Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, December 5, 2020

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

 


                    Menurut Barry E. Cusshing dalam bukunya yang berjudul Accounting Information System and Business Organization yang dialihbahasakan oleh Drs. Ruchyat Kosasih, dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi Perusahaan:

          Sistem Informasi Akuntansi adalah kumpulan manusia dan sumber-sumber modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab untuk penyiapan informasi keuangan dan juga informasi yang diperoleh dari pengumpulan dan pengolahan data transaksi.                                        ( 9 : 5 )

   

                    Sedangkan Robert G. Murdick, Thomas C. Fuller dan Joel E. Ross dalam bukunya yang berjudul Accounting Design Information System and Analisys, yang dialihbahasakan oleh Amir Abadi Jusuf Se., Macc, dalam bukunya yang berjudul Akuntansi Disain Informasi Sistem dan Analisis, mendefinisikan Sistem Informasi Akuntansi sebagai berikut :

          Sistem Informasi Akuntansi adalah kumpulan kegiatan-kegiatan dari organisasi yang bertanggung jawab untuk menyediakan informasi keuangan dan informasi yang didapatkan dari transaksi data untuk tujuan pelaporan internal kepada manajer untuk digunakan dalam pengendalian dan perencanaan sekarang dan operasi masa depan serta pelaporan eksternal kepada pemegang saham, pemerintah dan pihak-pihak luar lainnya.                                                                ( 17 : 13 )

 

                     Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi merupakan suatu sistem yang melibatkan berbagai sumber daya yang ada dalam organisasi, yang mengolah data transaksi akuntansi menjadi informasi yang bersifat finansial, yang akan digunakan oleh pemakai informasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts