1.
Pengertian Penelitian tindakan kelas (PTK)
Arikunto, S (2010), Penelitian tindakan kelas dalam istilah asing
dikenal dengan Classroom Action Research, yang jika diurai satu persatu
sebagai berikut:
a.
Penelitian berarti suatu kegiatan melihat mencermati dan mengamati
objek dengan menggunakan metodologi tertentu untuk mendapat informasi atau data
yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu.
b.
Tindakan berarti suatu upaya atau kegiatan yang sengaja dilakukan
dengan tahapan yang sesuai dengan tujuan tertentu.
c.
Kelas, berarti sekelompok siswa yang terlibat dalam kegiatan
pembelajaran pada waktu dan area tertentu dari guru yang sama.
Dengan menggabungkan batasan pengertian 3 kata inti tersebut, dapat
dipahami bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap
kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam
sebuah kelas secara bersama.
Wardhani, IGAK dan Wihardit,
K (2017), penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru
didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki
kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Dapat
dipahami bahwa penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh
guru dengan mencermati kekurangan atau kelemahan yang ada didalam kelasnya
sendiri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru dan meningkatkan hasil belajar anak.
2.
Karakteristik penelitian tindakan kelas (PTK)
Menurut
Wardhani, IGAK dan Wihardit, K (2017) ciri-ciri PTK diantaranya:
a.
An Inquiry of practice from within, penelitian berawal dari kerisauan guru atau adanya masalah dalam
kinerjanya.
b.
Self-reflective inquiry,
refleksi diri yang bersifat agak longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah
penelitian.
c.
Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran
d.
Bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran.
3.
Model penelitian tindakan kelas (PTK)
Arikunto,
S (2010), Ada beberapa ahli yang
mengemukakan model penelitian tindakan dengan bagan yang berbeda, namun secara
garis besar terdapat empat tahapan yang lazim dilalui, yaitu:
a.
Perencanaan.
Pada
tahap ini peneliti menjelaskan tentang
b.
Pelaksanaan tindakan.
c.
Pengamatan.
d.
Refleksi.
Langkah
merencanakan merupakan langkah pertama dalam setiap kegiatan. Rencana merupakan
acuan dalam melaksanakan tindakan. Pelaksanaan merupakan langkah yang kedua
yang merupakan realisasi dari rencana yang dibuat. Selanjutnya agar tindakan
yang dilakukan dapat diketahui kualitasnya, perlu dilakukan pengamatan.
Berdasarkan dari pengamatan ini akan dapat menentukan apakah ada hal-hal yang
harus diperbaiki agar sesuai dengan tujuan perbaikan yang akan dicapai. Jika
pengamatan dilakukan selama proses pelaksanaan berlangsung, maka refleksi
sebagai langkah keempat, yang dilakukan setelah tindakan berakhir. Keempat
tersebut merupakan satu siklus atau daur, oleh karena itu kemungkinan setiap
tahap akan berulang pasti ada.
4.
Tujuan dan Manfaat penelitian tindakan kelas (PTK)
a.
Tujuan penelitian tindakan kelas
Menurut Arikunto, S (2010), tujuan PTK antara lain:
1)
Meningkat mutu isi, masukan, proses, serta hasil pendidkan dan
pembelajaran di sekolah.
2)
Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah
pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
3)
Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
4)
Menumbuhkan budaya akademik dilingkungan sekolah, sehingga tercipta
proaktif dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara
berkelanjutan.
b.
Manfaat penelitian tindakan kelas
Wardhani,
IGAK dan Wihardit, K (2017), manfaat penelitian tindakan kelas terbagi menjadi
tiga, yaitu:
1)
Manfaat bagi guru diantaranya adalah untuk memperbaiki
pembelajaran, dapat mengembangkan keprofesionalan guru, membuat guru lebih
percaya diri, dan berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan diri.
2)
Manfaat bagi pembelajaran/anak yaitu diharapakan hasil belajar anak
diharapkan akan meningkat.
3)
Manfaat bagi sekolah diantaranya memberikan sumbangan yang positif
terhadap kemajuan sekolah, perbaikan proses dan hasil belajar siswa, serta
kondusifnya iklim pendidikan di sekolah.
No comments:
Post a Comment