Monolog Descriptive lisan yang berterima
Pada standar kompetensi kurikulum bahasa Inggris SMP untuk kelas VII, ditawarkan dua jenis teks fungsional (Genre) pendek berupa monolog descriptive dan report. Dalam penelitian ini karena pelaksanaannya pada semester awal maka dipilih monolog descriptive sebab monolog recount dianggap lebih kompleks dalam kompetensi pendukung linguistik. Tujuan monolog descriptive adalah untuk mendeskripsikan ciri-ciri seseorang, benda atau tempat tertentu, misalnya berasal dari mana, warna, ukuran, kesukaan. Deskripsi hanya memberi informasi mengenai benda atau orang tertentu yang sedang dibahas saja misalnya My Cat, ciri-ciri kucing milik saya mungking berbeda dengan kucing-kucing yang lain. Monolog descriptive ini memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut: (1) Menggunakan The Simple Present Tense, (2) Menggunakan berbagai adjectives seperti: big, small, strong, red dan sebagainya, (3) Abverbials untuk memberikan informasi tambahan tentang perilaku seperti, fast, in the cage dan sebagainyaSiklus Lisan
Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi
(Kurikulum 2004) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus yaitu
siklus lisan yang terdiri dari keterampilan mendengar dan berbicara sedangkan
siklus tulis terdiri dari keterampilan membaca dan menulis. Penelitian ini akan
dilakukan pada siklus lisan dengan langkah-langkah pembelajaran yang
mengkaitkan keterampilan mendengar dan berbicara secara bersama-sama dengan
jenis penilaian untuk mengukur ketercapaian kompetensi berbicara yang berterima
berupa unjuk kerja dengan kriteria penilaian meliputi kompetensi pendukung
linguistik, sosiokultural dan pembentuk wacana ada aspek kosakata yang
dikaitkan dengan pemahaman berbicara, pengucapan, tata bahasa, dan kompetensi strategi pada
aspek kelancaran.
No comments:
Post a Comment