Jawablah pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini dengan memilih
salah satu jawaban yang menurut anda paling benar.
A. |
idiologi konstitusional |
B. |
ideologi federalistik |
C. |
ideologi persatuan |
D. |
ideologi terbuka |
E. |
ideologi kesatuan |
A. |
Investasi dana kesehatan masyarakat sebagai peluang bisnis |
B. |
pengelolaan sampah
dan kebersihan sebagai
peluang ekonomi |
C. |
peningkatan katertiban dan kesadaran hukum
masyarakat |
D. |
peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat dalam
menjaga kebersihan dan
kesehatan bersama |
E. |
peningkatan pemerataan kesempatan
pendidikan masyarakat sebagai hak konstitusional
rakyat |
3. Salah satu misi pendidikan moral-politik yang diemban oleh dan atau di dalam
pelajaran PPKn di persekolahan ...
A. |
Mengkritisi pemerintah atas kebijakan publik
yang merugikan rakyat. |
B. |
Menunjukkan rasa
cinta dan bangga
terhadap lambang Negara
Indonesia. |
C. |
Berjuang keras
sebagai politrisi agar
dapat menjadi anggota
DPR. |
D. |
Mendukung partai
politik pemenang pemilu. |
E. |
Memuja-muji pemimpin sebagai
penguasa. |
A. |
Undang-undang partai
politik |
||
B. |
Pancasila |
||
C. |
UUD 1945 |
||
D. |
Cita-cita dan perjuangan partai |
||
E. |
Pembukaan UUD 1945 |
|
|
A. |
Hasil evaluasi hanya sebagai penunjuk gejala. |
B. |
Pengukuran dengan
indikator kognitif |
C. |
Makin banyak
indicator semakin mendekati keadaan sebenarnya. |
D. |
Lebih menekankan pada kepentingan siswa. |
E. |
Pengukuran ranah kolektif |
A. |
Bermain peran |
B. |
Value Clarafication Tehnique (VCT) |
C. |
Sosiodrama |
D. |
Metoda Proyek |
E. |
Cooperative learning |
A. |
Tatanan aturan
hukum yang menjadi
sesuatu yg sudah
memiliki kekuatan normatif atau kekuatan lain
dianut dan diterima serta dilaksanakan
masyarakat. |
B. |
Prinsip-prinsip benar
dan salah mengenai tingkah laku. |
C. |
Pola sikap
yang sudah mempribadi atau mapan. |
D. |
Imperasi keyakinan yang harus dipatuhi oleh penganutnya. |
E. |
Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar
dan indah serta
menjadi pedoman atau
pegangan diri. |
A. |
Pendekatan Sosial |
B. |
Pendekatan kontekstual |
C. |
Pedekatan kuantum |
D. |
Pendekatan lingkungan |
E. |
Pendekatan konsep |
9. Untuk mengejar kemajuan dunia secara global semua
Negara bangsa, terutama bagi Negara-Negara
yang belum semaju bangsa lain termasuk Indonesia tak ada cara lain, kecuali
....
A. |
Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan |
B. |
Mengeksplorasi sumberdaya alam
melalui strategi politik pembangunan sumberdaya manusia |
C. |
Memperkuat kekuasaan politik, pertahanan keamanan dan control ekonomi
rakyat melalui pajak
dan fiscal |
D. |
Bekerjasama
saling menguntungkan dalam berbagai bidang dengan Negara-negara pemuncak kemajuan dunia |
E. |
Membuka inverstasi
sebesar-besarnya dan seluas-luasnya untuk membangun infra struktur yang dibutuhkan rakyat |
A. |
mengatur hubungan antara orang yang
satu dan yang
lain |
B. |
memberikan adanya
kepastian hukum |
C. |
mengikat dan memaksa |
D. |
memberikan rasa nyaman dan aman |
E. |
memberikan rasa keadilan |
11.
Setiap pelanggaran hukum dapat diancam
dengan tuntutan pidana,
tetapi tidak setiap
pelanggar hukum dan pelanggaran hukumnya atas nama hukum dikenakan sama. Contoh
kasus tersebut adalah ...
A. |
Sebuah pelanggaran hukum yang dilakukan orang dewasa atas
permintaan korban. |
B. |
Pelanggaran hukum
yang terjadi sebagai akibat kecelakaan dan dilakukan oleh
anak yang belum
dewasa. |
C. |
Setiap pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang yang tidak waras. |
D. |
Setiap pelanggaran hukum baik sengaja
atau tidak yang dilakukan oleh anak dibawah umur menurut undang-undang. |
E. |
Pelanggaran hukum yang
dilakukan oleh orang
yang sedang menduduki jabatan strategis Negara. |
12.
Sebagai warga
masyarakat yang memahami makna demokrasi, selayaknya mampu menafsirkan demokrasi yang berlaku di
Indonesia yang saat ini menganut demokrasi konstitusional.
Untuk mengidentifikasi pilar-pilar demokrasi konstitusional menurut UUD 1945,
diantaranya adalah seperti
yang tersebut ini …
A. |
Demokrasi dengan
rule of law. |
B. |
Demokrasi dengan
rule of the game. |
C. |
Demokrasi dengan
pemisahan kakuasaan negara. |
D. |
Demokrasi dengan
pemisahan antara hak
dan kewajiban. |
E. |
Demokrasi dengan sistem
pemilihan langsung. |
A. |
Memberikan pendidikan hukum sebagai pengetahuan relative sesuai
dengan dinamika masyarakat. |
B. |
Memberikan pendidikan hukum sebagai profesi
yang terhormat di masyarakat. |
C. |
Memberikan pendidikan hukum berbasis nilai-moral sejak di persekolahan. |
D. |
Memperjuangkan cita-cita politik Republik Indonesia sebagai
Negara hukum. |
E. |
Membangun budaya
politik berbasis pelaksanaan hukum dan konstitusi. |
A. |
Meneladani sikap
dan perilaku para
tokoh |
B. |
Menganggap Pancasila sebagai ideologi yang
tidak sesuai lagi
dengan keadaan sekarang |
C. |
Meninggalkan ideologi negara |
D. |
Mensimulasikan proses
perumusan Dasar negara
menjelas proklamasi kemerdekaan |
E. |
Menunjukkan sikap hedonisme |
A. |
Arbritase internasional |
B. |
Ombusman |
C. |
Mahkamah Internasional |
D. |
Diplomasi kebudayaan |
E. |
Diplomasi politik |
A. |
terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia |
B. |
bangsa indonesia tidak tertinggal memasuki arus globalisasi |
C. |
adaptif dengan
arus globalisasi saat
ini |
D. |
nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa
indonesia |
E. |
tidak terpengaruh dengan
moralitas bangsa asing |
A. |
Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah
bermuara pada terbentuknya prilaku yang mencerminkan nilai budaya
bangsa. |
||
B. |
Pembelajaran PPKn
di sekolah berbasis budaya lebih disukai
peserta didik. |
||
C. |
Tujuan pembelajaran PPKn di persekolahan berbasis pengetahuan faktual meliput seni dan budaya. |
||
D. |
Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah
tak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat dan budaya. |
|
|
E. |
Nilai dan budaya
yang ada di tengah
masyarakat dapat menjadi
penghambat modernisasi bangsa. |
|
|
A. |
mengembangkan iptek
yang mampu mengendalikan dan mengatasi perubahan cuaca |
B. |
melakukan reorientasi terhadap kualitas pendidikan kewarganegaraan dan dunia |
C. |
menjadikan kepedulian terhadap bumi sebagai prioritas dari setiap
warga negara |
D. |
mewajibkan setiap
warga negara menanam pohon dengan semboyan one man one tree |
E. |
setiap negara bersama warganya melakukan reboisasi massal |
19. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya
bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, hal itu bermaksud
agar….
A. |
nilai kepribadian bangsa tetap lestari
dalam jiwa bangsa
indonesia |
B. |
terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia |
C. |
adaptif dengan
arus globalisasi saat
ini |
D. |
tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa
asing |
E. |
meniru cara hidup
bangsa yang lebih
dulu maju menjadi
keniscayaan |
A. |
Perlindungan HAM tidak untuk
pelaku kejahatan. |
B. |
HAM memerlukan dinamisasi secara prinsip. |
C. |
Telah terjadi reformasi HAM dalam konstitusi. |
D. |
Pengakuan HAM
di Indonesia semakin penting. |
E. |
HAM harus tetap
dilindungi secara konstitusional. |
A. |
Nilai budaya
bangsa |
B. |
Nilai pragmatis |
C. |
Nilai praktis |
D. |
Nilai instrumental |
E. |
Nilai fundamental |
22. Instrumen HAM yang dapat memperkuat dan menjamin penegakan HAM secara adil adalah….
A. |
kepastian hukum HAM, keadilan HAM dan ketaatan hukum HAM masyarakat |
|
|
B. |
Undang-Undang HAM,
KOMNAS HAM dan
Peradilan HAM |
||
C. |
kesadaran hukum
HAM, penegakan hukum
HAM dan ketegasan eksekusi HAM |
||
D. |
penegak hukum
HAM, konstitusi HAM dan Peradilan HAM yang bebas |
||
E. |
pemberdayaan dan peningkatan partisipasi relawan sosial |
||
A. |
Perbedaan ras,
suku dan budaya |
B. |
Perseteruan cita-cita politik sebagai bangsa |
C. |
Persaingan elit
politik dan penguasaan hajat ekonomi |
D. |
Perselisihan agama
dan keyakinan |
E. |
Perbedaan adat dan
bahasa |
A. |
prinsip kepribadian nasional dan cinta
tanah air |
B. |
semangat belajar PPKn |
C. |
prinsip berkebangsaan dari warga negara |
D. |
semangat kebangsaan dan cinta tanah
air |
E. |
semangat konstitusional bangsa
indonesia |
25. Portopolio sejatinya dimaksudkan untuk kepentingan penilaian, hal itu karena model portopolio meliput berbagai aspek yang mencerahkan guru dalam memberikan asesmen autentik bagi peserta didik. Alasan portopolio diadopsi menjadi model pembelajaran, antara lain karena ...
A. |
Implementasi portopolio di dalam praksisnya berbasis proses aktif
partisipatif, kreatif dan produktik segenap peserta
didik |
B. |
Untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang
unik bagi siswa |
C. |
Untuk menolong capaian hasil belajar siswa yang masih
kurang |
D. |
Tak ada jawaban
yang benar |
E. |
Tak ada lagi
model pembelajaran yang
baru |
Kunci Jawaban:
1.
C
2.
D
3.
B
4.
B
5.
B
6.
E
7.
B
8.
B
9.
D
10.
D
11.
D
12.
A
13.
C
14.
D
15.
E
16.
D
17.
A
18.
C
19.
A
20.
B
21.
D
22.
B
23.
C
24.
E
25.
A
No comments:
Post a Comment