Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, November 1, 2021

Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Tenaga Kesehatan

 


 

1.         Konsep penyebab terjadinya penyakit dalam epidemiologi adalah seperti dibawah ini,

kecuali….

a)           Pejamu

b)         Agent

c)           Fisiologi

d)         Lingkungan

 

 

2.         Seorang Nona bernama Cika usia 20 tahun datang ke Bidan untuk konsultasi gizi pra hamil. Dia ingin mempersiapkan kehamilannya dengan baik. Mira mempunyai berat badan 45 kg dengan tinggi badan 150 cm. Mira termasuk dalam kategori …

a)           Kurus - kekurangan BB tingkat berat

b)        Kurus kekurangan BB tingkat ringan

c)           Obesitas kelebihan BB tingkat ringan

e) Normal

3.         Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik,mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Definisi diatas merupakan definisi sehat menurut....

a)           President’s Communision On Health Need Of Nation Stated

b)        UU No.27,1996 tentang Kesehatan

c)           Pengertian sehat secara luas

d)          WHO

4.         Sampah juga dapat mempengaruhi mutu air tanah. Untuk menghindari kontaminasi sampah pada air tanah, bagaimana cara pengolahannya ?

a)         Seepage pit

b)      Cesspool

c)         Septic tank

d)      Compositing

5.         Dalam konsep penyuluhan bagaimana cara agar semua konsep bisa terlaksana dengan baik


a)           Melalui pendekatan

b)         Mengenal daerah tertentu

c)           Berbicara dengan bahasa formal

d)        A, b dan c benar

6.         Dalam menjalankan tugas pokok puskesmas, terdapat beberapa faktor yang

mempengaruhinya yaitu sebagai berikut, kecuali…

 

a.                   Tempat

 

b.                Biaya

 

c.                   Tenaga kesehatan

 

d.                Alat medis

 

e.                  Lingkungan

 

7.         Promosi kesehatan merupakan program pelayanan puskesmas dengan salah satu kegiatannya

yaitu…

 

a.                   Pencegahan penyakit

 

b.                Pembagian makanan bergizi

 

c.                   Rujukan

 

d.                Penyuluhan

 

e.                   Pengawasan saluran pembuangan air

 

8.         Program kegiatan pelayanan kesehatan dengan upaya peningkatan dan perbaikan gizi masyarakat di puskesmas meliputi di bawah ini, kecuali…

a.         Pelacakan gizi buruk

b.        Penyuluhan kesehatan jiwa

c.         Penimbangan

d.         Penganggulangan Anemia gizi besi

e.         Surveilans gizi masyarakat


9.         Secara administratif puskesmas bertanggung jawab kepada…

a.                   Bupati

b.                Dinas kesehatan tk.1

c.                   Rumah sakit pusat

d.                Benar semua

e.                  Dinas kesehatan tk.2

 

 

10.    Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam dalam menentukan cakupan wilayah

puskesmas, kecuali…

 

a.                   Pembangunan infrastruktur lain

 

b.                Frekuensi penyakit

 

c.                   Keadaan geografis

 

d.                Jumlah penduduk

 

e.                   Penetapan bupati/walikota

 

11.    Puskesmas di desa X menerima banyak pasien pelajar yang luka-luka akibat kekerasan. Diketahui penyebab pelajar banyak terluka dikarenakan beberapa pelajar berada di bawah pengaruh alkohol. Apakah perencanaan tindakan yang perlu dilakukan tenaga kesehatan atau puskemas agar kasus tersebut tidak terulang lagi di desa X?

a.         Merubah budaya yang ada

b.         Melakukan konseling dan rehabilitasi pada siswa yang menggunakan alkohol

c.         Minta bantuan polisi untuk mengatasi tindak kekerasan dan penggunaan alkohol

d.         Pengobatan intensif bagi pelajar yang mengalami luka-luka

e.         Penyuluhan untuk seluruh siswa dan masyarakat tentang pengaruh buruk zat adiktif dan kekerasan

 

12.    Terdapat kasus terjadinya penyakit menular di desa Y. Pihak puskesmas dan tenaga kesehatan lain melakukan pengamatan secara sistematis dengan mengumpulkan data dari beberapa tahun yang lalu dan dari berbagai sumber terpercaya mengenai kuantitas dan


penyebab penyakit menular di desa tersebut agar dapat diberlakukan program penanggulangan yang lebih efektif dan efisien ke depannya. Disebut teknik apakah yang dilakukan oleh pihak puskesmas?

a.                   Pendidikan kesehatan

b.                Perubahan budaya

c.                  Surveilans Epidemiologi

d.                Pengawasan kesehatan masyarakat dan social

e.                   Wawancara

13.    Berikut adalah yang termasuk dari program pengobatan puskesmas, kecuali ?

a.    Puskesmas Keliling (Puskel)

b.    Unit Gawat Darurat (UGD)

c.    Rawat Jalan Poli Gigi

d.    Pengobatan Rawat Inap

e.    Rawat Jalan Poli Umum

14.    Kesehatan Lingkungan adalah cara suatu program yang diperkenalkan dipuskesmas untuk memantau keadaan lingkungan sekitar agar terhindar dari suatu masalah, berikut adalah upaya dari program kesehatan lingkungan adalah?

a.         Survey penyakit manula

b.         Pemeriksaan gigi pada pasien

c.         Imunisasi Berkala

d.         Vaksin Campak pada balita

e.         Pengawasan SPAL (saluran pembuangan air limbah)

15.    Ada sebuah kasus didaerah P yang menyebabkan anak-anak didaerah tersebut lemas atau tidak bersemangat, setelah diperiksa ternyata dalam tubuh mereka kurang ditemui zat besi serta protein akibat dari bahan makanan yang mereka tidak tergolong kedalam 4 Sehat 5 Sempurna, apa upaya puskesmas yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan tersebut ?

a.    Peningkatan Poli Gigi

b.    Kesehatan Lingkungan

c.    Keluarga Berencana


d.    Upaya Peningkatan Gizi

e.    Pencegahan Penyakit Menular

16.    Ada berapa tugas pokok dalam puskesmas ?

a.    90

b.    20

c.    4

d. 102

e. 1

17.    Ada beberapa pelayanan kesehatan yang ditawarkan oleh sebuah puskesmas, berikut adalah pelayanan dari sebuah puskesmas, kecuali ?

a.    Kuratif (pengobatan)

b.    Promotif (peningkatan kesehatan)

c.    Rehabilitatif (pemulihan kesehatan)

d.    Kooperatif (Mengumpulkan Uang)

e.    Preventif (upaya pencegahan)

18.    Agar jangkauan yankes/pelayanan kesehatan merata dan meluas, maka Puskesmas ditunjang oleh ?

a.    Bidan Desa

b.    Puskesmas Keliling

c.   Wakil Presiden beserta Menterinya

d.    Posyandu/Dasa Wisma

e.    Polides (Pondok Bersalin Desa)

19.    Puskesmas dipimpin oleh seorang yang ditunjuk oleh pemerintah agar menjadikan puskesmas untuk selalu melayani kebutuhan kesehatan pasiennya, maka tugas dan peran pemimpin puskesmas adalah berikut ini, kecuali?

a.    Mengatur pelayanan puskesmas

b.    Membuat perencaan puskesmas

c.    Menggerakan Pegawai puskesmas

d.    Mengevaluasi kinerja puskesmas

e.   Memperkaya diri sendiri dari keuntungan puskesmas


20.    Suatu standar dengan batas-batas tertentu untuk mengukur kinerja

penyelenggaraan kewenangan wajib daerah yang berkaitan dengan pelayanan dasar kepada masyarakat yang mencakup jenis pelayanan, indikator dan nilai (benchmark), adalah pengertian dari ?

a.   Standar Pelayanan Minimal

b.   Promsi Kesehatan

c.   Pencegahan Penyakit menular

d.   Pelayanan Posyandu

e.   Pengertian K3

21.    Apa kesulitan yang dihadapi Pemerintah Indonesia dalam upaya merealisasikan tujuan pembangunan Millenium pada tahun 2015?

 

a.         Peran masyarakat lebih yang memperhatikan dirinya sendiri.

b.         Pemerintah tidak mampu mengatasi masalah yang terjadi.

c.         Tidak bisa memenuhi komitmen yang ditujukan.

d.        Menanggung beban utang pembayaran yang sangat besar.

e.         Masyarakat kurang antusias terhadap program pembangunan Millenium.

22.    Apa target dari tujuan MDGS yg perlu dilaksanakan dengan kerja keras ?

 

 

a.         Meningkatkan pembangunan MDGS.

b.         Menjalankan komitmen sesuai perjanjian deklarasi yang sudah ditandatangani.

c.         Meningkatkan sumber daya alam yang memenuhi masyarakat.

d.         Untuk merubah Negara Indonesia menjadi yang lebih baik lagi ke depannya.

e.         Penurunan tingkat kemiskinan

23.    Mengapa MDGS sebagai acuan penting dalam penyusunan Dokumen Pembangunan Nasional ?

a.         Karena MDGS merupakan program dari Pemerintah yang harus dijalani.

b.        Karena memberikan konstribusi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dunia.

c.         Karena untuk mengurangi kejahatan di dunia yang menyebabkan masyarakat tidak tentram.


d.         Sebagai perjanjian bahwa MDGS memenuhi syarat sebagai program kerja dunia.

e.         Untuk meningkatkan bantuan pembangunan di Indonesia.

24.         Siapa yang ikut berperan dalam tercapainya MDGS di Indonesia ?

a.        Negara yang sudah maju dan taraf kehidupannya bagus.

b.         Negara yang warganya tinggal di Indonesia.

c.         Negara yang bersahabat baik dengan Indonesia.

d.         Kedutaan besar yang berada di Indonesia.

e.         Perusahaan Asing yang bekerja di Indonesia.

25.    Berikut ini merupakan tujuan dan sasaran pembangunan di Indonesia sehingga Indonesia bisa terlibat bersama 189 negara lainnya dalam Millenium Development Goals (MDGs), kecuali...

a.         Mendorong kesetaraan gender pemberdayaan perempuan

b.         Menurunkan Angka Kematian Ibu

c.         Mengobati penderita Stunting

d.         Memastikan kelestarian hidup

e.         Mencapai Pendidikan Dasar untuk semua

26.    Program MDGs adalah program yang tujuan umumnya adalah menyejahterakan masyarakat dalam bidang kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut temtunya pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, pemerintah memerlukan dorongan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk korporat. Peran korporat seperti berikut, lecuali....

a.         Mendukung BNN untukbmengatasi masalah narkoba terkait HIV/AIDS

b.        Menciptakan formulasi obat terbaru untuk mengobati stunting

c.         Menciptakan peluang kerja masyarakat untuk menangani kemiskinan

d.         Melakukan program pelestarian air bersih

e.         Melakukan program daur ulang dan program pendidikan kesehatan masyarakat

27.    Untuk mencapai tujuan MDGs, pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan memiliki strategi pembangunan kesehatan seperti berikut, kecuali....

a.         Pengembangan profesionalisme

b.         Pengembangan Jaminan Kesehatan Masyarakat

c.         Desentralisasi menuju daerah pembangunan

d.        Melakukan sosialisasi kebidanan

e.         Aktualisasi paradigma sehat dalam pembangunan nasional berwawasan kesehatan


28.    Dalam upaya pemerintah mencegah stunting pada masyarakat Indonesia adalah dengan menjaga masa emas perkembangan anak dengan mencukupi kebutuhan gizinya selama dua tahun.Program pemerintah yang dimaksud adalah....

a.            Program Penurunan Angka Kematian Bayi (AKB)

b.         Program Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI)

c.         Program Desa Sehat

d.         Program 10.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

e.         Program 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

29.    Anak yang menderita stunting akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih lambat dibandingkan dengan anak normal pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan...

a.         Masa perkembangan anak terjadi secara optimal

b.         Faktor ekonomi orang tua yang rendah

c.         Kurangnya zat gizi pada masa keemasan

d.         Faktor keturunan stunting

e.         Kurangnya interaksi sosial dengan teman sebaya

30.    Apa yang dimaksud dengan MDGs ?

a.        Sebuah paradigma pembangunan global yang dideklarasikan KTT millennium oleh 189 negara anggota PBB di New York pada bulan September 2000.

b.         Sebuah paradigma pembangunan global yang dideklarasikan KTT millennium oleh 197 negara anggota PBB di New York pada bulan September 2000.

c.         Sebuah paradigma pembangunan global yang dideklarasikan KTT millennium oleh 197 negara anggota PBB di London pada bulan September 2000.

d.         Sebuah paradigma pembangunan global yang dideklarasikan KTT millennium oleh 189 negara anggota ASEAN di New York pada bulan September 2000.

e.         Sebuah paradigma pembangunan global yang dideklarasikan KTT millennium oleh 189 negara anggota PBB di New York pada bulan September 2015.

31.    Apa dampak dari stunting pada balita, kecuali ?

a.         Mengalami gangguan intolerans glukosa

b.         Ketidakmampuan belajar secara optimal

c.         Meningkatkan resiko kejadian hipertensi

d.         Perkembangan fisik dan mental yang terganggu


e.         Perkembangan motoric yang tinggi

32.    Apa tujuan dari program 1000 hari pertama ?

a.         Untuk mengurangi jumlah kematian ibu

b.         Melestarikan lingkungan hidup

c.         Untuk mencegah stunting pada anak

d.         Menenggulangi kemiskinan dan kelaparan

e.         Menurunkan angka kematian anak

33.    Jika di 1000 hari pertama gizi anak tercukupi, maka permasalahan yang tidak akan muncul adalah…

a.        Anak tidak akan menderita stunting

b.         Perkembangan kemampuan anak terhambat

c.         Anak menjadi lemah dan sakit

d.         Nantinya anak akan sulit mengikuti pelajaran disekolah

e.         Perumbuhan otak terhambat

34.    Ilmu yang mempelajari tentang Lingkungan disebut…

a.         Histologi

b.         Biologi

c.         Ekologi

d.         Sitologi

35.    Fasilitas sanitasi seperti air bersih, pembuangan air limbah, Jamban keluarga, pengolahan sampah dan pengendalian vector harus tersedia dalam rumah. Persyaratan Air bersih adalah  . .  .  .

a.     Air harus bersih dan tidak keruh, tidak berwarna, berasa manis, dan tidak beraroma tanah.

b.    Air harus bersih dan tidak keruh, tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.

c.     Tersedia air yang cukup, bersih , berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.

d.    Tersedia air yang cukup, cukup bersih, berwarna terang, dan tidak berbau.

36.    Apa sajakah sumber-sumber air bersih?

a.         Air Atmosfer, Air Pegunungan, Air Sumur

b.        Air Atmoser, Air Permukaan, Air Tanah

c.         Air Angkasa, Air Daratan, Air Sumur


d.         Air Angkasa, Air Daratan, Air Tanah

 

 

37.    Air merupakan zat yang mutlak bagi setiap mahluk hidup dan kebersihan air adalah syarat

utama bagi terjaminnya kesehatan. Definisi Air bersih tersebut dikemukakan oleh…

a.         WHO

b.         Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 416

c.         Dwijosaputro

d.         Soekidjo Notoatmojo

38.    Salah satu cara pengolahan air bersih adalah dengan cara Koagulasi. Apa yang dimaksud dengan Koagulasi?

a.        Memisahkan partikel koloid yang terdapat pada air kotor

b.         Penyaringan melalui media butiran-butiran yaitu pasir Silica, antrasit, dan kerikil

c.         Menghilangkan kuman dan bakteri yang mengandung zat Kimia antara lain UV, Ozonisasi dan Chlor.

d.         Pengendapan partikel-partikel koloid yang sudah di destabilisasi

39.    Suatu rangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang

bersifat promosi kesehatan disebut…

a.         Preventif

b.        Promotif

c.         Kuratif

d.         Rehabilitatif

40.    Jika dilingkungan rumah kita sedang marak wabah Nyamuk Aides Aygepti, maka Ketua RT akan mengadakan fogging yang bertujuan untuk membasmi serta mencegah adanya warga yang terkena DBD. Perlakuan tersebut termasuk kedalam…

a.        Preventif

b.        Promotif

c.         Kuratif

d.        Rehabilitatif


ESAY

 

1.         Sebutkan arti dan peran penting kesehatan bagi manusia! Jawaban:

Kesehatan berperan penting dalam kehidupan setiap manusia, karena:

a)        kesehatan merupakan salah satu faktor penentu kualitas sumber daya manusia.

b)        kesehatan sebagai suatu syarat untuk mewujudkan perkembangan jasmani, rohani (mental), dan sosial yang serasi.

c)        kesehatan sebagai syarat untuk melakukan aktivitas secara optimal dan pada gilirannya akan berpengaruh terhadap prestasi dan produktivitas.

2.         Sebutkan dan jelaskan 3 cara menjaga kesehatan di tengah maraknya pencemaran lingkungan saat ini !

Jawaban:

Upaya yang bisa dilakukan antara lain:

a)        Menghidari pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, minuman beralkohol, serta menkonsumsi makanan berpengawet.

b)        Olahraga secara teratur. Dengan olahraga secara teratur akan memperlancar peredaran di dalam tubuh sehingga membantu dalam proses metabolisme dan menyebabkan tubuh terasa segar karena peredaran darah yang lancar dan membawa zat yang berguna bagi tubuh.

c)        Menjaga kebersihan lingkungan. Dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan disekitar tempat tinggal menyebabkan kemungkinan tempat sumber penyakit menjadi semakin kecil.

Manfaat Apotik Hidup

 



Apotek hidup merupakan suatu tempat yang berisikan berbagai tanaman obat yang ditanam di dalamnya yang dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari dan pengobatan. Apotek hidup ini memiliki banyak manfaat karena tanaman-tanaman obat yang tersedia dapat langsung dibuat menjadi obat dengan cara yang mudah. Apotek hidup akan lebih bagus untuk pengobatan berbagai penyakit. Tanaman obat yang dibuat dengan cara-cara yang alami akan lebih cepat dalam menyembuhkan bila dibandingkan dengan cara-cara yang ilmiah.
Apotek hidup di Indonesia belum banyak ada padahal Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat tanaman obatnya namun masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Padahal apotek hidup itu banyak sekali manfaatnya dan kegunaannya. Berbagai manfaat dari apotek hidup yaitu:
1.      Aman bagi kesehatan karena yang digunakan merupakan tanaman yang alami.
2.      Lebih menghemat biaya hidup karena tanaman yang digunakan dapat dipakai untuk membuat obat atau digunakan berbagai produk sehari-hari dengan cara yang mudah.
3.      Dapat dibuat menjadi obat herbal yang lebih bermanfaat dan lebih banyak khasiatnya.
4.      Membuat orang yang memilikinya pintar dalam hal pemanfaatan tanaman terutama tanaman obat.
Tanaman apotek hidup itu terdiri dari berbagai tanaman obat dan tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan manusia. Tanaman apotek hidup itu banyak sekali diantaranya:
1.      Lidah buaya (aloe vera). Tanaman ini lebih dikenal manfaatnya sebagai tanaman penyubur rambut selain itu tanaman ini juga dapat digunakan untuk meredakan batuk.
2.      Mengkudu (pace). Buah ini dapat digunakan untuk meredakan osteoporosis. Dan manfaatnya banyak sekali bagi tubuh kita.
3.      Jambu Biji. Dari pohon jambu biji yang bisa dimanfaatkan adalah daun dan buahnya. Daun dapat dibuat obat untuk diare sedangkan buah jambu biji dapat digunakan untuk mencegah penyakit demam berdarah.
4.      Daun Sirih. Bermanfaat untuk antiseptik dan dapat juga digunakan untuk penghentian pendarahan pada saat mimisan.

Jika kita ingin membuat apotik hidup di halaman rumah kita, kita dapat menanam berbagai tanaman obat. Tanaman obat yang dapat kita tanam dalam apotik hidup kita selain tanaman-tanaman diatas yaitu: Jahe, temulawak, jiten, lengkuas, kimis kucing dan mahkota dewa.

Ciri Utama Bermain

 



Pentingnya arti bermain bagi anak mendorong seorang tokoh psikologi dan filsafat terkenal Johan Huizinga untuk ikut merumuskan teori bermain. Ia mengemukakan bahwa bermain adalah hal dasar yang membedakan manusia dengan hewan. Melalui kegiatan bermain tersebut terpancar kebudayaan suatu bangsa. Namun beberapa orang tidak dapat membedakan kegiatan bermain dengan kegiatan tidak bermain. Pendidikan prasekolah yang menerapkan prinsip pendidikan anak dengan belajar yang bermain, mengalami kerancuan dalam makna. Untuk itu perlu diklasifikasikan antara kegiatan bermain dengan kegiatan yang bukan bermain. Menurut Rubin, Fein, & Vandenverg dalam Hughes ada 5 ciri utama bermain yang dapat mengidentifikasikan kegiatan bermain dan yang bukan bermain :
1.      Bermain didorong oleh motivasi dari dalam diri anak. Anak akan melakukannya apabila hal itu memang betul-betul memuaskan dirinya. Bukan untuk mendapatkan hadiah atau karena diperintahkan oleh orang lain.
2.      Bermain dipilih secara bebas oleh anak. Jika seorang anak dipaksa untuk bermain, sekalipun mungkin dilakukan dengan cara yang halus, maka aktivitas itu bukan lagi merupakan kegiatan bermain. Kegiatan bermain yang ditugaskan oleh guru TK kepada murid-muridnya, cenderung akan dilakukan oleh anak sebagai suatu pekerjaan, bukan sebagai bermain. Kegiatan tersebut dapat disebut bermain jika anak diberi kebebasan sendiri untuk memilih aktivitasnya.

  1. Bermain adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Anak merasa gembira dan bahagia dalam melakukan aktivitas bermain tersebut, tidak menjadi tegang atau stress. Biasanya ditandai dengan tertawa dan komunikasi yang hidup.
  2. Bermain tidak selalu harus menggambarkan hal yang sebenarnya. Khususnya pada anak usia prasekolah sering dikaitkan dengan fantasi atau imajinasi mereka. Anak mampu membangun suatu dunia yang terbuka bagi berbagai kemungkinan yang ada, sesuai dengan mimpi-mimpi indah serta kreativitas mereka yang kaya.
  3. Bermain senantiasa melibatkan peran aktif anak, baik secara fisik, psikologis, maupun keduanya sekaligus. 

Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD

 




I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang benar !
  1. Berikut ini merupakan ciri-ciri makhluk hidup, kecuali …….
a. bernafas                                                       c. tidak bergerak
b. berkembang biak                                         d. tumbuh
  1. Berkembang biak artinya ……
a. berpindah dari satu tempat ke tempat lain
b. menghasilkan keturunan agar tidak punah
c. perubahan ukuran dan bentuk pada tubuhnya
d. menerima dan menanggapi rangsangan
  1. Ciri – ciri kelompok burung antara lain ……
a. kulitnya bersisik                                          c. bertelur
b. menyusui                                                     d. tempat hidup di air dan didarat
  1. Yang termasuk tumbuhan monokotil adalah ……
a. mangga                                                        c. jagung
b. rambutan                                                     d. nangka
  1. Pertumbuhan dialami oleh ……
a. manusia                                                       c. tumbuhan
b. semua makhluk hidup                                 d. hewan
  1. Pertumbuhan anak yang sehat dipengaruhi oleh ……
a. usia                                                              c. jenis kelamin
b. jumlah anak                                                 d. makanan bergizi
  1. Yang termasuk bahan pengawet alami adalah ……
a. sitrun                                                           c. daun suji
b. tomat                                                           d. garam         
  1. Udara yang tercemar dapat mengganggu kesehatan ……
a. telinga                                                          c. mulut
b. pernafasan                                                   d. kulit


  1. Cara yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara adalah ……
a. penghijauan                                                 c. pembibitan
b. pembuatan rumah                                        d. pembuatan pabrik
  1. Pencemaran yang ditimbulkan oleh pabrik berupa …..
a. debu dan limbah                                          c. bau yang tidak sedap
b. asap dan limbah                                          d. asap dan debu
  1. Cara yang paling bermanfaat dalam pengelolaan sampah adalah…..
a. Memindahkan ke tempat penampungan
b. membakarnya
c. menimbunnya
d. daur ulang
  1. Benda yang berubah bentuk bila wadahnya berubah adalah….
a. susu, teh, gula                                              c. beras, gula, the
b. madu, kecap sirop                                       d. minyak, garam dan teh
  1. Sifat yang berwujud padat adalah….
a. bentuk berubah sesuai bentuk wadahnya
b. bentuk tetap karena tidak mengikuti wadahnya
c. rasanya berubah menyesuaikan tempatnya
d. memenuhi seluruh ruang yang ditempatinya
  1. Manakah pernyataan yang benar tentang sifat benda…….
a. semua benda, baik padat maupun cair akan berubah bentuknya bila wadahnya berubah
b. bola di kotak akan berubah bentuk bila dipindahkan dari keranjang
c. bentuk segelas air tidak berubah bila dituang ke botol
d. sirop dalam botol bentuknya akan berubah bila dituang ke dalam gelas
  1. Benda padat akan berubah bentuk menjadi cair jika …….
a. dicairkan                                                      c. dipanaskan
b. diuapkan                                                     d. didinginkan
  1. Kamper (kapur barus) yang diletakkan di udara terbuka akan mengalami perubahan……
a. warna                                                           c. wujud
b. rasa                                                              d. ukuran
  1. Jika dibakar atau dipanaskan gas akan mengalami perubahan……
a. warna                                                           c. tekanan
b. bentuk                                                         d. rasa
  1. Benda yang memiliki sifat elastis tidak mudah robek dan tidak menyerap air terbuat dari…..
a. kertas                                                           c. karet
b. kayu                                                                        d. plastik




  1. Benda cair yang tidak dapat bercampur secara merata adalah ……
a. susu dan air                                                 c. kecap dan air
b. minyak dan air                                            d. sirop dan air
  1. Benda – benda yang terbuat dari plastik mempunyai kelebihan ……
a. tidak mudah terbakar                                  c. kuat
b. ringan                                                          d. transparan

II. Isilah titik-titik di bawah ini !
  1. Tumbuhan dapat berkembang biak secara …………… dan ………………..
  2. Sumber makanan manusia berasal dari ………………. dan……………….
  3. Tumbuhan bernafas melalui ………………,……………………….dan…………………
  4. Salah satu ciri tumbuhan dikotil adalah…………………
  5. Katak dan Salamandar termasuk kelompok binatang …………….
  6. Pertumbuhan badan yang baik dapat dipengaruhi ………………..
  7. Selain makanan bergizi, pertumbuhan seseorang dipengaruhi oleh faktor……………….
  8. Coklat dan mentega dapat mencair bila dilakukan proses…………………
  9. Sampah sebaiknya tidak dibakar, tetapi ……………………..
  10. Benda yang mudah robek dan cepat kusut umumnya terbuat dari ……………..

III. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas !
  1. Bagaimanakah kamu membedakan makhluk dan makhluk tak hidup ?
  2. Sebutkan ciri-ciri kelompok serangga dan berikan contoh hewan yang termasuk jenis serangga !
  3. Sebutkan 3 jenis bahan makanan tambahan ! Mengapa kita harus membatasi penggunaan bahan tambahan makanan buatan ?
  4. Mengapa udara menjadi tidak bersih ?
  5. Sebutkan 5 benda yang terbuat dari plastik !
Mengapa plastik banyak digunakan untuk membuat barang kebutuhan sehari-hari seperti peralatan sekolah dan mandi ?

Alat Ukur Kumparan putar

 



1. Struktur alat ukur kuparan putar
Alat ukur kumparan putar adalah alat pengukur, yang bekerja atas dasar adanya suatu kumparan listrik, yang ditempatkan pada medan magnet, yang berasal dari suatu magnet pemanen. Arus yang dialirkan melalui kumparan akan menyebabakan kumparan tersebut berputar. Alat ukur kumparan putar adalah alat ukur yang penting yang dipakai untuk bermacam arus, yaitu arus searah, arus bolak-balik.
Pada dasarnya Alat kumparan putar ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang bergerak dan bagian yang diam. Bagian yang bergerak terdiri dari kumparan putar, jarum penunjuk dan beban penyeimbang. Sedangkan bagian yang diam terdiri dari medan karena magnet permanen, pegas atau per serta penyangga.
Kumparan diletakkan di antara magnet permanent pada suatu inti besi yang berbentuk silinder agar arah dari medan magnet selalu tegak lurus terhadap kumparan putar. Kumparan diletakkan di antara magnet permanent pada suatu inti besi yang berbentuk silinder agar arah dari medan magnet selalu tegak lurus terhadap kumparan putar. Beban penyeimbang diletakkan di belakang jarum penunjuk yang berfungsi sebagai penyeimbang sehingga poros penyangga jarum penunjuk berada tepat di titik beratnya.
Tujuan diberikannya beban penyeimbang ini adalah untuk mengurangi gesekan serta goncangan pada jarum penunjuk ketika menyimpang atau berdefleksi. Magnet permanent yang diberikan berguna untuk membangkitkan medan magnet di sekitar kumparan putar dan akan menimbulkan momen gerak pada kumparan putar apabila dialiri arus. Penyangga pada alat ukur kumparan putar ini berfungsi untuk menahan berat kumparan putar beserta jarum penunjuknya. Gesekan yang terjadi antara penyangga (jewel) dengan poros perputarannya (pivot) harus diusahakan sekecil mungkin. Pegas atau per yang dipasang pada alat ukur kumparan putar ini berfungsi untuk memberikan momen perlawanan terhadap momen gerak sehingga didapat suatu keseimbangan momen atau gaya pada harga penunjuknya.

2. Prinsip Kerja
Prinsip kerja alat ukur kumparan ini adalah adanya gaya pada penghantar berarus yang diletakkan pada medan magnet (berdasarkan percobaan Lorentz). Pada alat ukur kumparan putar pada umumnya terdapat baterai yang memungkinkan arus searah melalui alat ukur tersebut saat probe dihubungkan sehingga kemudian jarum penunjuknya bergerak. Simpangan atau defleksi jarum penunjuk terjadi karena adanya interaksi antara arus dan medan magnet pada kumparan putar. Arus pada kumparan putar mengakibatkan gaya elektromagnetis yang memiliki arah tertentu sehingga jarum menyimpang sebesar q.
Simpangan dinyatakan dengan momen gerak
Td = BnabI
Dengan
B = medan magnet di celah udara
a= panjang kumparan
b= lebar kumparan
n= banyaknya lilitan
Pegas yang dipasangkan pada jarum penunjuk akan memberikan reaksi yang berbanding lurus dengan sudut rotasi sumbu dan berusaha untuk menahan perputaran dengan momen control
Tc = τ θ
Apabila jarum penunjuk menyimpang dengan sudut akhir q maka terjadi keadaan seimbang dimana Td = Tc.

