Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Sunday, January 8, 2023

Tahapan Perkembangan Psikologi Erikson


Tahapan Perkembangan Psikososial Eric Erikson mengatakan bahwa manusia mengalami perkembangan dalam delapan tahapan. Ada urutan dalam tahapan perkembangan tersebut, namun  tidak ditetapkan menurut suatu jadwal kronologis tertentu. Erikson berpendapat bahwa setiap anak memiliki jadwal waktunya sendiri untuk memenuhi tahapan perkembangan tersebut.

Erikson menekankan perubahan perkembangan sepanjang kehidupan manusia, bukan hanya dalam lima tahun pertama kehidupan, sebagaimana yang disampaikan dalam teori perkembangan psikoseksual Freud.  Tiap tahap terdiri dari tugas perkembangan yang unik yang menghadapkan individu sebuah krisis yang harus dihadapi.

- Berdasarkan hasil pengamatan terhadap anak di lingkungan belajar menunjukkan bahwa anak cenderung aktif

- Keaktifan anak harus didorong untuk situasi yang menuntut kemandirian

- Rasa mamapu mengendalikan diri membuat anak memiliki kemauan dan bangga

- Anak mulai menampilkan diri lebih maju dan lebih seimbang secara fisik maupun kejiwaan yang memunculkan rasa ingin tahu

- Apabila anak pada masa ini mendapatkan pola asuh salah merasa bersalah dan berdiam diri, keterasingan batin timbul karena suatu perasaan bersalah dan sifat ini menetap hingga dewasa.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts