Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, January 25, 2023

Produktivitas Pendidikan

Produktivitas pendidikan berbeda dengan hasil produksi benda dan jasa lain yang mudah dihitung atau diukur. Produktivitas pendidikan berkaitan dengan bagaimana menghasilkan keluaran atau lulusan pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif, sehingga pada akhirnya diperoleh lulusan yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan.
Produktivitas dalam dunia pendidikan berkaitan dengan keseluruhan proses penataan dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Produktivitas pendidikan mencakup tiga fungsi yaitu :
1. The administrator's production function (PFI)
yaitu fungsi managerial yang berkaitan dengan berbagai pelayanan untuk kebutuhan siswa dan guru.

2. The psychological's production function (PF2)
yaitu fungsi behavioral yang keluarannya merujuk kepada fungsi pelayanan yang dapat merubah perilaku siswa dalam kemampuan kognitif, keterampilan dan sikap.

3. The Economist's production function (PF3)
yaitu fungsi ekonomi yang keluarannya diidentifikasi sebagai lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi, sehingga apabila bekerja dapat memperoleh penghasilan tinggi melebihi biaya pendidikan yang telah dikeluarkan selama pendidikan termasuk gaji guru.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produktivitas pendidikan dapat ditinjau dari sudut administrasi, psikologis dan ekonomis. (Sedarmayanti, 2009:62-63)

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts