Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, June 20, 2024

Mengenalkan Literasi Digital dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Sangat Penting

 

   

a.         Mengenali Kebutuhan Anak

Setiap anak memiliki kecenderungan yang berbeda terhadap produk teknis. Itu semua tergantung pada usia anak dan faktor lingkungan. Tergantung pada kebutuhan anak anda, usia anak adalah faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan. Kelompok usia yang berbeda, pilihan yang berbeda dan kebutuhan mereka akan akses ke teknologi. Misalnya, anak di bawah usia lima tahun masih membutuhkan permainan aktif yang membutuhkan banyak aktivitas fisik. Oleh karena itu, ketersediaan sumber daya teknis harus dibatasi..

b.        Memasang Aplikasi Pendukung

Langkah selanjutnya dapat menginstal aplikasi yang mendukung tumbuh kembang anak. Contohnya adalah ensiklopedia berikut; permainan yang dapat sesuai dengan usia anak, aplikasi khusus ini digunakan untuk mendukung keterampilan dan minat anak, agar anak memperoleh pengetahuan dan informasi dalam pengembangannya

c.         Melakukan Edukasi dan Asistensi.

Ketika ibu menjauhkan anak atau melarang anak menggunakan teknologi, maka itu dapat membuat rasa ingin tahu anak lebih tinggi. Hal ini mendorong anak untuk menggunakan teknologi di luar pengawasan orang dewasa. Cara cerdas adalah menggunakan aplikasi dengan kontrol atau fitur orang tua untuk membatasi akses anak-anak ke konten yang ditujukan untuk orang di luar usia mereka. Para ibu harus mendampingi anaknya saat menggunakan internet. Selain itu, orang tua memberikan tips atau langkah berkomunikasi di dunia maya.

d.        Mengajarkan Cara Menggunakan Teknologi

Jadilah kreatif Sama pentingnya bagi anak-anak untuk memahami bahwa teknologi bukan hanya tentang menemukan konten, tetapi juga tentang membuatnya. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. 1. Anak-anak dapat membuat dokumen dan presentasi dengan Google Apps for Education. 2. Anak-anak dapat menggunakan perangkat seluler untuk membuat podcast, film pendek, musik untuk membuat cerita, animasi, dan e-book. 3. Anak-anak dapat mengirimkan karyanya ke teman atau orang di seluruh dunia melalui aplikasi berbagi seperti YouTube untuk Anak (Hasbi, 2020).

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts