjaan dengan tanggung jawab lebih besar rotasi kerja, dan sebagainya.  f) diterapkan sendiri.  berupa reward terhadap diri sendiri, pujian untuk diri sendiri, ucapan selamat untuk diri sendiri. Bentuk reward yang paling baik adalah membuat pegawai mengetahui kalau dirinya dihargai oleh perusahaan, bukan hanya oleh sekelompok kecil. Beberapa perusahaan kadang kala menempatkan foto pegawai yang paling berprestasi di area pabrik untuk menegaskan bahwa pegawai tersebut dapat menjadi panutan bagi yang lain.

 

2.   Fungsi Dan Tujuan Reward

Menurut Handoko (2000: 55) mengemukakan beberapa fungsi reward sebagai berikut:  a. Memperkuat motivasi untuk memacu diri agar mencapai prestasi.  b. Memberikan tanda bagi seseorang yang memiliki kemampuan lebih.  c. Bersifat Universal. 

Adapun tujuan reward seperti yang dikemukakan oleh Taylor (dalam Manullang, 2008: 37) menyatakan tujuan reward adalah sebagai berikut:  a. Menarik (merangsang) seseorang agar mau bergabung dengan perusahaan. b. Mempertahankan karyawan yang ada agar tetap mau bekerja di perusahaan. c. Memberi lebih banyak dorongan agar para karyawan tetap berprestasi.

Pencapaian tujuan perusahaan agar sesuai dengan yang diharapkan maka fungsi reward harus dilakukan sebelum terjadinya penyimpangan penyimpangan sehingga lebih bersifat mencegah dibandingkan dengan tindakan tindakan reward yang sesudah terjadinya penyimpangan. Oleh karena itu, tujuan reward adalah menjaga hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana, ketentuan ketentuan dan instruksi yang telah ditetapkan benar benar diimplementasikan, sebab reward yang baik akan tercipta tujuan reward. 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts