Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, June 20, 2024

Konsep Komunikasi

 

A.  

Secara umum komunikasi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia untuk saling memahami atau mengerti suatu pesan yang disampaikan seseorang kepada lawan bicaranya atau juga dapat dikatakan sebagai proses pemindahan pesan atau informasi dari indivitu ke individu atau individu ke kelompok kecil maupun besar. (Oktarina & Abdullah, 2017)

Laswell menjelaskan secara eksplisit dan kronologis tentang lima komponen yang terlibat komunikasi, yaitu: siapa (pelaku komunikasi pertama yang mempunyai inisiatif atau sumber, mengatakan apa (isi informasi yang disampaikan), kepada siapa (pelaku komunikasi lainnya yang dijadikan sasaran penerima), melalui saluran apa (alat penyampaian informasi), dengan akibat/hasil apa (hasil yang terjadi pada diri penerima pesan). (Oktarina & Abdullah, 2017:5)

Laswell juga menjelaskan bahwa dalam proses komunikasi harus mencakup  kelengkapan dari unsur-unsur komunikasi sehingga menjadi efektif diterima, unsurunsur komunikasi tersebut terdiri dari : a. Komunikator, yaitu pihak yang memberikan atau menyampaikan pesan kepada audiens baik secara langsung maupun tidak langsung. Seorang komunikator juga dapat bertindak sebagai sumber pesan atau informasi. b. Pesan, yaitu materi yang akan disampaikan merupakan objek dari informasi yang akan menjadi bahasan. c. Media, merupakan sarana penghubung atau penyampaian dan penerima pesan yang digunakan komunikator maupun komunikan dalam menyampaikan maupun menerima pesan. d. Komunikan, yaitu pihak yang menerima isi pesan atau informasi dari pihak komunikator baik perorangan maupun lembaga. e. Efek, yaitu hasil yang dapat dilihat sebagai pengaruh, dari diterima atau ditolaknya suatu isi pesan atau informasi. (Oktarina & Abdullah, 2017)

Komunikasi dapat dibagi menjadi 4 model yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

 

1. Komunikasi verbal

Komunikasi verbal adalah suatu keinginan berkomunikasi antara individua atau kelompok yang mempergunakan bahasa sebagai alat penghubung. Proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik bila komunikan dapat menafsirkan dengan tepat pesan yang disampaikan oleh komunikator melalui bahasa dalam bentuk kata-kata maupun kalimat Dengan cara ini orang tua dapat mempengaruhi atau memberikan pemahaman kepada anak melalui pikiran dan emosi untuk memperhatikan apa yang disampaikan dan anak mungkin akan berusaha untuk mendengarkan pesan-pesan yang akan disampaikan oleh orang tuanya.

2. Komunikasi non-verbal

Komunikasi non-verbal atau isyarat sering menyampaikan suatu pesan

dalam menyampaikan suatu pesan kepada anak. Orang tua dapat menggerakan hati anak untuk melakukan sesuatu tanpa berkata apapun. Dalam konteks sikap dan perilaku orang tua yang lain. Pesan non-verbal juga dapat menerjemahkan suatu gagasan, keinginan, atau maksud yang terkandung dalam hati. Tanpa harus menggunakan kata-kata sebagai pendukungnya.

a. Komunikasi tulisan

Komunikasi tulisan adalah proses penyampaian pesan dimana tidak menggunakan kata-kata dalam penyampaianya, melainkan menggunakan bahasa-bahasa non-verbal atau bahasa tertulis seperti, tulisan, sms, email, media sosial, dan lain-lain. Komunikasi tulisan ini sering digunakan oleh orang tua dan anak dalam suatu hubungan keluarga.

b. Komunikasi simbol

Komunikasi yang terungkap lewat simbol adalah komunikasi lewat pemberian atau hadiah, ekspresi wajah, bahasa dan gerak tubuh yang dapat menumbuhkan kata-kata untuk menjelaskannya. Simbol merupakan dukungan yang bagus dan penting dalam berkomunikasi. Tetapi sedekat apapun relasi yang dimiliki, penggunaan simbol tanpa kata-kata tidak dapat digunakan dengan baik. Simbol hanya akan berfungsi dengan baik dalam berkomunikasi jika disertai kata-kata dalam menjelaskannya. (Rahmawati & Gazali, 2018)

 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts