I. ASPEK
Mendengarkan, Menulis, Membaca, Berbicara
II.
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
1. Menanggapi cerita yang didengar yang disampaikan secara lisan di
dalam bentuk gambar/denah.
2. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa.
3. Membaca cepat teks berita.
4. Memerankan salah satu tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat.
III.
INDIKATOR
1.1 Siswa dapat membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang
didengar.
1.2 Siswa dapat mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tepat
dengan memperhatikan makna puisi.
1.3 Siswa dapat membaca cepat teks berita dalam waktu 1 menit.
1.4 Siswa dapat memerankan salah satu tokoh drama dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat.
IV.
TEKNIK PELAKSANAAN
Mendengarkan
1. Penguji membacakan cerita.
2. Secara klasikal, siswa mendengarkan berita yang dibacakan
penguji (2 x dibacakannya)
3. Penguji menyuruh siswa membuat gambar/denah sesuai dengan cerita
yang didengar
4. Siswa diberi waktu tiga puluh menit untuk membuat gambar/denah.
Menulis
1. Penguji mempersiapkan kertas HVS/Polio
2. Penguji menugaskan kepada siswa secara klasikal untuk mengubah
puisi ke dalam prosa secara tertulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung
dengan waktu 30 menit.
Membaca
1. Penguji menyiapkan teks berita
2. Secara bergiliran siswa ditugaskan untuk membaca teks berita
dalam waktu 1 menit
Berbicara
1. Sebelum praktek penguji membagikan naskah drama kepada setiap
kelompok (tiap kelompok 5 orang)
2. Siswa dibagi peran masing-masing untuk dipahami dan dihafal
selama 10 menit
3. Siswa mementaskan drama secara berkelompok
V.
PENILAIAN
Aspek yang dinilai
1.
|
Mendengarkan
a. Pemahaman isi cerita skor
40-100
b. Kesesuaian gambar/denah dengan cerita skor 40-100
2.
|
Menulis
a. Kesesuaian isi prosa dengan puisi skor 40-100
b. Ejaan dan tanda baca skor
40-100
c. Keterbacaan/kerapihan skor
40-100
3.
|
Membaca
a. Lafal skor
40-100
b. Intonasi skor
40-100
c. Jumlah kata dalam 1 menit skor
40-100
4. Berbicara
a.
|
Lafal / Intonasi skor
40-100
b. Karakter skor
40-100
c. Ekspresi skor
40-100
No comments:
Post a Comment