3. Kelebihan dan Kelemahan
a. Kelebihan:
 Memerlukan daya rendah
 Dapat dimodifikasi dengan bantuan shunt dan tahanan seri untuk memperbesar batas ukur arus dan tegangan
 Peredaman dengan arus sangat efektif
 Karena medan yang bekerja pada alat ukur sangat kuat, alat ukur tidak banyak dipengaruhi oleh medan magnet luar.
b. Kelemahan:
 Karena kontruksi yang bagus dan perlunya kecermatan permesinan dan perakitan dari berbagai suku cadang, alat ukur ini lebih mahal.
 Beberapa kesalahan (error) terjadi karena pegas control dan magnet permanent yang sudah tua atau lama pemakaiannya
Alat ukur ini pada umumnya hanya digunakan rangkaian listrik searah tetapi kadang-kadang juga digunakan dengan diberi penyearah atau sambungan thermo untuk pengukuran listrik bolak-balik pada batas-batas frekuensi tertentu. Alat ukur kumparan putar jenis magnet permanent ini dapat dipakai sebagai ammeter dengan bantuan tahanan shunt atau sebagai voltmeter dengan bantuan tahanan shunt atau dengan bantuan tahanan seri yang besar.
4. Pengukur Arus (Ammeter) kumparan putar
Alat ukur kumparan putar pada dasarnya adalah alat pengukur arus atau pengukur amper. Arus yang dapat dialirkan melalui kumparan putar dibatasi lebih kurang di bawah 30 mA. Hal ini disebabkan alat-alat putarnya tidak dapat terlalu berat sehingga kawat-kawat penghantar dari kumparan tidak terlalu tebal. Harga maksimum yang dapat diukur oleh pengukur ampare ini lebih kecil dari kira-kira 30 mA.
Agar pengukur ampare ini dapat melakukan pengukuran arus yang lebih besar dari 30 mA, maka dapat dilakukan dengan menambahkan suatu hambatan yang dihubungkan parallel pada kumparan putar.  Jika tahanan total pada kumparan putar dan pegas-pegas pengontrol disebut R1, sedangkan arus yang diukur adalah I, kemudian arus yang masuk ke dalam kumparan disebut dengan I” maka akan berlaku persamaan –persamaan berikut:
m I𝑚 = 𝑅1 + 𝑅𝑅2 m adalah harga factor perkalian (multiplikasi) dari shunt.
Walaupun arus yang masuk sebenarnya ke dalam kumparan putar adalah I’, tapi harga skala yang diberikan sesuai dengan arus I sehingga memungkinkan untuk pengukur ampere dengan tahanan shunt ini untuk mengukur arus sebesar m kali lebih besarSebagai contoh, bila diberikan tahanan shunt sebesar 5,005 mW dan dipasang parallel dengan suatu kumparan putar pengukur arus yang mempunyai harga skala maksimum 100 mdan tahanan dari alat putarnya (pegas) sebesar 5 kW maka faktor perkalian yang diperoleh adalah sebesar
𝑚= 5.000+5,0055,005=1.000’
Sehingga arus yang diuukur adalah
m I '= 1.000x100 = 100mA.
5. Pengukur Tegangan (Voltmeter) kumparan putar
Konfigurasi dasarnya adalah dengan menghubungkan suatu tahananan seri dengan kumparan putar alat ukur arus dimana arus secara langsung masuk ke dalam kumparan putar.Jika tahanan dari kumparan putar adalah R1 dan tahanan seri yang dipasang adalah R2, maka jika tegangan yang akan diukur diletakkan di ujung dari alat ukur tegangan tersebut, maka arus I akan mengalir melalui kumparan putar dan dipenuhi persamaan sebagai berikut:
V = (R1+R2) I
Jadi walaupun arus yang mengalir melalui kumparan putar adalah I, namun jarum penunjuk akan menunjukkan skala berupa tegangan V.
Sebagai contoh, jika terdapat suatu tahanan yang mempunyai harga 7,5 kW dihubungkan secara seri dengan suatu kuparan putar yang mempunyai harga skala maksimal 4 mA dan tahanan dalam sebesar 3 W maka diperoleh
= (3 + 37.500)0,004 = 150 pada = 4mA

Sehingga telah diperoleh pengukur tegangan dengan skala maksimal 150 V. 

About

Popular Posts