Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Sunday, January 8, 2023

Penerapan Dalam Membina Tenaga Kependidikan di PAUD


Berikut ini akan dikemukakan beberapa cara atau tekhnik yang dapat dilakukan seorang kepala atau direktur PAUD untuk melakukan pembinaan terhadap staf-staf di bawahnya.

1.     Observasi pembelajaran

Observasi pembelajaran adalah pengamatan ketika proses pembelajaran maupunkegiatan lain sedang berlangsung, artinya direktur PAUD mengajak staf dibawahnya untuk bersama-sama mengamati lembaga atau staf lain yang dipandang lebih berkualitas dan lebih profesional secara langsung. Dari pengamatan tersebut, dapat diketahui di mana letak kelemahan staf yang bersangkutan dapat di minimalisisr sekaligus mengetahui letak kelebihan yang bisa diperdayakan. Model istilah seperti ini sekarang sering disebut studi banding. Dari inilah staf yang satu dengan staf yang lain dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing. Hasil dari pengamatan akan ditindak lanjuti dengan diskusi yang lebih aplikatif. Artinya, dapat direfleksikan sehingga memungkinkan untuk diaplikasikan ke dalam staf masing-masing.

2.     Diskusi

Diskusi bisa dilakukan antar staf yang satu dengan yang lain atau antara staf dengan pembina secara langsung. Diskusi dalam pembinaan bukan semacam keluh kesah seorang staf maupun guru terhadap permasalahan di lapangan kemudian meminta pemimpin untuk mengatasinya. Namun, diskusi ini dilaksanakan untuk mengembangkan wawasan bagaimana caranya seorang staf dapat melakukan tugasnya dengan baik, sekaligus meningkatkan kinerjanya secara profesional.

3.     Pengamatan tumbuh kembang anak

Perhatian guru PAUD terhadap tumbuh-kembang anak hingga saat ini masih sangat minim. Hal ini dikarenakan kebanyakan guru PAUD terlalu sibuk dengan urusan pola asuh, sehingga mengesampingkan tumbuh kembang anak didik  secara spesifik. Selain itu, pengamatan guru PAUD terhadap perkembangan anak harus ditingkatkan agar pemberian stimulus dapat dilakukan secara maksimal. Disamping itu, hasil pengamatan dapat dibawa ke meja diskusi dengan guru-guru yang lain maupun dengan direktur PAUD secara langsung. Dengan demikian, pembinaan melalui pengamatan dapat berjalan secara efektif.

4.     Konferensi individual

Konferensi individual adalah kegiatan dalam menyampaikan sesuatu yang menjadi pemahaman seseorang terhadap kegiatan profesionalismenya. Dalam konferensi individual, seorang kepala atau direktur PAUD dapat memberikan umpan balik tentang kegiatan observasi maupun diskusi yang diikuti oleh anggota staf dibidangnya masing-masing yang berisi saran atau masukan sebagai bahan binaan.

5.     Workshop

Workshop hampir selalu ada dalam setiap institusi, termasuk lembaga PAUD. Pada initinya, workshop merupakan unjuk kerja profesi, baik yang berkaitan dengan konsep maupunpenerapannya dalam berbagai aktivitas. Alangkah lebih baik lagi jika workshop juga diarahkan pada topik-topik tertentusebagai bagian dari pelaksanaan tugas-tugas profesi dan mengundang narasumber yang berasal dari luar lembaga penyelenggara, sehingga banyak inormasi dari luar yang masuk.

Dengan demikian, kemampuan masing-masing staf terasah secara terus-menerus, sehingga suatu saat mereka akan menjadi staf-staf yang sangat profesional.

6.     Konsultasi

Konsultasi yang dimaksud dalam rangka pembinaan ini adalah kegiatan yang memberikan alternatif bantuan dalam memecahkan berbagai permasalahan, khususnya permasalahan yang berkaitan dengan tugas-tugas profesionalisme kelembagaan PAUD. Konsultasi PAUD tidak harus kepala atau direktur PAUD secara langsung. Tetapi, bisa orang lain yang telah diakui kapabilitasnya dibidang tumbuh kembang anak secara tuntas, baik secara akademis maupun teknis. Dengan demikian, seorang konsultan tidak hanya mampumemberi solusi secara teoritis, tetapi juga secara praktis.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts