Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, January 16, 2019

Pengertian Belajar, Pembelajaran, dan Hasil Belajar



1.     Belajar
            Geoch dalam Suprijono, (2009, hlm. 2) mengemukakan bahwa Learning is change in performance as a result of practice (belajar adalah perubahan performance sebagai hasil latihan). Terdapat definisi lain yaitu, Belajar merupakan suatu usaha yang dilakukan manusia untuk memiliki berbagai kompetensi, keterampilan, dan sikap. Belajar dimulai sejak manusia lahir sampai akhir hayat. Dalam kamus umum Bahasa Indonesia, secara etimologis belajar memiliki arti “berusaha (berlatih) supaya mendapat sesuatu kepandaian”. Definisi ini memiliki pengertian bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian, yaitu ilmu pengetahuan.
Sudjana (1987, hlm. 28) mengungkapkan bahwa belajar adalah:
“Suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya, dan lain-lain aspek yang ada pada individu”.
Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan proses perubahan yang dialami siswa dalam berperilaku serta sebagai hasil usaha dan  pengalaman siswa atau individu dalam berinteraksi dengan alam sekitar atau alam kehidupannya.

2.     Pembelajaran

“Pembelajaran merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk membantu siswa agar dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya, sehingga perubahan perilaku yang diharapkan dapat terwujud menurut Sudjana, (1987, hlm. 28)”. Selanjutnya Gagne dalam Sujiono, (2004, hlm. 42) mengungkapkan bahwa, ‘Pembelajaran adalah suatu sistem dimana komponen-komponen yang terdapat didalamnya saling berinteraksi, berinterelasi dan berinterfungsi dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan’.
Dengan demikian, pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam mencapai tujuan bersama yang ditandai dengan adanya perubahan perilaku peserta didik (siswa) setelah menerima pengalaman belajarnya.

3.     Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan suatu penguasaan dan atau pemahaman siswa terhadap penalaran suatu materi pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru di kelas. Gagne (1985, hlm. 40) menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990, hlm. 110) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Prestasi merupakan kecakapan atau hasil kongkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu. Berdasarkan pendapat tersebut, prestasi dalam penelitian ini adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran. Berangkat dari pemikiran di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan (life skill) yang diperoleh peserta didik setelah menerima pengalaman belajarnya. Kemampuan tersebut antara lain berupa kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts