a.
Mengenali Kebutuhan
Anak
Setiap anak memiliki kecenderungan yang berbeda terhadap
produk teknis. Itu semua tergantung pada usia anak dan faktor lingkungan.
Tergantung pada kebutuhan anak anda, usia anak adalah faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan. Kelompok
usia yang berbeda, pilihan
yang berbeda dan kebutuhan mereka akan akses
ke teknologi. Misalnya,
anak di bawah usia lima tahun masih membutuhkan
permainan aktif yang membutuhkan banyak aktivitas fisik. Oleh karena itu, ketersediaan sumber daya teknis harus
dibatasi..
b.
Memasang Aplikasi
Pendukung
Langkah selanjutnya dapat menginstal aplikasi
yang mendukung tumbuh kembang
anak. Contohnya adalah ensiklopedia berikut; permainan yang dapat sesuai dengan usia anak, aplikasi khusus ini digunakan untuk mendukung
keterampilan dan minat anak, agar anak memperoleh pengetahuan dan informasi dalam pengembangannya
c.
Melakukan Edukasi
dan Asistensi.
Ketika ibu
menjauhkan anak atau melarang anak menggunakan
teknologi, maka itu dapat membuat rasa ingin tahu anak lebih tinggi. Hal ini mendorong
anak untuk menggunakan teknologi di luar pengawasan
orang dewasa. Cara cerdas adalah menggunakan aplikasi dengan kontrol atau fitur orang tua untuk membatasi akses anak-anak
ke konten yang ditujukan untuk orang di luar usia mereka. Para ibu harus mendampingi anaknya saat menggunakan
internet. Selain itu, orang tua memberikan tips atau langkah
berkomunikasi di dunia maya.
d.
Mengajarkan Cara Menggunakan Teknologi
Jadilah kreatif
Sama pentingnya bagi anak-anak untuk
memahami bahwa teknologi bukan hanya tentang menemukan konten, tetapi juga tentang membuatnya. Beberapa
hal yang dapat dilakukan adalah
sebagai berikut. 1. Anak-anak dapat membuat dokumen dan presentasi dengan Google Apps for Education. 2. Anak-anak dapat menggunakan
perangkat seluler untuk membuat podcast, film pendek, musik untuk membuat cerita, animasi, dan e-book. 3. Anak-anak dapat mengirimkan
karyanya ke teman atau orang di seluruh dunia melalui aplikasi berbagi seperti
YouTube untuk Anak (Hasbi, 2020).
No comments:
Post a Comment