Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, December 5, 2020

Struktur Pengendalian Intern

 

Struktur Pengendalian Intern yang digunakan dalam perusahaan merupakan faktor yang menentukan keandalan laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan. Struktur Pengendalian Intern bagi manajemen perusahaan penting sekali, karena semakin luas lingkup dan ukuran perusahaan mengakibatkan di dalam banyak hal manajemen tidak dapat melakukan pengendalian secara langsung atau secara pribadi terhadap jalannya operasi perusahaan, serta untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, serta untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan dan untuk mencegah kesalahan-kesalahan dan ketidakberesan yang terletak di tangan manajemen. Tanggung jawab manajemen terhadap struktur pengendalian intern adalah merancang dan menerapkan termasuk pula mengawasi efektifitas struktur pengendalian intern tersebut dan melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan. Struktur Pengendalian Intern tersebut telah dirancang dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

                    Menurut Drs. Mulyadi, M.Sc., Akuntan, dalam bukunya yang berjudul Pemeriksaan Akuntan : “Struktur pengendalian intern suatu organisasi terdiri dari kebijakan dan prosdur yang diciptakan untuk memberikan jaminan yang memadai agar tujuan organisasi dapat dicapai”.                                 ( 17 : 91 )

                    Sedangkan SA Seksi 319 dalam buku Standar Profesional Akuntan Publik yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia menyatakan bahwa : “Struktur Pengendalian Intern adalah kebijakan dan prosedur yang ditetapkan untuk memperoleh keyakinan yang memadai bahwa tujuan satuan usaha yang spesifik akan dapat dicapai”.

                    Dari kedua definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Struktur Pengendalian Intern merupakan suatu satuan usaha meliputi berbagai kebijakan dan prosedur serta tujuan organisasi. Kebijakan adalah pedoman yang dibuat oleh manajemen untuk mencapai tujuan organisasi, prosedur merupakan langkah-langkah tertentu yang harus diamati dalam pelaksanaan suatu kebijakan. Keduanya berperan untuk mencapai tujuan akhir suatu kegiatan.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts