Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, May 31, 2023

Peran Kepala Sekolah Dalam Masa AKB

 Untuk mengatasi masalah kegiatan pembelajaran selama masa pandemi saat ini Kepala sekolah hendaknya memperhatikan komponen-komponen terkait pengelolaan sekolah. Sejumlah komponen pengelolaan sekolah di masa AKB yang harus dipahami para kepala sekolah. Komponen penting tersebut meliputi:

1. Tugas utama sekolah adalah keselamatan dan mencerdaskan

Di masa AKB, kepala sekolah bertanggung jawab agar sekolah berperan mengutamakan keselamatan semua warga sekolah. Fokus utama pada yang rentan terpapar covid-19. Misalnya yang berusia lanjut, memiliki riwayat penyakit penyerta, seperti diabetes, ganggung paru-paru, ginjal, autoimun dan ibu hamil. 

2. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) harus diutamakan

Di masa AKB, kepala sekolah melaksanakan MBS terbatas. Pelaksanaannya dibatasi, karena tidak seluruh komponen MBS dapat dilaksanakan secara tatap muka (luring), melainkan juga perpaduan daring, baik dengan media online conference atau aplikasi percakapan seeprti whatsapp.  

 Metode yang beragam perlu dilakukan dalam membuka dan menutup pembelajaran virtual. “Misalnya dengan mengawali pesan keselamatan sebelum melaksanakan blended learning. Dalam blended learning harus disertai monitor perekam gambar atau siaran langsung untuk keamanan bagi Kesehatan,” kata Dedi. Jika diperlukan, pembelajaran virtual juga melibatkan psikolog. Di antaranya dalam menentukan kapan anak tepat memulai belajar, kapan anak jenuh belajar virtual, bagaimana pula solusinya.

3. Peran kepala sekolah sebagai manajer

Peran sebagai manager menjadi kunci utama dalam pengelolaan sekolah, dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

4. Kejenuhan pembelajaran virtual

Kepala sekolah harus memantau pembelajaran virtual para guru. Sejumlah persoalan yang harus dihindari dalam pembelajaran daring misalnya materi tidak monoton, jaringan internet tidak sering mengalami gangguan, siswa kurang antusias, dan guru yang kurang berimprovisasi.  

Kejenuhan pembelajaran virtual dapat dikurangi dengan sejumlah cara, di antaranya: tema bersama, membangun antusias pribadi siswa, pemberian simbol, dan pemberian penghargaan. Tema bersama harus disosialisasikan dengan unik, ada keterkaitan erat antar-bidang studi, ajakan yang memotivasi semangat siswa.

5. Metodologi pembelajaran virtual yang solutif

Pembelajaran virtual bukan semata untuk tujuan penyampaian materi bidang studi. Pemilihan metodologi, diharapkan juga mampu menjalin kerja bersama dalam sebuah tim; menggabungkan beberapa metode proyek sesuai kesepakatan; mendorong berkompetisi sehat antar-kelompok. 


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts