Definisi
Kepemimpinan Pendidikan
Kepemimpinan (Leadership)
merupakan salah satu yang sangat vital bagi terlaksananya fungsi-fungsi
manajemen. Pengertian umum pendidikan adalah kemampuan dan kesiapan yang
dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak,
menuntun, menggerahkan, dan kalau perlu memaksa orang atau kelompok agar
menerima pengaruh tersebut dan selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu
tercapainya suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan.
Menurut Ralp M. Stogdill,
kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan kelompok yang
diorganisis menuju kepada penentuan dan pencapaian tujuan. Sondang P. Siagian,
kepemimpinan merupakan motor atau daya penggerak dari pada semua sumber-sumber,
dan alat yang tersedia bagi suatu organisasi. Mardjin syam (1966) mengartikan
kepemimpinan sebagai keseluruhan tindakan guna mempengaruhi serta mengingatkan
orang, dalam usaha bersama untuk mencapai tujuan, atau dengan definisi yang
lebih lengkap dapat dikatakan bahwa kepemimpinan adalah proses pemberian jalan
yang mudah dari pada pekerjaan orang lain yang terorganisir dalam organisasi
guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan “Pendidikan” mengandung
arti dalam lapangan apa dan dimana kepemimpinan itu berlangsung, dan sekaligus
menjelaskan pula sifat atau ciri-ciri yang harus dimiliki oleh kepemimpinan
itu.
Dengan demikian Kepemimpinan
pendidikan merupakan kemampuan untuk menggerakan pelaksanaan pendidikan,
sehingga tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif
dan efisien.
B.
Fungsi Pemimpin Pendidikan
Fungsi utama pemimpin pendidikan, antara lain :
1)
3
2)
Pemimpin membantu kelompok
untuk mengorganisir diri yaitu ikut serta dalam memberikan rangsangan dan
bantuan kepada kelompok dalam menetapkan dan menjelaskan tujuan.
3)
Pemimpin membantu kelompok
dalam menetapkan prosedur kerja, yaitu membantu kelompok dalam menganalisis
situasi untuk kemudian menetapkan prosedur mana yang paling praktis dan
efektif.
4)
Pemimpin bertanggung jawab
dalam mengambil keputusan bersama dengan kelompok. Pemimpin memberi kesempatan
kepada kelompok untuk belajar dari pengalaman. Pemimpin mempunyai tanggung
jawab untuk melatih kelompok menyadari proses dan isi pekerjaan yang dilakukan
dan berani menilai hasilnya secara jujur dan objektif.
5)
Pemimpin bertanggung jawab
dalam mengembangkan dan mempertahankan eksistensi organisasi.
Sedangkan dari definisi berikutnya memberikan
indikasi bahwa :
1)
Seorang pemimpin berfungsi
sebagai orang yang mampu menciptakan perubahan secara efektif di dalam
penampolan kelompok.
2)
Seorang pemimpin berfungsi
menggerakan orang lain, sehingga secara sadar orang lain tersebut mau melakukan
apa yang dikehendaki oleh pemimpin.
No comments:
Post a Comment