Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, June 20, 2024

Pentingnya Literasi untuk PAUD

 


Literasi merupakan dasar yang sangat penting bagi anak usia dini. Dengan adanya literasi anak akan terbiasa dengan  baca-tulis. Anak usia  dini  akan mengalami pembiasaan yang positif. Secara pelahan anak akan   mencintai bahan literasinya. Dengan rasa senang anak akan memahami bahan literasi yang dibaca/tulisnya. Lebih lanjut dalam penelitian Hilbert  & Eis, mengemukakan penggunnaan/penerapan intervensi awal perkembangan literasi awal terhadap kemampuan literasi anak terutama berkaitan dengan kemampuan penamaan gambar, bersajak/aliterasi dan kosa kata mempunyai  manfaat  yang  sangat  besar bagi kehidupan anakselanjutnya. Intervensi awal yang dilakukan oleh guru maupun orang tua sebenarnya, membantu anak dalam mengembangkan kemampuan literasi dan bahkan sebagai media untuk mendiagnosa kesulitan anak terkait kemampuan literasinya. Oleh karena itu, dengan gencar dilakukannya gerakan literasi oleh para praktisi pendidikan akan sangat membantu mencetak  individu yang tidak hanya cerdas dalam bidang akademik, namun juga memiliki pola pikir kritis dan logis. Kemampuan itu dimaksudkan agar anak mempunyai fondasi yang kokoh untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan dasar

Khusus untuk anak PAUD, pendidikan literasi penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pendidikan  literasi  perlu  diterapkan  sejak dini.

1.      Melatih kemampuan dasar anak untuk membaca, menulis, dan menghitung

Pendidikan literasi untuk anak PAUD dapat dilakukan    dengan kebiasaan membacakan buku cerita atau dongeng pada  anak   secara rutin. Meski terkesan seperti kegiatan sederhana, membacakan buku  pada anak adalah tahap  awal mengenalkan  mereka pada   dunia literasi. Sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu divisi Kementerian Pendidikan  Amerika Serikat menunjukkan bahwa balita yang terbiasa dibacakan  buku  oleh orang tua  mereka  bisa lebih  cepat mengenal abjad. Survei lainnya memperlihatkan keberhasilan balita dalam tahapan literasi awal, seperti menulis namanya sendiri, membaca atau berinteraksi dengan buku. Dalam kegiatan membaca  itu  anak hendaknya juga diajak berhitung.

 

2.      Mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Kemampuan literasi yang tinggi akan berbanding lurus dengan kemampuan  anak  untuk  menerima, mengolah, dan menyikapi   setiap informasi yang diterimanya. Oleh karena itu, pendidikan  literasi  yang diterapkan pada anak PAUD berperan sebagai fondasi untuk anak       agar bisa memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis. Hal       tersebut perlu dipersiapkan agar anak ketika dihadapkan dengan berbagai situasi dapat menyelesaikannya dengan baik.  Hal   tersebut   juga sebagai sebagai investasi yang akan berguna  saat  anak  mulai  memasuki dunia masyarakat yang sebenarnya di masa mendatang.

3.      Mempersiapkan anak untuk memasuki dunia sekolah

Mengenalkan poin-poin utama dalam pendidikan literasi pada anak prasekolah/PAUD akan sangat membantu anak mempersiapkan diri saat memasuki dunia sekolah. Perkembangan sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan literasi merupakan aspek-aspek penting yang  harus dimiliki anak. Aspek-aspek tersebut saling berhubungan satu   sama lain. Tahapan  literasi awal yang meliputi bahasa lisan dan     tulisan serta pengetahuan mengenai  angka  dan  huruf  menjadi kunci keberhasilan anak PAUD dalam baca-tulis. Kemampuan tersebut    akan    menjadi andalan mereka ketika memasuki sekolah dasar. Perkembangan  literasi yang baik sangat berkolerasi dengan prestasi  anak  pada  masa  yang  akan datang.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts