Jawablah pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini dengan memilih
salah satu     jawaban yang menurut anda paling benar.
| 
   A.  | 
  
   idiologi konstitusional  | 
 
| 
   B.  | 
  
   ideologi federalistik  | 
 
| 
   C.  | 
  
   ideologi persatuan  | 
 
| 
   D.  | 
  
   ideologi terbuka  | 
 
| 
   E.  | 
  
   ideologi kesatuan  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Investasi dana kesehatan masyarakat sebagai peluang bisnis  | 
 
| 
   B.  | 
  
   pengelolaan sampah
  dan kebersihan sebagai
  peluang ekonomi  | 
 
| 
   C.  | 
  
   peningkatan katertiban dan kesadaran hukum
  masyarakat  | 
 
| 
   D.  | 
  
   peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat dalam
  menjaga kebersihan dan
  kesehatan bersama  | 
 
| 
   E.  | 
  
   peningkatan pemerataan kesempatan
  pendidikan masyarakat sebagai hak konstitusional
  rakyat  | 
 
3.      Salah satu misi pendidikan moral-politik yang diemban oleh dan atau di dalam
pelajaran PPKn di persekolahan ...
| 
   A.  | 
  
   Mengkritisi pemerintah atas kebijakan publik
  yang merugikan rakyat.  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Menunjukkan rasa
  cinta dan bangga
  terhadap lambang Negara
  Indonesia.  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Berjuang keras
  sebagai politrisi agar
  dapat menjadi anggota
  DPR.  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Mendukung partai
  politik pemenang pemilu.  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Memuja-muji pemimpin sebagai
  penguasa.  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Undang-undang partai
  politik  | 
 ||
| 
   B.  | 
  
   Pancasila  | 
 ||
| 
   C.  | 
  
   UUD 1945  | 
 ||
| 
   D.  | 
  
   Cita-cita dan perjuangan partai  | 
 ||
| 
   E.  | 
  
   Pembukaan UUD 1945  | 
  
  | 
 |
| 
   A.  | 
  
   Hasil evaluasi hanya sebagai penunjuk gejala.  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Pengukuran dengan
  indikator kognitif  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Makin banyak
  indicator semakin mendekati keadaan sebenarnya.  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Lebih menekankan pada kepentingan siswa.  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Pengukuran ranah kolektif  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Bermain peran  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Value Clarafication Tehnique (VCT)  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Sosiodrama  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Metoda Proyek  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Cooperative learning  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Tatanan aturan
  hukum yang menjadi
  sesuatu yg sudah
  memiliki kekuatan normatif atau kekuatan lain
  dianut dan diterima serta dilaksanakan
  masyarakat.  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Prinsip-prinsip benar
  dan salah mengenai tingkah laku.  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Pola sikap
  yang sudah mempribadi atau mapan.  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Imperasi keyakinan yang harus dipatuhi oleh penganutnya.  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar
  dan indah serta
  menjadi pedoman atau
  pegangan diri.  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Pendekatan Sosial  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Pendekatan kontekstual  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Pedekatan kuantum  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Pendekatan lingkungan  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Pendekatan konsep  | 
 
9.      Untuk mengejar kemajuan dunia secara global semua
Negara bangsa, terutama bagi Negara-Negara
yang belum semaju bangsa lain termasuk Indonesia tak ada cara lain, kecuali
....
| 
   A.  | 
  
   Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Mengeksplorasi sumberdaya alam
  melalui strategi politik pembangunan sumberdaya manusia  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Memperkuat kekuasaan politik, pertahanan keamanan dan control ekonomi
  rakyat melalui pajak
  dan fiscal  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Bekerjasama
  saling menguntungkan dalam berbagai bidang dengan Negara-negara pemuncak kemajuan dunia  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Membuka inverstasi
  sebesar-besarnya dan seluas-luasnya untuk membangun infra struktur yang dibutuhkan rakyat  | 
 
| 
   A.  | 
  
   mengatur hubungan antara orang yang
  satu dan yang
  lain  | 
 
| 
   B.  | 
  
   memberikan adanya
  kepastian hukum  | 
 
| 
   C.  | 
  
   mengikat dan memaksa  | 
 
| 
   D.  | 
  
   memberikan rasa nyaman dan aman  | 
 
| 
   E.  | 
  
   memberikan rasa keadilan  | 
 
11.   
Setiap pelanggaran hukum dapat diancam
dengan tuntutan pidana,
tetapi tidak setiap
pelanggar hukum dan pelanggaran hukumnya atas nama hukum dikenakan sama. Contoh
kasus tersebut adalah ...
| 
   A.  | 
  
