Bupati Aceh Besar mengatakan, pihaknya akan segera mengkaji penerapan Sistem Pendidikan Terpadu untuk semua jenjang pendidikan di Aceh Besar dan diharapkan bisa dilaksanakan secepatnya. Harapan itu dikemukakan Mawardi Ali di depan sekitar 500-an guru dan kepala sekolah se-Aceh Besar di Auditorium SMK Almubarkeya, Aceh Besar, Sabtu (23/6/2018). “Kita harus berani bersikap untuk kemajuan pendidikan Aceh Besar ke depan,” tegasnya. Hadir pada kegiatan itu Wakil Bupati Aceh Tgk H. Husaini A Wahab, Ketua MPD Aceh Besar Prof. Dr. Musanif, dan Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Fata Muhammad, S.Pd., M.M. Dalam pertemuan dengan jajaran pendidikan, Mawardi menambahkan, masa depan Aceh Besar sangat tergantung dari keberhasilan pendidikan hari ini.
A. |
masa depan
Aceh Besar sangat
tergantung dari keberhasilan pendidikan hari
ini. |
B. |
pentingnya penerapan Sistem
Pendidikan Terpadu untuk
semua jenjang pendidikan |
C. |
pembiasaan Harapan Bupati
Aceh Besar terhadap penerapan Sistem Pendidikan Terpadu |
D. |
pertemuan Kebijakan Pendidikan Bupati Aceh Besar dengan sekitar 500- an guru
dan kepala sekolah se-Aceh Besar |
E. |
kebijakan pendidikan inovatif Bupati Aceh Besar
dalam bidang pendidikan |
A. |
Rina belajar
setiap hari untuk
persiapan ujian yang
akan datang. |
B. |
Ali mengambil alat tulisnya yang tertinggal dibawah meja. |
C. |
Siti mengucapkan terimakasih berulang kali
atas kebaikan temannya. |
D. |
Adik saya,
Santi pergi ke Jakarta pagi
tadi. |
E. |
Andi sejak pagi menunggu orangtuanya datang. |
A. |
fisiolinguistik |
B. |
sosiolinguistik |
C. |
literasi linguistik |
D. |
neurolinguistik |
E. |
psikolinguistik |
A. |
Mempersiapkan CD interaktif cerita
anak lalu membagikannya kepada siswa sesuai
kelompoknya. |
B. |
Menugasi siswa untuk mengakses sendiri tayangan video cerita anak di internet lalu siswa diminta membuat cerita sejenis. |
C. |
Mengevaluasi kemampuan siswa dalam melakukan percobaan pembuatan magnet berdasarkan tayangan video. |
D. |
Menugasi siswa
menganalisis tayangan video
sesuai materi pada
3 jenis mata
pelajaran yang berbeda. |
E. |
Menugasi siswa membaca komik digital lalu
siswa diinta menulis
cerita tersebut dengan menggunakan bahasanya sendiri. |
A. |
Menggali informasi untuk menemukan keterhubungan gagasan. |
B. |
Membuat tulisan
yang memiliki keterhubungan gagasan dengan teks lain. |
C. |
Memperjelas keterhubungan antara gagasan dalam
beberapa teks yang terkait. |
D. |
Menyusun kerangka tulisan dari beberapa teks
yang memiliki keterhubungan gagasan. |
E. |
Membuat instrumen untuk
menata keterhubungan antargagasan. |
Tujuan utama menggunakan metode
MMP ini adalah ... .
A. |
memberi contoh
teknik membaca dan menulis peserta didik |
B. |
mengenalkan gambar-gambar dengan tulisannya kepada
peserta didik |
C. |
memberi contoh
pelafalan dan penulisan huruf |
D. |
mencari informasi dari bahan bacaan
dan tulisan yang
cocok untuk kelas
i sd |
E. |
mengecek kelancaran membaca
dan menulis peserta
didik |
A. |
cerita tentang pengalaman anak berlibur beserta keluarga |
B. |
cerita tentang sejarah kehidupannya |
C. |
menceritakan kembali
cerita fiksi yang
dibacanya |
D. |
cerita binatang dengan kemampuan khusus |
E. |
cerita tentang kehidupan di masa mendatang |
KECOA
Oleh: PencilSpirit
Kata orang serangga menjijikkan,
Muncul ditempat pembuangan,
Melata dalam gelap,
Bermukim dalam pengap.
Kecoa binatang paling tangguh,
Bertahan sekalipun peradaban bumi runtuh,
Spesies hewan paling tua,
Berkembang biak puluhan abad lamanya.
Jangan kau menginjaknya,
Karena jutaan bakteri ada di perutnya,
Bunuh dengan pembasmi serangga,
A. |
deskriptif |
B. |
kinestetik |
C. |
imajinatif |
D. |
auditif |
E. |
visual |
A. |
Bermakna |
B. |
Arbitrer |
C. |
Sistem |
D. |
Konvensional |
E. |
Bervariasi |
Laju deforestasi di Bumi antara 2014 dan 2016 mencapai 20 persen lebih cepat dibandingkan etimbang dekade silam. Artinya dunia kehilangan tutupan hutan hampir seluas pulau Jawa setiap tahunnya. Temuan ini didapat antara lain melalui analisis citra satelit. Meski upaya menghentikan deforestasi telah berlangsung selama beberapa dekade, sejak tahun 2000 hampir 10 persen hutan alami mengalami fragmentasi, degradasi atau ditebang. Laju kerusakan hutan pada 17 tahun pertama abad ini mencapai 200 kilometer persegi setiap hari. "Degradasi hutan alami mewakili tragedi global, di mana kita secara sistematis menghancurkan pondasi penting untuk stabilitas iklim," kata Frances Seymour, peneliti World Research Institute (WRI) yang ikut terlibat dalam studi tersebut. Hutan adalah satu-satunya infrastruktur paling aman, alami, terjangkau dan sudah terbukti buat menangkap dan menyimpan karbondioksida," imbuhnya. Temuan ini diumumkan ketika Program Pembangunan PBB (UNDP) dan lima organisasi konservasi lain meluncurkan rencana lima tahun, Nature4Climate, yang membidik pengelolaan penggunaan lahan yang lebih baik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. "37 persen dari jumlah yang dibutuhkan untuk mempertahankan kenaikan suhu di bawah dua derajat Celsius, bisa disediakan oleh pengelolaan lahan yang baik," kata Andrew Steer, Direktur WRI. (Sumber: Kompas.com)
A. |
penelitian untuk
mengatasi deforetasi hutan |
B. |
upaya mengembalikan lanscap hutan
alam |
C. |
dampak kerusakan hutan bagi alam |
D. |
deforestasi bumi |
E. |
persentasi degradasi hutan
per tahun |
A. |
Presiden Joko
Widodo sedang melakukan kujungan kenegaraan ke beberapa negara tetangga. |
B. |
Semua Gubernur dari seluruh propinsi menghadiri acara di istana negara. |
C. |
Pemilihan presiden Republik Indonesia akan
dilaksanakan pada tahun
2019. |
D. |
Pemilihan Gubernur diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. |
E. |
Setiap warga negara
Indonesia harus memiliki KTP ( Kartu
Tanda Penduduk ). |
A. |
Gadis yang
berdiri di teras
itu adik saya. |
B. |
Andi pergi
ke kampung halamannya sejak kemarin. |
C. |
Dua hari yang lalu
Andika mengalami kecelakaan mobil di tol Cipali. |
D. |
Ayah tidak berangkat ke kantor karena membawa adik ke dokter dan membelikan obatnya ke apotik. |
E. |
Siti makan di sebelah adiknya. |
A. |
hewan |
B. |
hewan berinsang |
C. |
hewan air |
D. |
penjual ikan |
E. |
ikan tuna |
A. eklektika (eclectic)
B. menyeluruh (whole/cooperative)
C. bermakna (meaningful)
D. berfungsi (function)
Strategi pembelajaran membaca
yang diterapkan Bu Ayu adalah
strategi … .
A.
bersama
B.
bergema
C.
kor
D.
terbimbing
1. C
2. A
3. B
4. E
5. D
6. A
7. B
8. E
9. C
10. D
11. A
12. A
13. E
14. A
15. A
No comments:
Post a Comment