Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan
sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan
dengan bidang teknis jabatan.
Berikut Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis
1. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat
berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut,
kecuali …. ..
A. Mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri
B. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
C. mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan
D. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
2. Kriteria atau acuan atau pedoman dasar dalam menentukan
pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan..
A. Standar kompetensi lulusan (ski)
B. Standar batas minimum kelulusan
C. Ambang batas minimum lulus
D. Nilai ketuntasan minimal
E. Kriteria ketuntasan minimal (kkm)
3. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan
derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek peserta didik ……
A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
E. Sensitif
4. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk
satu mata pelajaran atau kompetensi dalam mata pelajaran terteniu harus
dimiliki oleh siswa disebut …….
A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. lndikator
D. Kompetensi Iulusan
E. Kecakapan hidup
5. Berikut ini adalah prinsip2 dalam penyusunan RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran), Kecuali …………
A. Memperhatikan perbedaan individu
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak Ianjut
D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus
6. Yang tidak termasuk dalam 4 kompetensi yang harus
dimiliki oleh guru profesional adalah
A. Kompetensi pedagogik
B. Kompetensi kepribadian
C. Kompetensi profesional
D. Kompetensi sosial
E. Kompetensi keahlian
7. Komponen RPP terdiri dari beberapa hal berikut ini
Kecuali ….. ..
A. ldentitas mata pelajaran
B. Standar kompetensi
C. KomPetensi dasar
D. Presensi pesena didik
E. Kegiatan pembelajaran
8. Berikut ini adaiah beberapa inovasi pendidikan yang
pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali
A. Calon belajar siswa aktif (cbsa)
B. Guru pamong
C. Sistem belajar jarakjauh
D. Sekolah bebas
E. Sekolah kecil
9. Undang undang yang mengatur tentang sistem pendidikan
nasional adalah
A. Undang undang RI nomor 9 tahun 2003
B. Undang undang RI nomor 11 tahun 2003
C. Undang undang RI nomor 20 tahun 2003
D. Undang undang RI nomor 14 tahun 2003
E. Undang undang RI nomor 25 tahun 2003
10. Peraturan menteri pendidikan nomor 20 tahun 2007
mengatur tentang …….
A. Standar penilaian pendidikan
B. Standar proses belajar mengajar
C. Penilaian berbasis kelas
D. Sertifikasi guru
E. Guru dan dosen
11. Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan
dalam …. ..
A. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005
B. Bab II pasal 3 uu guru dan dosen no. 4 tahun 2005
C. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 20 tahun 2005
D. Bab I pasal 2 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005
E. Bab I pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005
12. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen atau
guru sesuai uu guru dan dosen adalah sebagai berikut, kecuali ..
A. Memiliki bakat, minat, panggilanjiwa dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan,
keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia
C. Mampu mengenal karaktetistik setiap siswa / setiap
mahasiswa diperguruan tinggi / sekolahan
D. Memiliki kualifikasi akademik dan Iatar belakang
pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompeteensi yang diperlukan sesuai dengan bidang
tugas
13. Yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen
A. Melaksanakan pendidikan,pene|i1ian,dan pengabdian kepada
masyarakat
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan
jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas
dan prestasi
D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak
atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan
penentuan kelulusan pesena didik ny
14. Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi reflektif
E. Evaluasi komprehensif
15. Berikut ini merupakan permasalahan dalam pendidikan yang
mendasar, kecuali …. ..
A. Mahalnya biaya pendidikan
B. Korupsi dana pendidikan
C. Kurang nya minat masyrakat akan pendidikan
D. Kurangnya fasilitas pendidikan
E. Diskriminasi status guru
16. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan,
maka gambar yang akan digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar
S – R haruslah …… ..
A. Berwarna gelap
B. Seminimal mungkin
C. Berwarna warni
D. Semaksimal mungkin
17. Dibawah ini adalah contoh dari ada nya dampak dari
keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu :
A. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang
tua
B. Hesti merasayakan sakit peruut karena akan mengikuti tes
C. Yanto merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang
diberikan guru
D. Adi menangis setelah beramem dengan agus untuk berebut
mengerjakan tugas
18. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel
intelegensi, ada langkah Iangkah yang dapat digunakan antara lain …. ..
A. Membuat kebijakan baru mengenai srategi pembelajaran
B. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa
C. Memberdayakan semua imelegensi yang dimiliki oleh siswa
D. Menyediakan fasilitas yang Iengkap untuk semua jenis
kecerdasan
19. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk
mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu
….. ..
A. Siswa berolah raga dilapangan
B. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi
C. Siswa diajak berkarya wisata
D. Siswa belajar diruang Iaboratorium bahasa
20. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah atau pujian
kepaada siswa yang berhasil menjawab atau menyelesaikan satu soal. Dalam hal
ini guru menerapkan teori belajar
A. Clasical conditioning
B. Connectionism
C. Behaviorism
D. Operant conditioning
21. Ada tahap tahap yang harus dilalui guru pada waktu
mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau
merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran
tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ….
..
A. Kurikulum
B. Kerangka pembelajaran
C. Sistem
D. Evaluasi
22. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan
efektif siswa, digunakan
A. Tes obyektif
B. Tes berupa angket
C. Tes kemampuan gerak
D. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
23. Langkah pertaama dalam mencari nilai rata rata yang
tidak dikelompokkan yaitu
A. Menjumlahkan skor skor yang diperoleh
B. Menentukan jumlah besar nya orang dalam kelas
C. Mencari nilai rata rata dengan pendekatan rumus
D. Menentukan rentang skor terbesar dikurangi skor terkecil
24. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan
interpersonal adalah
A. Mampu bermain dalam kelompok
B. Mampu menjadi pemimpin
C. Mudah berkonsentrasi
D. Peka terhadap teman
25. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip
prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ….. ..
A. Insight
B. Kognitif
C. Conditioning
D. Connectionism
No comments:
Post a Comment