   Sebuah pelanggaran hukum yang dilakukan orang dewasa atas
  permintaan korban.  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Pelanggaran hukum
  yang terjadi sebagai akibat kecelakaan dan dilakukan oleh
  anak yang belum
  dewasa.  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Setiap pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang yang tidak waras.  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Setiap pelanggaran hukum baik sengaja
  atau tidak yang dilakukan oleh anak dibawah umur menurut undang-undang.  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Pelanggaran hukum yang
  dilakukan oleh orang
  yang sedang menduduki jabatan strategis Negara.  | 
 
12.   
Sebagai warga
masyarakat yang memahami makna demokrasi, selayaknya mampu menafsirkan demokrasi yang berlaku di
Indonesia yang saat ini menganut demokrasi konstitusional.
Untuk mengidentifikasi pilar-pilar demokrasi konstitusional menurut UUD 1945,
diantaranya adalah seperti
yang tersebut ini …
| 
   A.  | 
  
   Demokrasi dengan
  rule of law.  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Demokrasi dengan
  rule of the game.  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Demokrasi dengan
  pemisahan kakuasaan negara.  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Demokrasi dengan
  pemisahan antara hak
  dan kewajiban.  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Demokrasi dengan sistem
  pemilihan langsung.  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Memberikan pendidikan hukum sebagai pengetahuan relative sesuai
  dengan dinamika masyarakat.  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Memberikan pendidikan hukum sebagai profesi
  yang terhormat di masyarakat.  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Memberikan pendidikan hukum berbasis nilai-moral sejak di persekolahan.  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Memperjuangkan cita-cita politik Republik Indonesia sebagai
  Negara hukum.  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Membangun budaya
  politik berbasis pelaksanaan hukum dan konstitusi.  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Meneladani sikap
  dan perilaku para
  tokoh  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Menganggap Pancasila sebagai ideologi yang
  tidak sesuai lagi
  dengan keadaan sekarang  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Meninggalkan ideologi negara  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Mensimulasikan proses
  perumusan Dasar negara
  menjelas proklamasi kemerdekaan  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Menunjukkan sikap hedonisme  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Arbritase internasional  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Ombusman  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Mahkamah Internasional  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Diplomasi kebudayaan  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Diplomasi politik  | 
 
| 
   A.  | 
  
   terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia  | 
 
| 
   B.  | 
  
   bangsa indonesia tidak tertinggal memasuki arus globalisasi  | 
 
| 
   C.  | 
  
   adaptif dengan
  arus globalisasi saat
  ini  | 
 
| 
   D.  | 
  
   nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa
  indonesia  | 
 
| 
   E.  | 
  
   tidak terpengaruh dengan
  moralitas bangsa asing  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah
  bermuara pada terbentuknya prilaku yang mencerminkan nilai budaya
  bangsa.  | 
 ||
| 
   B.  | 
  
   Pembelajaran PPKn
  di sekolah berbasis budaya lebih disukai
  peserta didik.  | 
 ||
| 
   C.  | 
  
   Tujuan pembelajaran PPKn di persekolahan berbasis pengetahuan faktual meliput seni dan budaya.  | 
 ||
| 
   D.  | 
  
   Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah
  tak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat dan budaya.  | 
  
  | 
 |
| 
   E.  | 
  
   Nilai dan budaya
  yang ada di tengah
  masyarakat dapat menjadi
  penghambat modernisasi bangsa.  | 
  
  | 
 |
| 
   A.  | 
  
   mengembangkan iptek
  yang mampu mengendalikan dan mengatasi perubahan cuaca  | 
 
| 
   B.  | 
  
   melakukan reorientasi terhadap kualitas pendidikan kewarganegaraan dan dunia  | 
 
| 
   C.  | 
  
   menjadikan kepedulian terhadap bumi sebagai prioritas dari setiap
  warga negara  | 
 
| 
   D.  | 
  
   mewajibkan setiap
  warga negara menanam pohon dengan semboyan one man one tree  | 
 
