I.
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
Standar Kompetensi :
Memahami hubungan antara gaya, berat, energi dan perubahannya
serta
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
Membuat suatu karya/model dengan menggunakan prinsip kerja
hubungan
antara gaya dan berat
II.
MATERI
Membuat model Kincir Angin dan sumber bunyi
III.
INDIKATOR
Siswa dapat membuat model Kincir Angin dan sumber bunyi.
IV.
TEKNIK PELAKSANAAN
1. Sebelumnya siswa ditugaskan untuk menyiapkan bahan dan alat
Bahan :
- Bambu
A. Bambu diserut lebar 1 cm
B. Bambu diserut hingga lentur seperti rangka layang-layang
C. Bambu diserut bulat diameter sedotan dengan panjang kira-kira 15
cm
D. Bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
- Karton
- Benang
- Karet gelang kecil
- 2 potongan kaleng yang dibengkokkan
- Potongan sedotan secukupnya
Alat :
- Gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, spidol
2. Langkah Pembuatan
a. Ambil bambu A, serut yang besar lalu patahkan (tidak putus)
b. Ambil bambu C dibelah penampangnya, ujung yang satu dibelah dua
sampai sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya empat
c. Masukkan potongan kaleng bengkok dari bambu yang dibelah dua,
batasi dengan potongan sedotan, hingga jadi kincir
d. Ambil bambu B, bentuk seperti gelombang dan ditahan dengan benang,
lem rangka bambu pada kertas HVS dan gunting sisanya (seperti membuat
layang-layang)
e. Buat dua kali sehingga diperoleh baling-baling
f. Dengan cara yang sama buat pola kepala dan ekor kemudian gambar
mata,mulut, dan pola garis perut lebah
g. Sekarang ambilkarton buat pola dan gunting
h. Dari guntingan pola karton buat gendang
Cara Membuat:
a. Siapkan bambu utama
b. Lem gendang kecil
c. Masukkan kincir pada bambu utama
d. Tempatkan karet dan bahan bambu D pada bambu utama, gulung
sehingga tertahan pada gendang
e. Masukkan kincir sisi kincir yang terbelah empat. Perhatikan
letaknya sesuai gambar, batasi dengan potongan sedotan, kemudian selipkan
bagian kepala lebah
f. Tambahkan ekor di sisi yang lain, hingga menjadi sebuah kincir
lebah.
V.
PENILAIAN
Aspek yang dinilai
1. Persiapan
a. Pengadaan alat dan bahan lengkap skor
50
b. Pengadaan alat dan bahan tidak lengkap skor 40
c. Tidak membawa pengadaan alat dan bahan skor 10
2. Proses
a. Cara kerja skor
0-25
b. Ketelitian skor
0-25
c. Kerapihan skor
0-25
d. Penggunaan alat skor
0-25
3. Hasil dan Persentasi
a. Hasil skor
10-50
b. Persentasi/Deskripsi skor
10-50
NA= Jumlah nilai yang
diperoleh x 100 250
No comments:
Post a Comment