| 
   E.  | 
  
   setiap negara bersama warganya melakukan reboisasi massal  | 
 
19.    Penanaman moralitas yang berakar pada budaya
bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, hal itu bermaksud
agar….
| 
   A.  | 
  
   nilai kepribadian bangsa tetap lestari
  dalam jiwa bangsa
  indonesia  | 
 
| 
   B.  | 
  
   terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia  | 
 
| 
   C.  | 
  
   adaptif dengan
  arus globalisasi saat
  ini  | 
 
| 
   D.  | 
  
   tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa
  asing  | 
 
| 
   E.  | 
  
   meniru cara hidup
  bangsa yang lebih
  dulu maju menjadi
  keniscayaan  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Perlindungan HAM tidak untuk
  pelaku kejahatan.  | 
 
| 
   B.  | 
  
   HAM memerlukan dinamisasi secara prinsip.  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Telah terjadi reformasi HAM dalam konstitusi.  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Pengakuan HAM
  di Indonesia semakin penting.  | 
 
| 
   E.  | 
  
   HAM harus tetap
  dilindungi secara konstitusional.  | 
 
| 
   A.  | 
  
   Nilai budaya
  bangsa  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Nilai pragmatis  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Nilai praktis  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Nilai instrumental  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Nilai fundamental  | 
 
22.    Instrumen HAM yang dapat memperkuat dan menjamin penegakan HAM secara adil adalah….
| 
   A.  | 
  
   kepastian hukum HAM, keadilan HAM dan ketaatan hukum HAM masyarakat  | 
  
  | 
 |
| 
   B.  | 
  
   Undang-Undang HAM,
  KOMNAS HAM dan
  Peradilan HAM  | 
 ||
| 
   C.  | 
  
   kesadaran hukum
  HAM, penegakan hukum
  HAM dan ketegasan eksekusi HAM  | 
 ||
| 
   D.  | 
  
   penegak hukum
  HAM, konstitusi HAM dan Peradilan HAM yang bebas  | 
 ||
| 
   E.  | 
  
   pemberdayaan dan peningkatan partisipasi relawan sosial  | 
 ||
| 
   A.  | 
  
   Perbedaan ras,
  suku dan budaya  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Perseteruan cita-cita politik sebagai bangsa  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Persaingan elit
  politik dan penguasaan hajat ekonomi  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Perselisihan agama
  dan keyakinan  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Perbedaan adat dan
  bahasa  | 
 
| 
   A.  | 
  
   prinsip kepribadian nasional dan cinta
  tanah air  | 
 
| 
   B.  | 
  
   semangat belajar PPKn  | 
 
| 
   C.  | 
  
   prinsip berkebangsaan dari warga negara  | 
 
| 
   D.  | 
  
   semangat kebangsaan dan cinta tanah
  air  | 
 
| 
   E.  | 
  
   semangat konstitusional bangsa
  indonesia  | 
 
25. Portopolio sejatinya dimaksudkan untuk kepentingan penilaian, hal itu karena model portopolio meliput berbagai aspek yang mencerahkan guru dalam memberikan asesmen autentik bagi peserta didik. Alasan portopolio diadopsi menjadi model pembelajaran, antara lain karena ...
| 
   A.  | 
  
   Implementasi portopolio di dalam praksisnya berbasis proses aktif
  partisipatif, kreatif dan produktik segenap peserta
  didik  | 
 
| 
   B.  | 
  
   Untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang
  unik bagi siswa  | 
 
| 
   C.  | 
  
   Untuk menolong capaian hasil belajar siswa yang masih
  kurang  | 
 
| 
   D.  | 
  
   Tak ada jawaban
  yang benar  | 
 
| 
   E.  | 
  
   Tak ada lagi
  model pembelajaran yang
  baru  | 
 
Kunci Jawaban:
1.          
C
2.          
D
3.          
B
4.          
B
5.          
B
6.          
E
7.          
B
8.          
B
9.          
D
10.        
D
11.        
D
12.        
A
13.        
C
14.        
D
15.        
E
16.        
D
17.        
A
18.        
C
19.        
A
20.        
B
21.        
D
22.        
B
23.        
C
24.        
E
25.        
A
No comments:
Post a Comment